TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Performa Sering Terganggu? Begini Cara Merawat Sistem Kelistrikan pada Motor

Administrator
Penulis
Rabu 28 Sep 2022, 15:00 WIB
Performa Sering Terganggu? Begini Cara Merawat Sistem Kelistrikan pada Motor

SUKABUMIUPDATE.com - Perawatan sistem kelistrikan pada sepeda motor merupakan suatu hal yang penting. Sistem tersebut sangat berpengaruh terhadap kinerja motor yang setiap komponennya memerlukan arus listrik.

Jika terjadi suatu masalah pada sistem kelistrikan, maka performa motor terganggu.

Dilansir dari Suara.com, Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers membagikan tips langkah-langkah perawatan yang tepat pada sistem kelistrikan motor. 

Dan inilah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk merawat sistem kelistrikan pada motor.

Baca Juga :

1.Memastikan Generator (Spull) dalam Kondisi Normal

Fungsi dari spull adalah menghasilkan energi listrik. Caranya mengubah energi mekanik menjadi energi listrik, lalu menyalurkannya ke komponen lain.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merawat spull adalah menjaga atau mencegah spull tidak hangus dikarenakan suhu mesin yang terlalu tinggi.

Oleh sebab itu, pastikan sistem pendinginan sepeda motor bekerja dengan baik, periksa juga kapasitas dan kondisi oli agar dapat melumasi komponen mesin dengan baik sehingga suhu tetap stabil.

2. Cek Kondisi Kiprok

Kiprok adalah komponen yang berfungsi mengubah arus AC (bolak balik) yang dihasilkan oleh spull dan kemudian mengubahnya ke arus DC (searah) kemudian menstabilkan arus listrik.

Jika terjadi kerusakan kiprok, maka aki motor akan ikut bermasalah. Oleh sebab itu, diperlukan pengecekan rutin kiprok sepeda motor, untuk mencegah terjadinya masalah aki dan lampu-lampu motor yang disebabkan arus tidak stabil.


Administrator
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini