AMSI Diskusi Trustworthy News Indicators, Kolaborasi Tangkal Hoax Jelang Pemilu 2024

Kamis 21 Desember 2023, 14:22 WIB
AMSI Diskusi Indikator Trustworthy News, Kolaborasi Tangkal Hoax Jelang Pemilu 2024 (Sumber : Istimewa)

AMSI Diskusi Indikator Trustworthy News, Kolaborasi Tangkal Hoax Jelang Pemilu 2024 (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dengan dukungan Internews dan USAID MEDIA mengadakan diskusi terbuka tentang Trustworthy News Indicators, dengan tema Kolaborasi Tangkal Hoax Jelang Pemilu 2024.

Acara yang digelar di ballroom Hotel Suite Royal Balikpapan tersebut menjadi satu rangkaian kegiatan dengan Konferensi Wilayah (Konferwil) ke-2 AMSI Kalimantan Timur.

Diskusi publik yang dimoderatori dosen Universitas Balikpapan Andi Surayya, menghadirkan tiga narasumber dari tiga lembaga.

Kepolisian Daerah Kalimantan Timur diwakili oleh AKP Syakir Arman yang merupakan pimpinan Sub Direktorat V Siber. Wamustofa Hamzah hadir mewakili Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur, sementara pembicara ketiga adalah Direktur Eksekutif AMSI Stefanus Felix Lamuri. Sementara dari undangan nampak hadir beberapa perwakilan Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur, Kodam VI Mulawarman Kaltim, Lantamal XIII Balikpapan, jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika Propinsi Kaltim, Basarnas Kaltim, termasuk sejumlah dosen.

Baca Juga: AMSI Latih 30 Jurnalis, Bendung Hoaks Jelang Pemilu 2024

Sejumlah awak media juga menyempatkan diri hadir dalam diskusi yang diadakan secara hybrid pada Rabu pagi (20/12/2023) kemarin. Koordinator Wilayah AMSI Kalimantan, Sumarsono dalam sambutannya menyampaikan bahwa AMSI Kalimantan Timur mempunyai peran penting upaya menangkal hoax melalui pemberitaan media yang punya indikator Trustworthy.

“Berita itu disusun melalui proses yang cukup panjang karena ada beberapa yang perlu dilakukan yaitu kaidah-kaidah jurnalistik dan check and recheck” kata Sumarsono dalam keterangannya.

Potensi media sebagai benteng penangkal hoax nampaknya tidak dapat ditawar lagi, lanjut Sumarsono.

Chief of Party Internews Indonesia, Eric Sasono juga memahami bahwa media menghadapi tantangan yang sangat besar yaitu berkurangnya kepercayaan masyarakat terhadap media yang disebabkan oleh banyak faktor,

“Kami sangat menghargai upaya Asosiasi Media Siber Indonesia untuk mengembalikan kepercayaan itu dengan membuat Trustworthy News Indicators ini”, papar Eric Sasono lebih jauh.

Baca Juga: AMSI dan Bawaslu Sulbar Tandatangani MoU Cegah Hoaks di Pemilu 2024

Trustworthy sendiri merupakan upaya self regulation atau swa-regulasi media dalam memproduksi berita untuk kepentingan publik.

Diharapkan dengan disiplin menerapkan indikator Trustworthy, kepercayaan publik terhadap media akan didapatkan. Ini bukan upaya yang mudah di tengah tekanan dan kesulitan yang dialami oleh bisnis media. Sehingga, menurut Eric, dalam konteks melawan hoax, upaya ini tidak dapat dilakukan sendiri oleh media.

“Menjadi penting melibatkan banyak pihak termasuk pemangku kepentingan kunci media yang memiliki kesamaan prinsip”, tegas Eric lebih jauh.

Wamustofa Hamzah dari Bawaslu menggarisbawahi pentingnya inisiatif semacam Trustworthy ini.

“Bagaimana mungkin kita dapat melawan ratusan hingga ribuan hoax sehari? Ini harus menjadi sebuah kerjasama kolaboratif terutama dalam situasi Pemilu saat ini”, jelas anggota Bawaslu Propinsi Kaltim yang akrab disapa bang Tofa.

Terlebih informasi hoax yang beredar cepat saat ini kerap bersumber dari pihak yang tidak kita duga. Syakir Arman menyatakan “Hoaks tidak hanya didapatkan dari orang yang tidak kita percaya tetapi justru dari orang yang kita percaya. Dan itu menyulitkan untuk dibendung penyebarannya”.

Baca Juga: Diikuti 150 Media, Pelatihan Cek Fakta AMSI Resmi Berakhir

Penegak hukum siber Polda Kaltim ini bahkan merinci lebih jauh kerumitan proses menghadang hoax.

“Dalam proses tahapan pemilu, peningkatan mis dan disinformasi (hoaks) sulit dibendung. Disamping perlu penelaahan awal, pengungkapan kasusnya kerap berliku-liku”.

Lalu muncul pertanyaan "apa kunci solusi yang mungkin dapat diupayakan?". Lebih lanjut, menurut Syakir, pilihan kolaborasi dapat menjadi alternatif solusi menangkal hoax jelang Pemilu 2024 nanti.

“Hal itu tidak cukup dilakukan oleh kami saja. Atau KPU saja, melainkan oleh beberapa pihak yang dapat dipercaya oleh masyarakat dan salah satunya adalah media”.

Trustworthy News Indicators merupakan gabungan dari Brand Safety dan kode etik dari Dewan Pers yang menjadi model standar bagi anggota AMSI. Cara menangkal berita hoaks memang memerlukan keahlian khusus yang ada pada media terpercaya dan konfirmasi dari pejabat tertentu menjadi skema paling pas.

Felix pun menunjukan data bagaimana potensi hoax justru muncul dalam peristiwa tertentu.

“Angka hoax meroket justru di tahun politik 2019, dan menjadi rekor tertinggi dalam 5 tahun terakhir”.

Baca Juga: Wahyu Dhyatmika dan Maryadi Terpilih Pimpin AMSI 2023-2027

Sifat preventif yang dapat dihadirkan oleh media adalah penerapan sebelas indikator Trustworthy dalam alur kerja jurnalistik, papar Felix.

Di penghujung diskusi, Andi Surayya mengingatkan bahwa setiap orang punya potensi untuk menjadi penyebar hoaks.

“Jadi menjadi penting mengenal cara atau ciri-ciri hoax agar dapat dihindari”, kata Andi.

Dalam konteks pemilu, menurut Andi, kolaborasi para pihak, ditambah dengan pelibatan Trustworthy akan jadi resep jitu penangkal hoax. Setidaknya, kita akan punya model pendekatan yang lebih kontekstual, ucapnya menutup diskusi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik29 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos

Inilah Full Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Sedang Viral di Medsos. Sudah Dengar?
Video Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos. Foto: YouTube/ORGANICessentials
Sukabumi29 April 2024, 16:41 WIB

Viral Video Aksi Tawuran Bersajam di Palabuhanratu Sukabumi, Satu Pelajar Terkapar

Sebuah video viral di media sosial aksi tawuran antar kelompok pelajar dengan menggunakan senjata tajam, diduga berlokasi di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Film29 April 2024, 16:30 WIB

Drama Korea Queen of Tears Akhirnya Tamat, Cetak Rating Tertinggi di tvN

Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024.
Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024. (Sumber : soompi.com)
Sehat29 April 2024, 16:00 WIB

Bantu Kontrol Darah, 9 Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan

Serat yang tinggi dalam beras merah membantu mengatur penyerapan glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang ingin mencegah diabetes tipe 2.
Ilustrasi - Nasi merah. Bantu Kontrol Darah, Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26)
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 15:35 WIB

Komisi II DPRD Sukabumi Susun Raperda Penyelenggaran Perhubungan

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi kini tengah fokus menyusun Rapncangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Perhubungan (Raperda RPP).
Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar FGD dengan Organda dan Komunitas Angkot untuk bahan penyusunan Raperda Penyelenggaran Perhubungan | Foto : Ist
Life29 April 2024, 15:30 WIB

6 Tips Mengobati Rasa Sakit Hati Akibat Dikecewakan Pasangan, Yuk Dicoba!

Guna menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan, maka penting kiranya agar setiap diri memiliki keinginan untuk move on yang tinggi.
Ilustrasi. Cara menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan. Sumber foto : Pexels/ SHVETS production
Inspirasi29 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Sukabumi29 April 2024, 14:43 WIB

Dinas PU Perbaiki Kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan di Parungkuda Sukabumi

Perbaikan jalan sepanjang 200 meter ini untuk meningkatkan kualitas dan keamanan.
Proses perbaikan kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan, tepatnya di Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 14:26 WIB

Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan, Budi Azhar Prediksi Timnas Menang 2-1

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali optimis Timnas Indonesia U-23 bisa menang atas Uzbekistan.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. (Sumber : Dok.SU)
Sukabumi29 April 2024, 14:14 WIB

Dua Remaja Citamiang Sukabumi Ditangkap, Bergilir Cabuli Anak di Bawah Umur

Kedua pelaku ditangkap setelah polisi menerima laporan soal dugaan pencabulan ini.
Lokasi dugaan pencabulan yang dilakukan RJ dan RE di rumah RE di Jalan Pemuda Kampung Baru, Kelurahan/Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Polres Sukabumi Kota