Raperda Perubahan RPJMD 2018-2023 Kota Sukabumi Disetujui

Sabtu 12 Desember 2020, 13:10 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - DPRD Kota Sukabumi menyelenggarakan rapat paripurna, Jumat (11/12/2020) malam. Pada momen itu dilakukan persetujuan atas dua raperda yakni raperda Kota Sukabumi tentang perubahan atas Perda Nomor 3 tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Sukabumi tahun 2018-2023 dan Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah.

Paripurna dihadiri Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Wakil Wali Kota Andri Setiawan Hamami.

BACA JUGA: RPJMD Kota Sukabumi 2018 - 2023 Direvisi, Fahmi Fokus Pulihkan Pandemi

Rapat paripurna tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi Wawan Juanda dan dihadiri perwakilan unsur forkopimda, dan Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada. "Kami atas nama pemkot mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada anggota DPRD dan khususnya pansus yang mendedikasikan waktu dan tenaga untuk merampungkan pembahasan raperda," ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi dalam pendapat akhir wali kota.

Penyusunan perubahan RPJMD 2018-2023 telah melalui beberapa proses diantaranya konsultasi publik sebagai bahan penyempurnaan rancangan awal RPJMD dan jadi rancangan akhir dalam pembahasan di DPRD.

Fahmi mengatakan, perkembangan nasional dan daerah akibat pandemi Covid menunjukan terjadinya dampak yang luas tidak hanya aspek kesehatan, sosial, ekonomi, melainkan merambah segala sendi kehidupan. Untuk itu telah ditetapkan juga kebijakan rencana pembangunan terkait penanganan dan upaya pemulihan sebagai lanjutan sejak Maret.

BACA JUGA: Target Kota Sukabumi di Sektor Ekonomi Kreatif: Melesat

Perubahan RPJMD 2018-2023 yang disetujui merupakan pedoman bagi pemda dalam menyusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD). Sehingga prioritas pembangunan dalam RKPD selanjutnya harus berpedoman pada RPJMD.

Wali kota menerangkan, pengelolaan keuangan daerah merupakan bagian tidak terpisahkan bagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah. Di mana pengelolaan keuangan daerah dilakukan secara tertib, taat peraturan perundang-undangan, efisien, efektif dan bertanggugjawab.

Sebelum agenda pembacaaan pendapat akhir wali kota, dilakukan pembacaan laporan akhir pansus DPRD tentang perubahan RPJMD 2018-2023 dan pengelolaan keuangan daerah.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Bola29 April 2024, 20:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024.
Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi29 April 2024, 20:29 WIB

Dibiayai Donatur, Siswa MI Gelarsari Sukabumi Setiap Hari Dapat Makan Siang Gratis

Kepala Sekolah (Kepsek) MI Gelarsari, Solahhudin Sanusi mengatakan program makan siang gratis tersebut merupakan bantuan dari lembaga swasta Indonesia Food Security Review (IFSR) yang berlokasi di Jakarta.
Para siswa MI Gelarsari Bantargadung Sukabumi saat menikmati makan siang gratis program lembaga swasta | Foto : Ilyas Sanubari
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 20:22 WIB

Terpukau dengan Gaya Main Timnas U-23, Badri Yakin Indonesia Bisa Taklukan Uzbekistan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi prediksi Timnas Indonesia U-23 menang lawan Uzbekistan dengan skor 2-1.
Badri Suhendri, MH / Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : sukabumiupdate
Sukabumi Memilih29 April 2024, 20:03 WIB

Antusias, 7 Orang Daftar Maju Pilkada Kota Sukabumi Lewat PDIP

Sejumlah tokoh sangat antusias mengikuti penjaringan bakal calon Walikota\Wakil Walikota dalam perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024 melalui DPC PDIP Kota Sukabumi.
Iwan Kustiawan, saat mendaftar menjadi bakal calon wali kota Sukabumi di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Life29 April 2024, 20:02 WIB

Temukan Alasannya Dengan Segera, Terapkan 10 Cara Berikut Agar Balita Berhenti Memukul

Meskipun balita belum memahami dampak dari memukul, namun sebenarnya mereka tidak memiliki niat jahat. Begini cara menangani agar mereka berhenti memukul.
Ilustrasi cara balita berhenti memukul / Sumber Foto : pexels.com/@Tatiana Syrokova
Sehat29 April 2024, 20:00 WIB

Cara Diet Sehat untuk Diabetes Tipe 1: Bantu Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Penderita diabetes tipe 1 harus berhati-hati dalam mengatur pola makannya untuk menjaga kestabilan kadar gula darah karena tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin secara alami.
Ilustrasi. Penderita diabetes tipe 1 harus berhati-hati dalam mengatur pola makannya untuk menjaga kestabilan kadar gula darah karena tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin secara alami. (Sumber : Pexels/NataliyaVaitkevich)
Life29 April 2024, 19:53 WIB

7 Cara Membuat Anak yang Keras Kepala Jadi Patuh kepada Orang Tuanya

Anak yang keras kepala terkadang tidak patuh saat diperintah, dinasihati atau dimintai tolong orang tuanya. Maka penting mengubahnya menjadi patuh.
Ilustrasi. Cara membuat anak keras kepala menjadi patuh kepada orang tua. | Sumber foto : Pexels/ Gustavo Fring
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 19:28 WIB

Sodikin Optimis Timnas Indonesia Menang Lawan Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23

Terkait prediksi skor, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Sodikin sebut yang paling penting adalah timnas Indonesia bisa meraih kemenangan.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, M Sodikin (Sumber : akun fb PKS Kabupaten Sukabumi)
Keuangan29 April 2024, 19:00 WIB

7 Gaya Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya

Hati-hati, Jangan Tiru Gaya Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya Ini!
Ilustrasi. Orang Miskin Banyak Gaya (Sumber : Pexels/LizaSummer)
Keuangan29 April 2024, 18:54 WIB

Awal Triwulan II 2024, Realisasi Belanja di KPPN Sukabumi Capai Rp6,4 Triliun

Realisasi belanja negara yang disalurkan melalui KPPN Sukabumi berhasil mencapai Rp6,4 triliun di awal Triwulan II 2024.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)