Tips Merawat Cat Mobil Berwarna Gelap Agar Tampak Lebih Elegan

Selasa 28 Juli 2020, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Cat mobil seperti hitam atau warna gelap lainnya banyak dipilih konsumen. Alasannya, warna gelap cenderung lebih netral dan tidak membosankan. Dilansir dari tempo.co, warna gelap yang mengkilap juga dinilai memberikan kesan mewah. Nah, agar warna gelap tampak lebih elegan, Astra Peugeot membagikan tips merawat cat mobil 

Peugeot memiliki dua model dengan warna gelap, yakni Peugeot 3008 SUV dan 5008 SUV berwarna Nera Black, Emerald Crystal, atau Aster Grey. Warna ini diklaim menjadi pilihan favorit konsumen tanah air.

Meskipun memiliki kesan luxury, pemilik mobil berwarna gelap wajib memberikan perawatan ekstra. Pasalnya kendaraan berwarna gelap dan mengkilap cenderung reflektif dalam mengekspos kotoran, debu, serta baret yang mudah tampak pada permukaan bodi mobil.

Lantas seperti apa cara efektif dan aman dalam merawatnya? Tidak perlu khawatir, para pemilik mobil berwarna gelap dapat mengikuti petunjuk berikut.

“Waktu ideal untuk mencuci mobil adalah saat pagi atau malam hari. Karena ketika masih ada tetesan air dipermukaan bodi lalu menguap kena panas matahari. Biasanya mobil berwarna gelap mudah mengekspos jamur semacam noda putih,” kata Samsudin, Aftersales Support dari Astra Peugeot, dalam keterangan resmi, Selasa, 28 Juli 2020. 

Ketika kendaraan dicuci menjelang siang atau sore hari, setelah mobil diberi sabun dan di lap harus segera dibilas dengan air bersih. Setelah itu dengan segera, sisa air yang masih melekat dikeringkan dengan segera. Agar tidak baret, gunakan lap microfiber dan lakukan proses menyeka atau mengelap dengan gerakan searah.

Selanjutnya, bagaimana dengan mobil-mobil berwarna gelap yang sudah terlanjur kusam? Tidak perlu panik, anda dapat melakukan perawatan untuk mengembalikan warnanya. Di pasaran terdapat banyak pilihan paket ‘car detailing’ yang spesial khusus untuk mengangkat warna mulai pudar.

Agar tidak salah pilih, sebaiknya cari produk ‘car detailing’ khusus untuk warna gelap yang punya formulasi untuk mengangkat kembali kualitas warna aslinya. 

“Namun juga pastikan formulasi tersebut bersahabat dengan komponen aksesori lain, terutama berbahan plastik berwarna hitam yang menempel pada bodi, seperti karet wiper, karet kaca, lis bodi dan bumper,” ujar dia.

Produk ‘car detailing’ umumnya mampu memberikan pigmen hitam yang sangat kecil dan mampu juga untuk masuk ke dalam pori-pori cat mobil. Hasilnya, mengembalikan warna hitam yang pekat. Ada juga yang bisa mengangkat noda membandel akibat oksidasi ringan, juga menutup swirl mark atau baret-baret halus. 

sumber: tempo.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Food & Travel21 Juli 2024, 07:00 WIB

Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat & Perbedaannya dengan Gula Aren

Gula jawa juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan gula putih biasa, sehingga bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk mengelola kadar gula darah.
Ilustrasi. Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat dan Perbedaan dengan Gula Aren (Sumber : Freepik/@freepik)
Science21 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 Juli 2024, Minggu Pagi Potensi Cerah Berawan untuk Wilayah Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.(Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa