TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

KAI Sebut Avanza Disambar KA Siliwangi di Perlintasan Sebidang Liar di Sukabumi

Andri Somantri
Penulis
Minggu 25 Sep 2022, 20:41 WIB
KAI Sebut Avanza Disambar KA Siliwangi di Perlintasan Sebidang Liar di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI Daop) 2 Bandung menyatakan insiden Avanza disambar KA Siliwangi terjadi di perlintasan sebidang liar yang ada di Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi. 

“Betul kejadian tersebut terjadi di perlintasan sebidang liar, saat ada pengguna jalan melewati perlintasan tersebut,” kata Humas PT KAI Daop 2 Kuswardoyo kepada sukabumiupdate.com, Minggu (25/9/2022).

Baca Juga :

Menurut Kuswardoyo, seharusnya pengguna jalan yang hendak melintasi perlintasan sebidang harus berhenti terlebih dahulu kemudian tengok kanan dan kiri untuk memastikan lokasi aman dan tidak ada kereta yang akan melintas. “Jika sudah dipastikan aman baru melintasi lokasi tersebut,” ujar Kuswardoyo.

Dia menyatakan UU nomor 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian pasal 124 juga menyatakan bahwa pengguna jalan wajib mendahulukan perjalanan KA pada perpotongan sebidang. 

Terkait dengan adanya perlintasan yang tidak berpalang pintu, Kuswardoyo mengatakan hal tersebut merupakan tanggungjawab dari pemerintah atau pemerintah daerah untuk melengkapinya bukan oleh PT KAI.

“Atau juga menjadi tanggungjawab dari siapa saja yang mendapatkan izin untuk membangun perlintasan sebidang dilokasi tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri (PM) 36 tahun 2011,” ungkapnya.

Dia menyatakan perlintasan dibuat tidak sebidang dengan flyover atau underpass. “Namun semua itu tentunya juga kembali kepada kemampuan pemerintah atau pemerintah daerah untuk merealisasikan hal tersebut,” imbuhnya.

Bahkan untuk perlintasan sebidang liar,pemerintah dan pemerintah daerah mempunyai tugas untuk melakukan penutupan perlintasan liar tersebut sesuai dengan amanat UU 23 tahun 2007.


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini