Aksi Bela Baitul Maqdis, Kedubes AS Dijaga Ketat dan Berlapis

Jumat 11 Mei 2018, 04:17 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat, adalah lokasi yang menjadi sasaran aksi bela Baitul Maqdis pada hari ini, Jakarta, 11 Mei 2018. Tak ayal, pengamanan kantor yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta ini pun diperketat dengan bantuan personel kepolisian.

Sejak pukul 07.00 WIB, ratusan personel kepolisian telah bersiaga, mulai dari depan Balai Kota DKI hingga pertigaan di depan Kedubes Amerika. Mereka berbaris rapi dan berdiri dalam sikap siap. Kawat berduri juga dibentangkan mengantisipasi segala kemungkinan terkait aksi bela Baitul Maqdis tersebut.

"Terdiri dari 35 ribu personel gabungan, Polri dan Tentara Nasional Indonesia," kata juru bicara Polda Metro Raden Prabowo Argo Yuwono dalam keterangannya pada Kamis kemarin, 10 Mei 2018.

Jalur di depan Kedubes Amerika pun ditutup untuk para pengendara kendaraan bermotor. Jalan diblok dengan portal dan jawat besi. Sehingga, pengendara yang melaju dari arah Tugu Tani, tidak bisa berbelok kiri ke arah Bunderan Bank Indonesia.

Aksi hari ini digelar untuk memprotes keputusan Presiden Amerika Donald Trump yang memindahkan kedutaan Amerika dari Tel Aviv ke Yerussalem atau Baitul Maqdis. Kantor Kedubes itu dibuka pada 14 Mei 2018 mendatang. Dengab demikian, Trump pun secara tidak langsung mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Keputusan ini memantik protes dari seluruh penjuru dunia. Sebab, Yerussalem atau Baitul Maqdis tak hanya merupakan tempat suci bagi umat Yahudi, namun juga Kristen dan Islam. Selama ini, Israel dan Palestina pun mengklaim memiliki hak atas tanah di Yerussalem tersebut. "Pemindahan kedutaan besar ini ilegal," ujar negosiator Palestina, Saeb Erekat.

Selain penjagaan dari personel kepolisian, sekitar lima unit mobil Baracuda, lima mobil watercannon, tiga ambulan, juga telah diparkir persis di depan pagar kantor kedutaan. Bahkan,empat unit kendaraan taktis milik TNI pun juga telah terparkir di lokasi.

Aksi bela Baitul Maqdis telah dimulai dengan diawali salat Subuh berjamaah pukul 04.40 WIB. Namun hingga pukul 09.30 WIB, massa masih terpencar dan belum melakukan orasi ataupun aksi apapun di depan Kedubes Amerika. Hanya ada satu mobil komando yang memutar lagu dan orasi rekaman melalui speaker.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat12 Mei 2024, 13:00 WIB

Tetap Bisa Makan Enak, 7 Makanan Rendah Purin yang Aman untuk Penderita Asam Urat

Ada beberapa makanan rendah purin yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.
Ilustrasi - Ada beberapa makanan rendah purin yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. (Sumber : pexels.com/@Vanessa Loring).
Jawa Barat12 Mei 2024, 12:33 WIB

Anggota DPRD Jabar Hasim Adnan Tinjau Jembatan Rusak di Curugkembar Sukabumi

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hasim Adnan akan mendorong anggaran pemprov Jawa Barat untuk perbaiki Jembatan Cibodas rusak di Kecamatan Curugkembar Kabupaten Sukabumi.
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hasim Adnan saat meninjau jembatan Cibodas Curugkembar Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life12 Mei 2024, 12:30 WIB

Wajib Diterapkan Bund! 5 Tips Jitu Mengajari Anak Berpikir Sendiri Sejak Dini

Membesarkan anak yang tidak mengikuti orang banyak lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.
Ilustrasi - Membesarkan anak agar mereka dapat berpikir sendiri menjadi tantangan bagi orang tua. (Sumber : Pexels.com/@Karolina Grabowska).
Life12 Mei 2024, 12:00 WIB

Patut Diterapkan, 5 Cara Membangun Keterampilan Sosial Anak Dari Rumah

Aktivitas mudah yang berfokus pada mendengarkan, berinteraksi, dan bercerita ini akan membuat anak Anda tetap terlibat secara sosial sepanjang hari bahkan di rumah.
Ilustrasi - Membangun keterampilan sosial anak dapat dimulai dari rumah dengan hal sederhana. (Sumber : Pexels.com/@Valeria Ushakova).
Life12 Mei 2024, 11:30 WIB

Pria Wajib Tahu, 6 Ciri Cewek Matre yang Tidak Boleh Dijadikan Pasangan Hidup

Ciri cewek matre atau mata duitan memang sangat mudah dikenali. Mereka kerap menunjukkan sikap yang identik kesemuanya tentang materi dan uang semata
Ilustrasi - Ciri cewek matre atau mata duitan memang sangat mudah dikenali. (Sumber : Pexels/Andrea Piacquadio).
Tips12 Mei 2024, 11:11 WIB

Simak 4 Tips Mencari Lowongan Kerja yang Efektif

Anda yang baru lulus pendidikan atau sedang mencari lowongan pekerjaan, butuh perjuangan lebih untuk mendapatkan pekerjaan
Tips mencari lowongan kerja di Internet | Foto : Sukabumi Update
Bola12 Mei 2024, 11:00 WIB

Persib Bandung Siap Hadapi Bali United di Championship Series dengan Kekuatan Terbaik!

Hadapi Bali United di Championship Series, Persib siap tampil dengan kekuatan terbaiknya.
Hadapi Bali United di Championship Series, Persib siap tampil dengan kekuatan terbaiknya. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat12 Mei 2024, 10:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya, 6 Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Darah Tinggi

Bagi penderita penyakit darah tinggi, beberapa sayuran ternyata memiliki dampak buruk. Karenanya, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi mereka.
Ilustrasi - Dampak buruk sayuran bagi penderita penyakit darah tinggi. (Sumber : Pexels/Sarah Chai).
Jawa Barat12 Mei 2024, 10:01 WIB

Temu Rembug LP3H EWI Kota Bandung dengan Pengurus Provinsi Jabar

Formatur Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) Kota Bandung melaksanakan temu rembug dengan pengurus LP3H EWI Provinsi Jawa Barat
LP3H EWI Kota Bandung Temu Rembug dengan Pengurus Provinsi Jawa Barat | Foto : Ist
Life12 Mei 2024, 10:00 WIB

Tawa Dibalik Duka: 9 Ciri Seseorang yang Hidupnya Memiliki Luka Batin

luka batin dapat memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan seseorang, baik secara mental, emosional, maupun perilaku.
Ilustrasi - luka batin dapat memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan seseorang, baik secara mental, emosional, maupun perilaku. (Sumber : unplash/@Danie Franco)