Escudo Terguling di Tanjakan Cisarakan Sukabumi, Ibu dan 2 Anak Jadi Korban

Senin 10 Oktober 2022, 17:44 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di Tanjakan Cisarakan di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Insiden tersebut dialami mobil Suzuki Escudo yang terguling lalu mengenai motor.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Sukabumi, Ipda Yanuar Fajar mengatakan, kecelakaan terjadi pada Minggu 9 Oktober 2022 sekitar pukul 16.00 WIB. Menurut Yanuar, Suzuki Escudo bernopol F 1653 AQ yang dikemudikan oleh RA (44 tahun) itu awalnya melaju dari arah Palabuhanratu menuju Cikidang.

Akan tetapi mobil yang ditumpangi warga Bogor Selatan Kota Bogor itu tidak kuat menanjak, sehingga sopir memutuskan untuk putar arah menuju Palabuhanratu

Petaka pun terjadi, setelah mengarah ke Palabuhanratu dalam posisi berhadapan dengan turunan curam, mobil tersebut oleng ke sebelah kanan jalan, menabrak tebing kemudian terguling ke sebelah kiri jalan dan mengenai motor Honda PCX Nopol F 4758 UBL yang melaju dari arah berlawanan.

Baca Juga :

Motor tersebut dikendarai ibu rumah tangga berinisial RE (36 tahun) yang membonceng 2 orang anak yaitu D (4 tahun) dan MZ (12 tahun). Mereka merupakan warga Desa Buniwangi, Kecamatan Palabuhanratu.

Fajar menyebut para korban alami luka ringan. Dengan rincian, sopir Suzuki Escudo RA mengalami luka lecet di bibir dan penumpangnya berinisial MH mengalami luka lecet di tangan kanan dan luka sobek di pelipis kiri.

Sedangkan pengendara Motor PCX, RE dan penumpangnya D mengalami luka lecet di pelipis. Kemudian penumpang lainnya MZ alami luka sobek di tangan sebelah kiri. “Korban dibawa ke rumah sakit,” kata Fajar.

Fajar menyebut tanjakan Cisarakan di Perbatasan Kelurahan Palabuhanratu dengan Desa Buniwangi merupakan daerah rawan kecelakaan. “Himbauannya ekstra Hati-hari dan kondisi kendaraan harus prima saat melintasi area tanjakan Cisarakan,” tandasnya.

Apabila dari arah Cikidang menuju Palabuhanratu, kendaraan dihadapkan dengan jalan menurun yang curam. Sedangkan ketika dari arah Palabuhanratu menuju Cikidang, kendaraan dihadapkan dengan tanjakan curam.

Kecuraman jalan yang memiliki panjang lintasan kurang lebih sepanjang 150 sampai 200 meter ini nyaris mencapai 45 derajat. Tanjakan Cisarakan diapit oleh tebing dan jurang.

Bagi pengendara yang baru melewati tanjakan ini akan mendadak berhenti di tengah tanjakan sebab kendaraan tak siap untuk melibas tanjakan. Keadaan ini membuat pengendara lainnya kaget sebab di depannya ada kendaraan yang berhenti mendadak. Hal ini yang menjadi pemicu terjadinya kecelakaan.

“Kebanyakan berhenti, mundur dan berpotensi tabrakan beruntun di belakangnya,” ujar Kepala Desa Buniwangi Aang Heriana.

Aang berharap agar tanjakan cisarakan aman dilewati pengguna jalan. Ia berharap pemerintah bisa memasang guardrail di sepanjang ruas jalan tersebut. Selain itu, jalannya diperbaiki dan dilebarkan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi14 Juni 2024, 11:45 WIB

Gagal Nyalip, Pemotor Revo Tewas Terlindas Truk di Cicurug Sukabumi

MN diduga tidak dapat menguasai laju kendaraannya saat mencoba menyalip truk.
MN (50 tahun), korban tewas kecelakaan terlindas truk di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (14/6/2024). | Foto: Istimewa
Sehat14 Juni 2024, 11:45 WIB

Ingin Gula Darah Normal? Ini Aturan Minum Obat Diabetes Sesuai Resep Dokter

Penderita diabetes penting memperhatikan aturan minum obat. Tentunya, sesuaikan dengan anjuran dokter agar bisa mengontrol kadar gula tetap normal
Ilustrasi Aturan minum obat diabetes untuk mengontrol gula darah tetap normal (Sumber : Pexels.com/@JESHOOTS.com)
Nasional14 Juni 2024, 11:37 WIB

Hati-hati, Ada Traffic Attitude Record: Sistem Cabut SIM Karena Keseringan Ditilang

Jika keseringan kena tilang, dengan bantuan sistem Traffic Attitude Record Polri akan menerapkan sanksi cabut SIM (Surat Izin Mengemudi),
Ilustrasi SIM. Polri akan menerapkan aturan baru soal SIM dicabut karena keseringan ditilang (Sumber: istimewa)
Food & Travel14 Juni 2024, 11:30 WIB

10 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes Agar Gula Darah Normal

Pengaturan Pola Makan yang Baik untuk Penderita Diabetes: Pilih karbohidrat yang dicerna lebih lambat untuk menjaga gula darah tetap stabil.
Ilustrasi. Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes Agar Gula Darah Normal (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi14 Juni 2024, 11:28 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Jelaskan Pentingnya Jalinan Kerja Sama Perusahaan

BPJS Ketenagakerjaan memiliki peran penting untuk membina dan menjalin hubungan baik dengan perusahaan.
Proses kerja sama antara BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi dengan perusahaan Great Apparel Indonesia, Kamis (13/6/2024). | Foto: Istimewa
Life14 Juni 2024, 11:15 WIB

9 Cara Mudah Mencegah dan Mengelola Sakit Kepala Saat Kehamilan

Pelajari penyebab umum sakit kepala saat hamil dan kapan rasa sakit itu mungkin menandakan sesuatu yang lebih serius.
Ilustrasi cara mencegah dan mengelola sakit kepala saat kehamilan (Sumber : Pexels.com/@MART PRODUCTION)
Inspirasi14 Juni 2024, 11:14 WIB

Mitra Grosir Mu Diresmikan, Kolaborasi BUMN dan BUMM Muhammadiyah Sukabumi

Haedar berpesan pilar ekonomi sama kokohnya dengan pendidikan dan kesehatan.
Peresmian MG Mu di Muhammadiyah Boarding School (MBS) di Jalan Raya Karangtengah Nomor 23, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis, 13 Juni 2024. | Foto: Istimewa
Life14 Juni 2024, 11:00 WIB

Orang Tua Terlalu Protektif, 10 Kesalahan Mendidik Ini Bikin Anak Sulit Diatur!

Dengan menghindari kesalahan-kesalahan mendidik ini, orang tua dapat membantu anak menjadi lebih responsif terhadap arahan dan nasihat, serta mendukung perkembangan mereka menjadi individu yang mandiri dan bertanggung jawab.
Ilustrasi. Orang Tua Terlalu Protektif, Kesalahan Mendidik Ini Bikin Anak Sulit Diatur! (Sumber : Pexels/August de Richelieu)
Life14 Juni 2024, 10:45 WIB

Segera Hubungi Dokter, Ini 6 Tanda Bahaya Kram Perut Pada Ibu Hamil

Kram pada kehamilan sangat umum terjadi. Akan tetapi, jika gejalanya dirasa semakin mengganggu, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Ilustrasi tanda bahaya kram perut pada ibu hamil yang perlu diwaspadai dan segera hubungin dokter (Sumber : Pexels.com/@Leah Newhouse)
Sehat14 Juni 2024, 10:30 WIB

7 Jenis Olahraga yang Aman untuk Penderita Diabetes: Manfaat dan Durasinya

Dengan mengikuti panduan olahraga yang aman untuk penderita diabetes, Anda dapat berolahraga dengan aman dan mendapatkan manfaat maksimal dari aktivitas fisik.
Ilustrasi. Jenis Olahraga yang Aman untuk Penderita Diabetes: Manfaat dan Durasinya (Sumber : Pexel.com/Tirachard Kumtanom)