Dari Republika ke Metro TV, Usman Kansong Dilantik jadi Dirjen IKP Kominfo

Selasa 10 Agustus 2021, 02:00 WIB
Kominfo (Kementerian  Komunikasi dan Informatika) hari ini, Selasa (10/8/2021) melantikan Usman Kansong sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik atau Dirjen IKP

Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) hari ini, Selasa (10/8/2021) melantikan Usman Kansong sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik atau Dirjen IKP

SUKABUMIUPDATE.com - Kominfo (Kementerian  Komunikasi dan Informatika) hari ini, Selasa (10/8/2021) melantikan Usman Kansong sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik atau Dirjen IKP.

Ia menyampaikan target terdekat yang akan dicapainya sebagai Dirjen IKP Kominfo. Menurut Usman, pekerjaan paling dekat dan penting yang harus dilaksanakannya adalah menggencarkan kampanye memakai masker dalam rangka penanganan pandemi Covid-19.

"Target itu asalnya 85 persen, kita harus mencapai di September 90 persen. Itu yang mesti kita kejar dahulu. Lalu paralel yang lain dilakukan," kata Usman dalam konferensi pers, Selasa, 10 Agustus 2021.

Lulusan Doktor Komunikasi dari Universitas Indonesia ini merencanakan terobosan-terobosan anyar di bidangnya. Namun, terobosan itu baru akan disampaikan setelah persiapan rampung.

Tapi kami rencanakan bagaimana jalin komunikasi dengan baik kepada stakeholder dan media. Sekarang sedang kami siapkan," ujar Usman.

Menempati posisi Dirjen IKP, Usman mengungkapkan ada tiga tantangan yang mesti dihadapi. Tantangan pertama adalah transformasi Kementerian Penerangan menjadi Kementerian Kominfo.

Ia berujar transformasi itu membuat proses komunikasi publik yang mulanya tersentralisasi menjadi terdistribusi. Karena itu, seorang Dirjen IKP harus bisa mengorkestrasi atau menggerakkan harmoni komunikasi publik pemerintah sehingga dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

Tantangan kedua, kata dia, adalah merebaknya hoaks, misinformasi, disinformasi, hingga malinformasi seiring dengan berkembangnya era digital. Ia mengatakan beredarnya informasi keliru harus ditangani dengan berbagai program dan langkah.

"Misalnya harus melakukan literasi digital yang sudah diluncurkan presiden, lalu teman-teman berkontribusi melakukan fact check, tentu juga kita menuntut tanggung jawab dan kontribusi platform, seperti Facebook, Google, Twitter, Instagram, dan lainnya," kata Usman.

Pasalnya, menurut dia, hoaks banyak beredar di platform-platform digital tersebut. Untuk menangkal penyebaran hoaks, ia juga akan menggandeng pelaku jurnalistik untuk berkontribusi.

Adapun tantangan ketiga yang dihadapi adalah penanganan pandemi. "Bahwa kita harus kampanye secara masif, terutama untuk kampanye memakai masker. kemudian 2 M lainnya. ini tantangan juga mengampanyekan 3T dan vaksinasi. Supaya kita bisa mengendalikan pandemi ini," kata Usman.

Setelah melantik Usman, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate berharap agar bawahannya tersebut dapat melakukan orkestrasi komunikasi publik pemerintah. Ia pun berharap dengan pengalaman panjang Usman sebagai jurnalis, komunikasi publik pemerintah bisa lebih efektif dan mudah dipahami masyarakat.

Mengutip tempo yang menyitir situs Indonesian Presidential Studies, Usman memiliki pengalaman di sejumlah media nasional. Dia sempat bekerja di Harian Republika selama lima tahun mulai 1995 hingga 2000. Selepas keluar dari Republika, Usman menjabat sebagai News Current Affairs Manager Metro TV selama sembilan tahun.

Pria kelahiran Jakarta, 13 April 1970, ini menamatkan kuliah pasca-sarjana jurusan Sosiologi di Universitas Indonesia pada 2005 atau saat ia bekerja di Metro TV. Dia juga menempuh pendidikan doktoral untuk Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia.

Saat menjadi mahasiswa S-1 di USU Medan, Usman pernah didapuk sebagai Sekretaris Umum Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat periode 1992-1993. Ia juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Senat Mahasiswa pada 1993-1994.

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)
Nasional03 Mei 2024, 18:35 WIB

57 Pemimpin Redaksi Deklarasi ICEC di Hari Pers Internasional, Cek Visi dan Misinya!

ICEC sendiri bertujuan untuk bertukar ide dan keahlian dalam mengelola dan memimpin media. Selain itu, untuk membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik.
Perwakilan dari 57 Pemimpin Redaksi meneken deklarasi Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club/ICEC). (Sumber: istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 18:12 WIB

Warga Ungkap Fakta, Suami Istri Tewas Tertabrak Kereta Api di Kebonpedes Sukabumi

Kecelakaan menimpa dua warga tertabrak kereta api atau KA Siliwangi terjadi di perlintasan kereta tepatnya di Desa Kebonpedes, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Jumat (3/5/2024), sekitar pukul 16.07 WIB.
Sepasang suami istri tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi | Foto : Asep Awaludin