Escudo Terguling di Tanjakan Cisarakan Sukabumi, Ibu dan 2 Anak Jadi Korban

Senin 10 Oktober 2022, 17:44 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di Tanjakan Cisarakan di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Insiden tersebut dialami mobil Suzuki Escudo yang terguling lalu mengenai motor.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Sukabumi, Ipda Yanuar Fajar mengatakan, kecelakaan terjadi pada Minggu 9 Oktober 2022 sekitar pukul 16.00 WIB. Menurut Yanuar, Suzuki Escudo bernopol F 1653 AQ yang dikemudikan oleh RA (44 tahun) itu awalnya melaju dari arah Palabuhanratu menuju Cikidang.

Akan tetapi mobil yang ditumpangi warga Bogor Selatan Kota Bogor itu tidak kuat menanjak, sehingga sopir memutuskan untuk putar arah menuju Palabuhanratu

Petaka pun terjadi, setelah mengarah ke Palabuhanratu dalam posisi berhadapan dengan turunan curam, mobil tersebut oleng ke sebelah kanan jalan, menabrak tebing kemudian terguling ke sebelah kiri jalan dan mengenai motor Honda PCX Nopol F 4758 UBL yang melaju dari arah berlawanan.

Baca Juga :

Motor tersebut dikendarai ibu rumah tangga berinisial RE (36 tahun) yang membonceng 2 orang anak yaitu D (4 tahun) dan MZ (12 tahun). Mereka merupakan warga Desa Buniwangi, Kecamatan Palabuhanratu.

Fajar menyebut para korban alami luka ringan. Dengan rincian, sopir Suzuki Escudo RA mengalami luka lecet di bibir dan penumpangnya berinisial MH mengalami luka lecet di tangan kanan dan luka sobek di pelipis kiri.

Sedangkan pengendara Motor PCX, RE dan penumpangnya D mengalami luka lecet di pelipis. Kemudian penumpang lainnya MZ alami luka sobek di tangan sebelah kiri. “Korban dibawa ke rumah sakit,” kata Fajar.

Fajar menyebut tanjakan Cisarakan di Perbatasan Kelurahan Palabuhanratu dengan Desa Buniwangi merupakan daerah rawan kecelakaan. “Himbauannya ekstra Hati-hari dan kondisi kendaraan harus prima saat melintasi area tanjakan Cisarakan,” tandasnya.

Apabila dari arah Cikidang menuju Palabuhanratu, kendaraan dihadapkan dengan jalan menurun yang curam. Sedangkan ketika dari arah Palabuhanratu menuju Cikidang, kendaraan dihadapkan dengan tanjakan curam.

Kecuraman jalan yang memiliki panjang lintasan kurang lebih sepanjang 150 sampai 200 meter ini nyaris mencapai 45 derajat. Tanjakan Cisarakan diapit oleh tebing dan jurang.

Bagi pengendara yang baru melewati tanjakan ini akan mendadak berhenti di tengah tanjakan sebab kendaraan tak siap untuk melibas tanjakan. Keadaan ini membuat pengendara lainnya kaget sebab di depannya ada kendaraan yang berhenti mendadak. Hal ini yang menjadi pemicu terjadinya kecelakaan.

“Kebanyakan berhenti, mundur dan berpotensi tabrakan beruntun di belakangnya,” ujar Kepala Desa Buniwangi Aang Heriana.

Aang berharap agar tanjakan cisarakan aman dilewati pengguna jalan. Ia berharap pemerintah bisa memasang guardrail di sepanjang ruas jalan tersebut. Selain itu, jalannya diperbaiki dan dilebarkan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)