Mau Modifikasi Mobil? Perhatikan 6 Hal Berikut!

Jumat 03 Desember 2021, 16:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Modifikasi mobil merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengubah atau menyempurnakan tampilan mobil pabrikan standar menjadi mobil yang sangat keren dan berbeda dari yang lain.

Memang ada beberapa merk mobil yang bahkan tampilan dari pabrikannya sudah sangat keren. Akan tetapi, tentu untuk beberapa kalangan yang hanya mempunyai mobil biasa dan ingin mengubah mobil kesayangan tersebut menjadi kendaraan yang unik dan menarik, modifikasi mobil bisa menjadi pilihan yang cukup menarik.

Namun, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum memodifikasi mobil, simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga :

1. Memilih Mobil yang Tepat

photo(Ilustrasi) Mobil yang akan dimodifikasi - (via juraganmobilbekas.com)</span

Selain dari bentuk mobil, kalian harus memperhatikan beberapa faktor seperti kondisi mesin. karena banyak sekali orang yang mengalami ketika membeli mobil bekas lalu ingin memodifikasinya, kondisi mesin mobil tersebut sudah rusak atau ada beberapa komponen yang harus diganti, sehingga bakal mengeluarkan budget tambahan yang lumayan besar hanya untuk mengganti komponen yang rusak.

Selain itu, perhatikan juga spare part atau suku cadang mobil, usahakan dapat dengan mudah ditemukan di dekat daerah kalian tinggal atau setidaknya masih dapat ditemukan di Indonesia.

Selanjutnya, faktor yang tidak kalah penting adalah tujuan kalian untuk memodifikasi mobil tersebut, apakah akan digunakan untuk balapan, transportasi harian atau hanya untuk pajangan saja.

Sebagai gambaran, memodifikasi mobil jenis sedan adalah yang paling sering dipilih terutama pilihan mobil-mobil keluaran tahun 90an.

Modifikasi mobil sedan banyak digemari oleh para pemuda sejak zaman mobil tersebut diluncurkan hingga sekarang.

2. Tentukan Tema atau Konsep Modifikasi Mobil

photomodifikasi dengan tema atau konsep sporty - (via redbull.com)</span

Setelah memilih jenis mobil untuk dimodifikasi, hal selanjutnya adalah memilih tema dan konsep.

Hal ini penting, agar tema modifikasi mobil terlihat selaras dan tidak terlihat norak.

Ada beberapa tema yang mungkin bisa menjadi pertimbangan seperti sporty, gothic, retro, modern, elegan atau cute untuk membuat kagum orang di sekitar yang melihat mobil kalian.

Selain itu, kalian bisa mengunjungi beberapa pameran atau event modifikasi mobil sebagai referensi untuk tema modifikasi mobil kalian.

3. Memperkirakan Biaya dan Servis

photo(Ilustrasi) servis mesin mobil - (pixabay.com)</span

Tema sudah ditentukan, hal lain yang harus dipertimbangkan yaitu biaya dan servis yang tepat pastinya.

Bagi kamu yang masih pemula atau baru akan mulai memodifikasi mobil, kamu bisa memulai tahapan modifikasi mobil dari yang ringan seperti ganti kaca film atau tambahkan aksesoris sederhana lainnya.

Lakukan juga riset kecil-kecilan untuk mendapatkan gambaran harga sparepart atau suku cadang yang lebih murah, sembari kamu mengumpulkan biaya untuk memodifikasi mobil ke tahap selanjutnya.

Konsultasikan juga tema yang ingin kamu garap ke bengkel yang kompeten supaya kamu mendapatkan hasil memuaskan.

4. Siapkan Komponen-Komponen yang Diperlukan

photo(Ilustrasi) Spare part mobil - (via carshop.co.uk)</span

Selain mempertimbangkan biaya, kamu juga perlu menyiapkan beberapa komponen yang diperlukan, mengapa? Karena mungkin beberapa komponen tersebut sulit untuk ditemukan sehingga perlu riset yang mendalam untuk menemukannya, entah itu di luar kota atau bahkan di luar negeri.

