10 Gejala Gangguan Kepribadian yang Perlu Kamu Ketahui, Ini Cirinya!

Selasa 27 Februari 2024, 10:00 WIB
Ilustrasi - Orang yang menderita gangguan kepribadian mungkin mengalami disfungsi emosional dan memandang realitas dengan cara yang menyimpang. (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio)

Ilustrasi - Orang yang menderita gangguan kepribadian mungkin mengalami disfungsi emosional dan memandang realitas dengan cara yang menyimpang. (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio)

SUKABUMIUPDATE.com - Gangguan kepribadian terjadi ketika ciri-ciri kepribadian tertentu yang mengganggu membuat seseorang sulit berfungsi secara normal. Mereka sebagian besar melibatkan pola kognisi, perilaku, dan suasana hati.

Mengutip mind.help, kondisi ini seringkali berlangsung seumur hidup sehingga menimbulkan kesulitan dalam pekerjaan, kehidupan sosial, dan kehidupan pribadi.

Gangguan kepribadian sering terjadi tetapi bersifat jangka panjang dan kompleks. Hal ini sering dikaitkan dengan kualitas hidup (kualitas hidup) yang rendah hingga kesehatan yang buruk.

Tergantung pada jenisnya, gangguan kepribadian mungkin memiliki gejala yang berbeda-beda. Namun, beberapa diantaranya antara lain:

1. Perilaku Impulsif dan Berisiko

Perilaku impulsif dan berisiko adalah salah satu gejala gangguan kepribadian yang memiliki tindakan tanpa pertimbangan matang dan dapat membahayakan diri sendiri atau orang lain. Perilaku ini dapat mencakup berbagai macam tindakan, seperti:

  • Penyalahgunaan zat terlarang
  • Seks tanpa pengaman atau kecanduan
  • Perilaku agresif
  • Perjudian

2. Persepsi Diri yang Tidak Stabil atau Rapuh

Orang dengan persepsi diri yang tidak stabil mungkin merasa tidak yakin dengan nilai-nilai, minat, dan tujuan hidup mereka. Mereka mungkin merasa seperti mereka tidak memiliki identitas yang jelas dan merasa seperti orang yang berbeda dalam situasi yang berbeda.

3. Hubungan yang Tidak Stabil dan Sulit

Hubungan yang tidak stabil dan sulit merupakan salah satu ciri utama dari beberapa gejala Gangguan Kepribadian. Orang dengan kondisi ini mengalami kesulitan dalam membangun dan mempertahankan hubungan yang sehat dengan orang lain.

Orang dengan kondisi ini mungkin merasa sulit untuk mempercayai orang lain. Mereka mungkin merasa bahwa orang lain akan mengkhianati mereka atau menyakiti mereka. Hal ini dapat membuat mereka sulit untuk menjalin hubungan yang dekat dan intim.

4. Perubahan Suasana Hati

Perubahan suasana hati yang intens dan cepat merupakan salah satu ciri utama dari beberapa jenis Gangguan Kepribadian. Orang dengan kondisi ini mengalami fluktuasi suasana hati yang lebih ekstrem dan lebih sering daripada orang normal.

5. Paranoia

Paranoia adalah rasa curiga dan ketakutan berlebihan yang tidak berdasar. Orang dengan paranoia sering merasa bahwa mereka sedang diawasi, dibohongi, atau diancam. Hal ini dapat membuat mereka sulit untuk mempercayai orang lain dan merasa aman di dunia.

6. Perilaku yang Tidak Menentu

Orang dengan perilaku yang tidak menentu mungkin tiba-tiba berubah pikiran, perasaan, atau tindakan mereka tanpa alasan yang jelas. Hal ini dapat membuat mereka sulit untuk menjalin hubungan yang stabil dan mencapai tujuan hidup mereka.

7. Kebersihan yang Terabaikan

Kebersihan yang terabaikan dapat membuat hidup menjadi sangat sulit. Orang dengan kebersihan yang terabaikan mungkin merupakan salah satu gejala gangguan kepribadian.

8. Gangguan Kognitif (terutama amnesia)

Gangguan kognitif, khususnya amnesia, dapat menjadi salah satu ciri gejala dari beberapa jenis Gangguan Kepribadian. Amnesia adalah hilangnya memori yang dapat bersifat sementara atau permanen. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk trauma, stres, dan penyakit mental.

9. Gangguan Penyalahgunaan Zat

Orang dengan gangguan penyalahgunaan zat mungkin kehilangan kendali atas penggunaan zat mereka, dan mereka mungkin terus menggunakannya meskipun zat tersebut menyebabkan masalah dalam hidup mereka.

10. Melukai Diri

Melukai diri, atau self-harm, adalah tindakan menyakiti diri sendiri dengan sengaja.
Melukai diri bukan merupakan upaya mengakhiri hidup, tetapi merupakan cara untuk mengatasi rasa sakit emosional yang intens.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat23 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Infused Water Jeruk untuk Mengobati Kolesterol, Langkahnya Simpel!

Jeruk mengandung vitamin C, antioksidan, dan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Jeruk untuk Mengobati Kolesterol (Sumber : Pexels/ToniCuenca)
Science23 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Mei 2024, Sukabumi Pagi Berawan dan Hujan Siang Hari

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024. (Sumber : Freepik/wirestock)
Sukabumi22 Mei 2024, 22:29 WIB

Mantan Ketua RT di Surade Sukabumi Tewas Saat Mengembala Kambing

Tergeletak di tengah pematang sawah, mantan ketua RT di Surade Sukabumi ditemukan tewas saat mengembala kambing.
Warga dan petugas kepolisian saat akan mengevakuasi jasad mantan ketua RT di Surade Sukabumi yang ditemukan tewas di pematang sawah saat menggembala kambing. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi22 Mei 2024, 21:31 WIB

Rawan Kecelakaan, Warga Keluhkan PJU Mati di Jalan Sukawayana Sukabumi

Padamnya sejumlah PJU di jalan Sukawayana Cikakak Sukabumi atau jalan utama Palabuhanratu-Cisolok dikeluhkan warga.
Ruas jalan nasional Palabuhanratu-Cisolok di Sukawayana, Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi gelap gulita akibat matinya lampu PJU. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel22 Mei 2024, 21:00 WIB

6 Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat

Yuk Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. Hindari!
Ilustrasi - Penderita asam urat. Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi22 Mei 2024, 20:36 WIB

Ojol Diteriaki Culik di Sukaraja Sukabumi, Polisi Sebut Hanya Keliling dengan Anak-anak

Melihat warga lain kurang kondusif, Dendra berinisiatif melapor ke polisi.
MRA (25 tahun) saat akan diamankan oleh polisi. MRA adalah driver ojol yang diteriaki penculik di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi22 Mei 2024, 20:10 WIB

Diduga Korban Tabrak Lari, Pemotor Ditemukan Terkapar di Selokan Cisaat Sukabumi

Saat ini kasus dugaan tabrak lari ini ditangani oleh pihak kepolisian. Pemotor yang ditemukan terkapar di selokan Cisaat Sukabumi sudah diketahui identitasnya.
Tempat kejadian perkara di Jalan Nasional III, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life22 Mei 2024, 20:00 WIB

9 Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah

Mengonsumsi makanan besar atau tinggi karbohidrat dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan. Aktivitas yang tergolong berat ini bisa diikuti oleh penurunan gula darah mendadak yang mengganggu tidur.
Ilustrasi. Makan Terlalu Banyak. Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/n-voitkevich)
Sukabumi22 Mei 2024, 19:51 WIB

116 Siswa Bersaing, Disdik Kabupaten Sukabumi Gelar Seleksi Hafiz Tingkat SMP

Kegiatan ini bertujuan melahirkan generasi yang mencintai Alquran.
Kegiatan seleksi dan evaluasi hafiz tingkat SMP se-Kabupaten Sukabumi di SMPN 1 Cikembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/5/2024). | Foto: Istimewa
Cek Fakta22 Mei 2024, 19:32 WIB

CekFakta.com Deteksi Dis/Misinformasi, Google Beri Dukungan Guna Berantas Hoaks!

Kerjasama dengan CekFakta.com merupakan salah satu langkah penting GNI dalam memerangi misinformasi dan meningkatkan kualitas ekosistem berita di Indonesia.
Ilustrasi. Penyebaran Berita Melalui Koran. CekFakta.com Deteksi Disinformasi, Google Beri Dukungan Penuh Guna Berantas Hoaks. Foto: Pexels/Pixabay