Sukabumi Marak Pencurian, Ini Tanda Rumah Diincar Maling dan Cara Mencegahnya

Senin 28 November 2022, 18:24 WIB
Ilustrasi maling alias pencuri. | Foto: Freepik

Ilustrasi maling alias pencuri. | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Di tengah kabar gempa bumi yang belum mereda, Sukabumi juga diterpa maraknya kabar pencurian mulai dari maling bobol rumah, motor, uang, pecah kaca mobil dan lainnya.

Mulai awal November 2022, sukabumiupdate.com menerima laporan sedikitnya enam berita kehilangan. Mulai dari yang terbaru yakni pelaku maling motor kos-kosan di Gang Tempe RT 01/03 Citamiang, Kota Sukabumi sekitar pukul 20.00 WIB, Rabu 23 November 2022.

Selanjutnya, pecah kaca mobil di di Kampung Segog RT 02/01 Desa Batununggal, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, sekitar pukul 19.00 WIB, Rabu, 16 November 2022. Kemudian, maling uang tabungan Rp 20 juta dengan modus pendataan bantuan sosial di Kampung Leuwi Goong RT 02/16, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, sekitar pukul 13.00 WIB, Selasa, 15 November 2022.

Pada hari Jumat, 11 November 2022 bahkan ada dua berita kehilangan yakni pencurian rumah kosong dengan kerugian sebesar Rp 15 juta di Perumahan Bukit Citra Asri, Jalan Dadali, Blok C 2 No 12 RT 02/09, Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, sekitar pukul 12.38 WIB.

Serta 200 potong kain dari sebuah mobil di halaman minimarket juga dicuri. Tepatnya di Jalan Raya Sukabumi - Parungkuda, Desa Parungkuda RT 04/01, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, sekitar pukul 04.30 WIB, Jumat (11/11/2022).

Terakhir, di awal November lalu aksi pencurian menargetkan minimarket di Kampung Nyangkokot RT 03/12 Desa Perbawati, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, sekitar pukul 06.00 WIB, Rabu, 2 November 2022

Masyarakat Sukabumi harus selalu waspada! Mendeteksi keberadaan tanda-tanda mencurigakan dari pelaku yang sudah mengincar rumah atau barang berharga.

Baca Juga: Rumah Kosong Jadi Sasaran Maling di Cicurug Sukabumi, Pelaku Gondol Perhiasan

Lantas, Bagaimana Cara Mengetahui Rumah yang Diincar si Pencuri?
Melansir dari caldersecurity.co.uk, ada xx tanda rumah yang sudah diincar si pencuri.

1. Kendaraan Tak Dikenal

Pencuri biasanya mengambil barang berharga seperti properti, elektronik hingga uang. Barang-barang tersebut memerlukan alat transportasi untuk dipindahkan sehingga jika ada kendaraan asing tak dikenal parkir dekat rumah, itu bisa menunjukkan sinyal ada seseorang yang sedang mengawasi rumah.

Sebaiknya catat nomor polisi kendaraan tersebut dan informasikan kepada pihak berwenang untuk menangani situasi lebih lanjut.

2. Orang Asing di sekitar Rumah

Orang-orang di sekitar rumah umumnya saling mengenal satu sama lain, minimal pernah berpapasan walau hanya satu kali. Maka dari itu, jika terlihat wajah asing berkeliling di area tempat tinggal sebaiknya ekstra waspada karena orang tersebut kemungkinan besar adalah pencuri.

Pencuri biasanya berjalan sekitar rumah atau hanya berpura-pura lewat sesekali untuk menemukan informasi yang diperlukan. Oleh karena itu, perilaku mencurigakan berulang perlu mendapat perhatian khusus dengan cara mengidentifikasi orang tersebut mulai dari pakaian, wajah, kendaraan hingga cara berjalan.

3. Memotret Rumah dan Area Sekitarnya

Percayalah, orang asing yang memotret tiba-tiba bukan pertanda baik. Secara logika pun, untuk apa orang tidak berkepentingan mengambil foto tanpa izin sang empunya rumah?

Ya, bisa jadi memotret adalah salah satu cara mengumpulkan informasi saat rumah menjadi lokasi sasaran pencurian. Sinyal Pencurian! Waspada ketika ada orang asing yang memotret rumah dan area sekitarnya dari kejauhan.

4. Simbol dan Gambar Aneh di Sekitar Rumah

Rumah yang diincar pencuri tak hanya butuh informasi berupa foto, melainkan perlu tanda khusus agar mudah dikenali. Waspada ketika ada tanda dan simbol aneh dan tidak dapat dipecahkan maknanya.

Cambridgeshire Live mengungkap ada sebuah kode rahasia yang digunakan pencuri sebelum pembobolan untuk menandai target rumah potensial .Langkah paling tepat adalah dengan mengabadikan tanda aneh tersebut dengan kamera kemudian laporkan kepada pihak berwajib agar diselidiki lebih lanjut.

5. Berakting dalam Kondisi Darurat untuk Mengelabui Penghuni Rumah

Modus pencurian kini mulai beragam, salah satunya akting sedang dalam kondisi darurat.
Misalnya para pencuri memalsukan keadaan darurat seperti berakting sedang butuh uang, kendaraan mogok hingga reka drama kecelakaan hanya untuk datang dan melihat seisi rumah.

Hal itu perlu diwaspadai sehingga jika memang tidak benar-benar dekat disarankan untuk tidak sembarang mengundang orang masuk ke dalam rumah. Perilaku sopan saat ada tamu tetap bisa dilakukan misalnya dengan hanya mengobrol duduk di halaman depan atau ditemani saksi saat berbincang.

Bagaimana Mencegah Rumah dari Modus Pencurian?

1. Amankan Titik Masuk Rumah

Pencuri pertama kali memeriksa rumah melalui pintu dan jendela.Bahkan tak hanya pintu depan dan jendela utama, semua pintu samping, pintu garasi, pintu gudang hingga jendela terkecil pun harus selalu dikunci yang tidak mudah dibobol.

Sebaiknya gunakan kunci dengan gembok atau dengan kode yang hanya diketahui oleh penghuni rumah, sehingga maling akan sulit masuk dan pencurian gagal dilakukan.

2. Barang Berharga Jauhkan dari Pandangan

Kekayaan tentu menarik perhatian bagi para maling alias si pencuri. Barang berharga yang ‘terlihat’ mewah oleh si maling bisa menjadi resiko besar pencurian terjadi.

Semakin banyak kekayaan dan barang berharga yang terlihat, semakin besar risiko pencurian terjadi. Oleh karena itu, segala sesuatu yang berharga simpan dan kunci di tempat yang aman.

3. Informasi Personal tidak Dibagikan sembarangan

Informasi data diri termasuk aset yang paling berharga.Tentunya aset harus dijaga dan tidak boleh jatuh ke tangan yang salah.

Baca Juga: Komplotan Maling Gondol 200 Potong Kain di Parungkuda Sukabumi

Oleh karena itu, hati-hati saat membagikan informasi seputar data diri, baik di media sosial maupun kehidupan sehari-hari. Salah satu informasi diri penting yang terkadang diabaikan adala informasi alamat yang tertera saat memesan barang secara online.

Pastikan data diri pemesanan barang online dihanguskan atau digunting terlebih dahulu sebelum dibuang. Hal tersebut guna memastikan informasi pribadi tidak tersebar dengan mudah.

4. Pasang Alarm Pencuri atau CCTV

Sumber yang sama menyebut, sebanyak 63% perampokan terjadi di rumah tanpa sistem keamanan dasar.Cara kerja alarm pencuri yakni menggunakan rangkaian sensor yang berbunyi segera ketika aktivitas tidak biasa terdeteksi.

Alarm juga bisa dilengkapi dengan perangkat notifikasi seperti bel, sirene, dan lampu indikator yang menyala saat berbunyi. Selanjutnya, pemantauan CCTV termasuk strategi pencegah perampokan paling efektif.

Sebanyak 67% perampokan lokal dapat dicegah jika CCTV terpasang di properti mereka. Buktinya beberapa kasus pencurian terungkap dengan analisis video CCTV.

Sumber : caldersecurity.co.uk

Writer: Nida Salma M

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Updaters Wajib Mengetahui Apa Saja Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat.
Ilustrasi - Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Sebastian Coman Photography)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 19:25 WIB

Gelar Perundingan Kebonpedes, Kader PDIP Minta Yudi Suryadikrama Maju Pilkada Sukabumi

Sejumlah kader PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi menggelar pertemuan dalam rangka menyikapi pemilihan bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.
Kader PDI Perjuangan menggelar Perundingan Kebonpedes, Jumat (19/4/2024) | Foto : Syams
Sukabumi19 April 2024, 19:15 WIB

SDN Sundawenang Sukabumi Dibobol Maling, Pelaku Gondol Proyektor dan Gitar

Berikut kronologi kejadian SDN Sundawenang Parungkuda Sukabumi dibobol maling. Pelaku sempat kepergok dan dikejar penjaga sekolah.
SDN Sundawenang Parungkuda dibobol maling, Jumat (19/4/2024). (Sumber : Istimewa)
Life19 April 2024, 19:00 WIB

Ajak Bicara dengan Perasaan, 9 Cara Mengatasi Anak Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Mengatasi stres yang disebabkan oleh seringnya anak dimarahi oleh orang tua memerlukan pendekatan yang sensitif dan mendukung.
Ilustrasi. Mengatasi stres yang disebabkan oleh seringnya anak dimarahi oleh orang tua memerlukan pendekatan yang sensitif dan mendukung. (Sumber : pixabay.com/@AnnieSpratt)
Sukabumi19 April 2024, 18:20 WIB

Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi, Sosok Kayla di Mata Keluarga

Kayla Nur Syifa siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka dimakamkan di TPU Cimuhara Gunungguruh Sukabumi.
Jenazah Kayla Nur Syifa Siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi dimakamkan. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life19 April 2024, 18:00 WIB

Sedang Alami Luka Batin? Amalkan Doa Kesehatan Mental ini Dari Rasulullah SAW

Doa kesehatan mental ini untuk memohon rahmat dan pertolongan Allah SWT dalam setiap masalah hidup.
Doa kesehatan mental ini untuk memohon rahmat dan pertolongan Allah SWT dalam setiap masalah hidup. | Foto : Pixabay
Jawa Barat19 April 2024, 17:34 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

PLN berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor mengoperasikan SPKLU khusus ALIBO.
Tampilan Angkot Listrik Bogor (ALIBO) dan SPKLU PLN yang terletak di Kantor PLN UP3 Bogor. (Sumber : Istimewa)
Musik19 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral di Media Sosial, khususnya platform musik.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)
Sukabumi19 April 2024, 16:15 WIB

Pingsan dan Kejang Setelah Tes Lari, Siswi Sukabumi Meninggal saat Seleksi Paskibraka

Kayla meninggal setelah mengikuti tahapan tes lari bersama peserta lain.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Inspirasi19 April 2024, 16:13 WIB

6 Tanda Orang Tua yang Belum Dewasa dalam Mendidik Anak, Nomor 5 Sering Diabaikan

Orang tua yang tidak dewasa dalam mendidik anak akan terlihat pada pola asuhnya yang terlihat kurang bijaksana
Tanda-tanda orang tua yang belum dewasa dalam mendidik anak | Foto : Pexels/Gustavo Fring