2 Ribu Hektar Lahan di Kabupaten Sukabumi Masuk Tahap II Wisata Impian KEK Lido

Rabu 10 Maret 2021, 09:20 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami menghadiri peletakan batu pertama pembangunan tahap 1 Lido Music & Arts Center di KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Pariwisata MNC Lido City, di Kabupaten Bogor, Rabu (10/3/2021). Bupati menyebut di tahap II nantinya, pembangunan wisata impian KEK Lido ini akan berada di Kabupaten Sukabumi, dengan luas lahan mencapai 2 ribu hektar.

Peletakan batu pertama di area seluas 3000 hektar kali ini dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno.  Dalam sambutannya, Sandiaga Uno mengatakan  proyek KEK Pariwisata MNC Lido City ini, akan memajukan daerah Lido, khususnya perbatasan Kabupaten Sukabumi dan Bogor. 

"Lewat pembangunan ini, Lido bisa maju dan berkembang," ujarnya dalam rilis yang dipublish Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Rabu.

Bahkan pembangunan di KEK pariwisata ini lanjut Sandiaga  akan menciptakan lapangan kerja. Baik bagi Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bogor, maupun Kota Bogor. "Ribuan tenaga kerja akan terserap. Ini bisa membangkitkan pariwisata dan ekonomi di Jawa Barat . Apalagi, Presiden Joko Widodo meminta gerak cepat untuk Indonesia bangkit tahun ini. KEK ini bisa menggerakan ekonomi. Lewat ini dan kearifan lokal, Indonesia bisa bangkit," ungkapnya.

Baca Juga :

25 Ribu Tenaga Kerja di KEK Lido, Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno Bahas Bogor dan Sukabumi

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik yang ikut hadir dalam acara tersebut mengatakan pemerintah sangat mendukung adanya KEK  pariwisata di Lido City. Keberadaan KEK tersebut, akan mendorong pariwisata di Jabar. "KEK tidak hanya menjadi tempat wisata baru. Namun, mendorong ekonomi kreatif dan laju investasi di Jabar," terangnya.

photoBupati Sukabumi bersama pemerintah pusat dan pengembang resmikan pembangunan KEK Lido Jabar - (Diskominfosan Kabupaten Sukabumi)

Dalam kesempatannya, Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, KEK Pariwisata MNC Lido City ini, akan memberikan ruang dalam mengoptimalkan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) bagi Kabupaten Sukabumi dan Bogor. Terutama dalam menyerap tenaga kerja, UMKM, teknologi, dan lainnya. 

"Bersyukur investasi MNC ini berada di antara Bogor dan Kabupaten Sukabumi. Perkembangan investasi ini akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja," bebernya.

Apalagi, dalam tahapan lanjutan pembangunannya, akan berada di wilayah Kabupaten Sukabumi. Bahkan, area di wilayah Kabupaten Sukabumi lebih luas dibanding Bogor. 

"Pengembangan lanjutan seluas 2000 hektar berada di Kabupaten Sukabumi," terangnya.

Selain itu, KEK Pariwisata ini akan dikoneksikan dengan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Hal itu akan berdampak dengan pengembangan infrastruktur di Kabupaten Sukabumi. Terutama bagi agenda KEK Cikidang. 

"Investasi yang mensejahterakan rakyat, kenapa tidak kita dukung," tegasnya.

Baca Juga :

Wisata Impian KEK Lido yang Tak Jauh dari Sukabumi, Diawali dari Movieland

Sementara itu CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan, music and art center di KEK Pariwisata MNC Lido City ini, merupakan tempat yang bisa menampung puluhan ribu orang. Selain itu, tempat tersebut akan terhubung dengan theme park, Movieland, Lido World Garden, convention center, dan hotel. Lido Music & Arts Center juga akan menyediakan berbagai fasilitas untuk keperluan acara pernikahan, dan olahraga.

"Nanti wilayah sini akan sangat baik bagi Bogor dan Sukabumi," terangnya

Bahkan bila dikembangkan hingga ke Selatan Kabupaten Sukabumi,akan menjadi kawasan terbesar. "Kalau dari sini dikembangkan sampai laut, akan bagus sekali. Bisa terus dijadikan kawasan wisata terbesar dan terbaik di dunia," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)
Musik29 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral di TikTok dan YouTube Music. Sudah Dengar?
Official Music Video Lagu Obsessed Olivia Rodrigo. Sumber: YouTube/Olivia Rodrigo
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)