bankbjb

Perbaikan Rumah Mak Kesih di Surade Sukabumi Diajukan ke Pusat

Andri Somantri
Penulis
Rabu 7 Sep 2022, 15:33 WIB
Perbaikan Rumah Mak Kesih di Surade Sukabumi Diajukan ke Pusat

SUKABUMIUPDATE.com - Mak Kesih (77 tahun) warga Kampung Pasirmalang, Desa Kadaleman, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, tinggal seorang diri di rumah berdinding bilik dengan rangka bangunan dari kayu. 

Karena sudah dimakan usia, material rumahnya mulai lapuk. Rumah panggung berdinding bilik berukuran 5x4 meter itu kemudian mendapat bantuan rehabilitasi. Adalah Semut Ibrahim, komunitas asal Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, yang membantu merehabilitasi rumah Mak Kesih. 

Kendati demikian, rumah Mak Kesih masih panggung. Kondisi ini lantas direspons oleh Kemensos melalui Balai Phala Martha. 

Baca Juga :

Phala Martha datang mengunjungi Mak Kesih beserta pendamping Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Surade serta pihak Pemerintah Desa (Pemdes).

Penyuluh Sosial Ahli Pertama Balai Phala Martha, Umatun Karomah mengatakan dalam kunjungan tersebut diserahkan bantuan pemenuhan hidup layak. 

Untuk perbaikan rumah Mak Kesih akan didorong ke pemerintah pusat, dalam hal ini ke Kemensos. Tujuannya agar rumah Mak Kesih dibangun permanen. “Kami juga memfasilitasi pihak desa untuk mengajukan bantuan Rutilahu ke pusat," katanya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (7/9/2022).

Mak Kesih tinggal seorang diri di rumahnya setelah suaminya meninggal dunia sekitar 20 tahun lalu. Mak Kesih memiliki lima orang anak yang terdiri dari tiga laki-laki dan dua perempuan. Namun, dua anak laki-lakinya sudah meninggal dunia. 

Adapun anak laki-laki Mak Kesih kini tinggal di Desa Wanasari dan satu anak perempuannya tinggal di Desa Citanglar. Hanya satu anak perempuan tinggal dekat rumah Mak Kesih. 


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini