Hergun Apresiasi Tingkat Partisipasi Politik Warga Sukabumi di Pemilu 2024

Selasa 05 Maret 2024, 21:53 WIB
Anggota Komisi II DPR RI Heri Gunawan seusai meninjau pleno rekapitulasi perhitungan suara hasil Pemilu 2024 tingkat KPU kabupaten di Gedung DPRD Kabupaten  | Foto : Ist

Anggota Komisi II DPR RI Heri Gunawan seusai meninjau pleno rekapitulasi perhitungan suara hasil Pemilu 2024 tingkat KPU kabupaten di Gedung DPRD Kabupaten | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPR RI Heri Gunawan menyampaikan apresiasi kepada warga Sukabumi atas partisipasinya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang mencapai 70 persen. Hal itu ia sampaikan seusai meninjau secara langsung rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Sukabumi di Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi, Komplek Jajaway, Palabuhanratu, Selasa (5/3/2024).

Politisi Gerindra itu mengatakan, kunjungan tersebut sesuai tugas pokok dan fungsinya di Komisi II DPR RI yang bermitra dengan KPU, Bawaslu dan DKPP untuk mengetahui sejauh mana tahapan Pemilu 2024 di Kabupaten Sukabumi. Selain itu kedatangannya untuk mengetahui tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024.

"Di Kabupaten Sukabumi sendiri terdapat lebih dari 70 persen tingkat partisipasi sehingga patut diberikan apresiasi," ungkap Heri Gunawan kepada awak media.

Selanjutnya, kata Hergun, sapaan akrab Heri Gunawan, kita ketahui bersama kesuksesan sebuah pemilu itu yang pertama tahapan tahapan berjalan dengan baik.

“Tentunya kami juga ingin mengetahui sejauh mana keamanan dan kenyamanan yang diberikan oleh penyelenggara kepada para peserta pemilu dalam hal ini partai politik. Kita berharap dan masyarakat berharap dari kontestan yang ada ini dapat terpilih yang terbaik sesuai dengan tingkatannya,” jelas Ketua DPP Partai Gerindra ini.

Baca Juga: PNM Luncurkan Program PHBS untuk Kesehatan Keluarga di Sukabumi

“Hari ini kita ketahui bersama semua berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan tahapan tahapannya walaupun juga patut diketahui bersama bahwa pemilihan ini ada 5 tingkatan, mulai presiden, DPD, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten kota,” imbuhnya.

Menurut Hergun, dalam tahapan perhitungan memerlukan waktu antara tiga sampai empat jam perhitungannya. Sehingga jika TPS ditutup jam 1 siang, dengan memulai perhitungan dari jam 2, akan membutuhkan waktu cukup lama untuk menyelesaikan perhitungan.

“Sehingga tidak tertutup kemungkinan memang penyelenggara sangat lelah, dalam artian capaian dalam proses perhitungan, tapi itu bagian dari tanggung jawab, dan saya lihat semua proses sudah berjalan dengan baik dan lancar,” terangnya.

Hergun menegaskan, meski Kabupaten Sukabumi merupakan kabupaten kedua terluas di Jawa-Bali dan terdapat 47 kecamatan dengan jumlah 8.000 TPS, sejauh ini setiap tahapan tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan dengan baik.

“Yang namanya puas tidak puas pasti ada, yang namanya salah input untuk dikoreksi pasti ada, cuma kami berharap penyelenggara partai politik mari kita sama sama menjaga integritas kita, mari kita tumbuh kembangkan demokrasi yang sehat dan bermanfaat harapan saya seperti itu,” paparnya.

Baca Juga: Pilu, Suami Ungkap Kondisi Ekonomi Sebelum Istri Ceburkan Diri ke Sungai hingga Tewas

Untuk itu, Hergun mengajak semua pihak agar proses pemilu sudah usai untuk bersama-sama mulai mengesampingkan perbedaan pendapat yang sebelumnya terjadi. Karena yang namanya politik sebaiknya dilakukan sewajarnya sehingga akan lebih baik untuk bersama sama berkawan.

“Mari kita bersilaturahmi selamanya, mari kita sama sama membangun Sukabumi, kesampingkan perbedaan, yang terpilih tidak terpilih, itu semua kembali kepada masyarakat, kembali kepada tingkatan masing-masing, kembali kepada keinginan masyarakat. Kalau masyarakat sudah memilih sesuai dengan keinginannya tentunya yang bersangkutan pasti akan menang,” pungkasnya

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life30 April 2024, 19:23 WIB

6 Bukti Jelas Pasangan Kamu Hanya Pura-pura Cinta Selama Ini, Ketahui Tandanya

Terkadang tidak disadari bahwa selama ini pasangan anda hanya pura-pura cinta dan berniat hanya mengambil manfaat materi dari hubungan.
Ilustrasi. Pasangan yang pura-pura cinta. | Sumber Foto : Pexel/RDNE Stock project
Life30 April 2024, 19:19 WIB

Berikan Konsekuensi, Berikut 5 Strategi Disiplin Agar Anak Tidak Mencuri

Biasanya, mencuri dapat diatasi melalui bimbingan, intervensi, dan konsekuensi orang tua. Namun, jika seorang anak terus melakukan perilaku tersebut, mereka mungkin memerlukan bantuan profesional.
Ilustrasi agar anak tidak mencuri | Foto : pexels.com/@kamaji ogino
Keuangan30 April 2024, 19:16 WIB

Belajar dari Orang Jepang, Ini 6 Cara Mengelola Uang Bulanan dengan Benar, Yuk Terapkan!

Orang Jepang memiliki konsep dalam menabung keuangan. Ini solusi bagi orang yang ingin cepat kaya dengan menerapkan langkah finansial ini.
Ilustrasi. Belajar menabung uang dari orang Jepang. | Sumber Foto: Pexels/Ahsanjaya
Sukabumi30 April 2024, 19:10 WIB

Cerita Asep Gali Tanah Temukan Senjata Api Laras Panjang Di Cisaat Sukabumi

Asep menceritakan penemuan senjata api laras panjang ketika ia bekerja untuk membetulkan saluran air pada kolam ikan yang bocor, setelah satu meter penggalian
Asep Burdah (49 tahun), temukan senjata laras panjang saat gali tanah tepi kolam | Asep Awaludin
Gadget30 April 2024, 19:00 WIB

Performa Tangguh: Rekomendasi 3 HP dengan Chipset Snapdragon 7s Gen 2

Ada beberapa hp dengan chipset Snapdragon 7s Gen 2 yang bisa Anda pertimbangkan.
POCO X6 5G - Ada beberapa hp dengan chipset Snapdragon 7s Gen 2 yang bisa Anda pertimbangkan. (Sumber : mi.co.id).
Life30 April 2024, 18:21 WIB

Patut Diterapkan Bund, Ini Tips Ajari Anak Berperilaku Baik Saat Kunjungi Rumah Orang Lain

Ajari anak Anda bagaimana berperilaku ketika mengunjungi rumah orang lain
Ilustrasi berperilaku baik ketika mengunjungi rumah orang lain | Foto : Pexels.com/@Sergey Makashin
Life30 April 2024, 18:04 WIB

6 Kesalahan Mendidik Anak yang Sering Disepelekan Orang Tua, Anda Termasuk?

Kesalahan mendidik anak bisa menyebabakn kefatalan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak itu sendiri. Orang tua harus mengetahui betul hal ini.
Ilustrasi. Kesalahan orang tua dalam mendidik anak | Sumber foto : Pexels/RDNE Stock project
Life30 April 2024, 18:00 WIB

Amalkan Segera! 5 Doa Minta Jodoh Agar Dipertemukan dengan Pasangan Terbaik

Amalkan doa ini segera jika kamu ingin memiliki jodoh terbaik dari Allah SWT.
Amalkan doa ini segera jika kamu ingin memiliki jodoh terbaik dari Allah SWT. | (Sumber : Instagram/@dindahw)
Sukabumi30 April 2024, 17:54 WIB

DLH Akui Kekurangan Armada Soal Telat Angkut Tumpukan Sampah di Palabuhanratu Sukabumi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabipaten Sukabumi Prasetyo menyebutkan bahwa penyebab tidak terangkutnya sampah tersebut itu di sebabkan oleh kekurangan armada pengangkut sehingga sedikit terhambat.
Kondisi tumpukan sampah di TPSS Kampung Pangsor Lio, RT 01, RW 25, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life30 April 2024, 17:34 WIB

Ajarkan Keterampilan Khusus, Ini 7 Cara Mengajari Anak Agar Tangguh Secara Mental

Dalam membangun kekuatan mental anak, dibutuhkan komitmen dan konsistensi. Namun dengan komunikasi yang teratur, dan berupaya membangun kepercayaan diri dan harga diri mereka secara teratur, Anda akan memberikan kekuatan mental.
Ilustrasi anak tangguh secara mental / Sumber : pexels.com/@Allan Mas