Perlu diingat bahwa, memesan komponen dari luar kota atau luar negeri bisa membuat biaya semakin membengkak sehingga disarankan untuk memesan komponen yang dirasa diperlukan, apalagi dengan harga yang sesuai budget kamu tentunya.

5. Selalu Memulai Dari Mesin Terlebih Dulu

photo(Ilustrasi) Mesin mobil - (pixabay.com)</span

Akan menjadi hal yang memalukan jika mobil modifikasi kamu yang sudah keren di bagian luar, sementara pada sektor mesin tidak diperhatikan dan menyebabkan mogok di jalan misalnya, terlebih bila kamu memodifikasi mobil bekas yang dimana kondisi mesinnya pasti membutuhkan perbaikan.

Lain halnya bila kondisi mobil kamu masih prima atau ingin performa mesin sedikit meningkat. Mulai dari mengganti busi yang sudah lama atau ganti coil supaya pengapian nya menjadi sempurna.

Hindari memodifikasi mesin secara ekstrem, karena berpengaruh pada kenyamanan serta keamanan, bahkan di beberapa kasus modifikasi mesin yang ekstrim, dapat menurunkan harga jual mobil itu sendiri.

Selain itu, kamu juga bisa merapikan beberapa kabel yang berserakan supaya tampilan mesin menjadi sedikit rapi dan juga kamu bisa memoles mesin supaya terlihat seperti baru atau bahkan mengecat bagian mesin.

6. Mengganti Velg

photoVelg mobil - (Istimewa)</span

Setelah bagian mesin sudah baik dan begitu juga bodi dan interior sudah beres, langkah selanjutnya dan tak kalah penting adalah bagian velg nya.

Tidak hanya membuat tampilan menjadi keren, mengganti velg juga bisa membuat handling menjadi sangat nyaman, namun kamu perlu memperhatikan beberapa faktor.

Contohnya, hindari memperbesar velg hingga sebesar 2 inci dari ukuran awal, serta perhatikan juga offset velg serta ukuran ban yang ingin dipakai. Selain tampilan yang keren, keselamatan berkendara juga perlu dipertimbangkan.

Video Lainnya:

Meninggal, Buruh Peserta Demo UMK 2022 Kecelakaan di Jalan Lingsel Sukabumi

Cerita di Balik Viralnya Anak Penjual Kue di Sagaranten Sukabumi

Euis Menampakan Diri, Buaya Sungai Cikaso Sukabumi Punya Nama

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Science09 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 9 Mei 2024, Sukabumi Berpotensi Cerah dari Pagi Hingga Dini Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024. | Pixabay/
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).
Sukabumi08 Mei 2024, 20:59 WIB

Kamboja Belajar soal Pencegahan Perkawinan Anak ke Pemkab Sukabumi

Kabupaten Sukabumi jadi tempat belajar soal pencegahan perkawinan anak bagi delegasi Kamboja.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat berbagi cenderamata dengan delegasi pemerintah Kamboja. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 20:14 WIB

Kebakaran Rumah di Lengkong Sukabumi Diduga Akibat Korsleting Listrik, Penghuni Mengungsi

Kerugian akibat kebakaran rumah di Lengkong Sukabumi ini capai Rp65 Juta. Penyebab diduga akibat korsleting listrik.
Kondisi rumah di Lengkong Sukabumi yang hangus terbakar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih08 Mei 2024, 20:09 WIB

Pleno DPD Nasdem Putuskan Ayep Zaki Bacalon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi

DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi menetapkan Ayep Zaki sebagai satu-satunya nama bakal calon wali kota / wakil wali kota Sukabumi yang lolos penjaringan.
Pleno DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi memutuskan H Ayep Zaki satu-satunya yang lolos penjaringan dan akan diusulkan ke DPW Nasdem Jabar, Rabu (8/5/2024) | Foto : Syams