Waspada! Ini Ciri-ciri Pencuri Modus Pendataan Warga untuk Dapat BLT di Sukabumi

Sabtu 17 September 2022, 15:08 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Sukabumi wajib waspada karena sekarang banyak yang ambil kesempatan dari 'musim' bantuan pemerintah. Baru-baru ini perhiasan emas milik warga Lembursitu Kota Sukabumi 'dijarah' sindikat pencuri yang berpura-pura sebagai petugas pendataan warga untuk menerima bantuan langsung tunai alias BLT dari pemerintah.

Pencurian modus bansos ini terjadi di Jalan Kibitay, Kampung Tegal Jambu RT 05/07 Blok Bangsanaya, Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi. Perhiasan emas cincin dan gelang milik korban berinisial YA (43 tahun) raib.

Anak YA, TH (22 tahun), menceritakan kronologinya. Terduga pelaku yang berjumlah dua orang sudah dua kali datang ke rumah kosong milik keluarganya. Kedatangan pertama 5 September 2022 dan kedua Jumat (16/9/2022). 

Terduga pelaku awalnya menanyakan soal kakek TH alias ayah YA. Pada 5 September terduga pelaku yang merupakan pria berusia sekitar 30 tahun dan 50 tahun datang memakai kemeja dan baju batik serta berpenampilan menarik (formal). 

Kemudian pada Jumat pagi (16/9/2022) terduga pelaku mengendarai sepeda motor kembali datang ke rumah, dan saat itu hanya ada YA. Mereka mengaku sebagai petugas kecamatan untuk mendata penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT). Kronologi ini dituangkan YA dalam laporannya ke Polsek Lembursitu.

"Saat itu pelaku ingin berbicara di dalam rumah dan kebetulan ibu saya sedang memakai perhiasan cincin dan gelang emas," ujar TH.

Singkatnya, kedua terduga pelaku masuk ke dalam rumah. Sedangkan YA izin ke kamar mandi. Saat inilah terduga pelaku diduga mengambil  cincin emas 4 gram dan gelang 6 gram milik YA yang disimpan di atas kursi lalu dihalangi baju. "Pelaku kabur memakai motor," ujarnya.

Saat itu terduga pelaku sempat dikejar oleh YA dan tetangga. Namun kata warga sekitar, terduga pelaku belok dan masuk ke dalam gang. TH menyebut ibunya tidak pernah menyimpan perhiasan di sembarang tempat. Akibat kejadian ini, YA mengalami kerugian total sekitar Rp 7 juta.

photoPerhiasan cicin emas milik warga Jalan Kibitay, Kampung Tegal Jambu RT 05/07 Blok Bangsanaya, Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, yang diduga dibawa kabur maling. - (Istimewa)</span

YA sudah melaporkan kejadian ini ke Polsek Lembursitu dengan nomor laporan STP/676/IX/2022/Spkt SatRes/Sek Situ/Res Sukot/Polda Jabar tertanggal 16 September 2022.

Terbaru, YA mengungkap ciri-ciri dari para pelaku ini, agar bisa segera ditangkap dan menjadi perhatian warga kalian untuk waspada. Pelaku diketahui menggunakan motor nmax plat putih. 

"No plat tidak tahu tapi F," jelas TH kepada sukabumiupdate.com, Sabtu 17 September 2022.

“Pelaku ciri-cirinya muka tirus bibir cameuh, kira-kira tinggi badan diatas 160 cm, kisaran umur 55 tahunan dengan badannya sedang hidung mancung. Pelaku satunya lagi lebih muda, kira-kira 30 tahunan, dengan ciri-ciri muka oval kulitnya sawo matang, hidung mancung,” sambungnya.

"Modus pelaku mendata untuk bantuan. memfoto bagian-bagian rumah. Pelaku yang satunya lagi beraksi mencari barang-barang berharga. Saat itu di rumah cuman ada ibu saya saja," pungkas TH.

Korban sudah sudah melaporkan kejadian ini ke Polsek Lembursitu dengan nomor laporan STP/676/IX/2022/Spkt SatRes/Sek Situ/Res Sukot/Polda Jabar tertanggal 16 September 2022. 

Baca Juga :

Modus Mendata Penerima BLT, Maling Curi Perhiasan Emas di Lembursitu Sukabumi

Kapolsek Lembursitu, Iptu Agus Suherman menegaskan kasus ini masih dalam penyelidikan. "Mudah-mudahan aja ada petunjuk, Kanit reskrim sudah cek tkp dan koordinasi dengan satreskrim Polres Sukabumi Kota," jelasnya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu 17 September 2022.

Agus juga memberi himbauan kepada warga untuk selalu waspada dengan orang yang baru dikenal dan pura-pura akrab. "Karena banyak bantuan pemerintah yang turun. Bagi masyarakat agar berhati-hati  dan waspada dengan tawaran-tawaran. Apalagi dengan orang yang tidak dikenal, menawarkan bantuan berupa apa saja tanpa didampingi petugas resmi dari pemerintah setempat," pungkasnya.

REPORTER: FATHIN (CRP)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Musik20 April 2024, 17:00 WIB

Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid yang Sedang Trending di YouTube Music!
Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid | Foto : YouTube/@JustinBieber
Nasional20 April 2024, 16:27 WIB

Posko THR Ditutup: Ada 1.475 Laporan hingga Berbagai Jenis Pengaduan

Anwar menyatakan ada beberapa jenis pengaduan yang masuk.
(Foto Ilustrasi) Kementerian Ketenagakerjaan menutup layanan Posko THR. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 16:00 WIB

6 Mental Kaya yang Wajib Anda Miliki Jika Ingin Sukses Sampai Hari Tua

Manakala seseorang ingin sukses hidupnya tentu harus memiliki mental kaya agar jalan menuju ke sana mudah dan cepat.
Ilustrasi. Mental kaya untuk mencapai kesuksesan. Sumber foto : Pexels/Ambu Ochieno
Inspirasi20 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung

Berikut Informasinya Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. | Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih20 April 2024, 14:41 WIB

Punya 10 Kursi! PKS-PAN Satu Fraksi di DPRD Sukabumi, Siap Seperahu untuk Pilkada 2024

Dalam pilkada serentak 2024, diperlukan persyaratan minimal 20 persen kursi parlemen untuk mencalonkan bupati/wakil bupati.
Pertemuan PKS dan PAN di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 14:00 WIB

Dampak Stres Bagi Kesehatan: 7 Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Dampak stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa waspada dengan gejala gangguan kejiwaan adalah hal yang penting.
Ilustrasi. Dampak stres bagi kesehatan tubuh. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi20 April 2024, 13:07 WIB

SPI Soroti Reforma Agraria Eks HGU PT Sugih Mukti Warungkiara Sukabumi

Reforma agraria mengatur dua poin yaitu terkait penataan aset dan penataan akses.
Ketua SPI Sukabumi Rozak Daud. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 13:00 WIB

Tanda-tanda Seseorang Berbohong, Ini yang Harus Diwaspadai!

Seseorang yang berbohong mungkin memiliki ekspresi wajah yang tidak sejalan dengan kata-kata atau situasi yang mereka ceritakan.
Ilustrasi. Pinokio yang identik dengan anak Berbohong. Sumber : pixabay/anotherjustice2
Inspirasi20 April 2024, 12:59 WIB

Jana Madinah Wisata Buka Cabang di Sukabumi, Hadirkan Layanan Haji Furoda dan Umrah

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa Jana Madinah Wisata Sukabumi, bisa mendatangi kantornya di Pasar Modern Blok A no.6 Palabuhanratu.
Kepala Cabang Jana Madinah Wisata Sukabumi, Nurlela. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 April 2024, 12:50 WIB

Optimalisasi Pompanisasi, Sekda Kota Sukabumi Rapat Koordinasi di Gedung Sate

Peningkatan sistem irigasi menjadi fokus utama dalam rakor ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Rakor Sekda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Ruang Papandayan Gedung Sate, Bandung, Jumat, 19 April 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi