Masih banyak yang Belum Tahu, Ini 4 Fungsi Lampu Hazard pada Mobil

Minggu 20 Februari 2022, 07:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Lampu hazard menjadi salah satu komponen keamanan yang ada pada mobil, tapi ada juga pengguna sepeda motor yang memasang lampu tersebut pada tunggangannya.

Lampu hazard merupakan lampu sein yang menyala bersamaan antara sein kanan dan kiri.

Mengutip dari Suara.com, pada biasanya ditemukan satu tombol bergambar bentuk segitiga dengan warna merah. Tombol ini digunakan untuk menyalakan lampu hazard.

Baca Juga :

Tentu, tidak sedikit orang yang baru memiliki kendaraan bertanya-tanya, apa fungsi lampu hazard sebenarnya. Apakah kamu termasuk orang yang memiliki pertanyaan tersebut? Jika ya, kamu bisa menyelesaikan artikel singkat ini.

Akan disampaikan beberapa fungsi lampu hazard yang bisa kamu gunakan, tentu pada kondisi dan situasi yang sesuai. Maka tanpa banyak pengantar lagi, mari kita simak apa fungsi lampu hazard berikut ini.

photo(Ilustrasi) Tombol lampu hazard - (iStockphoto)</span

1. Digunakan Saat Kondisi Darurat

Pada peraturan resmi Undang-Undang tentang LLAJ, dituliskan bahwa setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain saat berhenti dalam keadaan darurat di jalan. Lampu hazard jadi salah satu tanda yang dimaksud tersebut.

Lampu ini utamanya digunakan untuk menyampaikan pesan bahwa kendaraan berhenti, dan berada dalam keadaan darurat sehingga memberikan sinyal tersebut agar pengemudi lain waspada.

2. Sebagai Tanda Peringatan

Masih berkaitan dengan poin pertama, lampu hazard juga berfungsi sebagai tanda peringatan bagi kendaraan lain. Artinya ketika Anda melihat lampu hazard menyala, Anda bisa meneruskan ‘pesan’ ini ke pengemudi lain terkait keadaan darurat yang Anda lihat di depan.

Hal ini sangat membantu untuk menyampaikan pesan tersebut sehingga semakin banyak orang tahu dan makin berhati-hati.

3. Untuk Membantu Penglihatan

Sebenarnya praktek penggunaan lampu hazard saat cuaca buruk atau jarak pandang menurun tidak direkomendasikan, karena dapat menimbulkan salah persepsi. Meski demikian di jalanan banyak sekali praktek ini, dengan dasar pemahaman bersama.

Sekali lagi, praktek ini tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan miskonsepsi yang justru bisa membahayakan pengemudi yang salah paham.

4. Sebagai Tanda Akan Melaju Lurus

Pada persimpangan, lampu hazard juga bisa berfungsi sebagai tanda yang diberikan untuk melaju lurus. Hal ini awam digunakan di perkotaan atau di jalanan, sehingga pengemudi di belakang atau di depan dan di persimpangan paham arah kendaraan Anda.

Pada prakteknya memang pertanyaan apa fungsi lampu hazard bisa sangat beragam. Namun secara umum lampu ini digunakan untuk memberikan tanda pada pengemudi lain agar lebih berhati-hati dalam melaju, dengan banyak alasan yang berbeda.

Sumber: Suara.com/ I Made Rendika Ardian

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram