Kebaya Menyusul? Inilah 12 Warisan Budaya Tak Benda Indonesia yang Diakui UNESCO

Jumat 28 Oktober 2022, 14:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kebaya didorong untuk menjadi warisan budaya tak benda (WBTB) UNESCO agar terus lestari dan tidak diklaim oleh pihak lain. Bahkan para komunitas pecinta kebaya mengusung kampanye Kebaya Goes To UNESCO agar kebaya segera diakui sebagai warisan budaya tak benda. 

Dilansir dari Tempo.co, Indonesia sebelumnya telah memiliki warisan budaya tak benda yang sudah diakui oleh UNESCO.

Terhitung sejak 2008-2021, setidaknya terdapat 12 warisan budaya tak benda Indonesia yang telah diakui UNESCO. Menurut laman ich.unesco.org, berikut adalah daftar 12 warisan budaya tak benda Indonesia dari berbagai daerah.

1. Kesenian Wayang (2008)

Wayang diakuI sebagai Warisan Budaya Tak Benda pada 2003 lalu oleh UNESCO. Wayang adalah kesenian yang berasal dari Jawa dengan dua macam jenis, yaitu wayang kulit dan golek. Pertunjukkan wayang dimainkan oleh seorang dalang dengan iringan nyanyian dari sinden serta alunan musik dari gamelan.

2. Keris (2008)

Keris ditetapkan sebagai daftar Warisan Budaya Tak Benda sejak 2008 oleh UNESCO kategori daftar perwakilan. Keris adalah senjata tradisional yang berasal dari Jawa. Selain dipakai dalam upacara khusus, keris juga merupakan bagian busana adat yang diwariskan turun temurun.

3. Batik (2009)

Dikutip kemdikbud.go.id, kain tradisional  ini sudah ditetapkan sebagai sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi sejak 2009. Ciri khas dari kain batik adalah motif-motifnya yang memiliki makna tersendiri sehingga dianggap sangat sakral.

4. Pendidikan dan Pelatihan Batik (2009)

UNESCO menetapkan Pendidikan dan Pelatihan Batik di Pekalongan sebagai Warisan Budaya Tak Benda pada 2009. Pengelola Museum Batik Pekalongan memprakarsai pembentukan program pendidikan dan pelatihan batik pada 2005 bekerja sama dengan dinas pendidikan setempat.

5. Angklung (2010)

Angklung adalah salah satu alat musik khas Jawa Barat yang terbuat dari bambu. Uniknya, angklung dimainkan dengan cara digoyangkan untuk mendapat nada indah. Alat musik ini diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Tak Benda sejak 2010.

6. Tari Saman (2011)

Tari Saman adalah tari yang berasal dari Gayo, Aceh. Tari tradisional ini sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO sejak 2011. Tari Saman mempunyai ciri khas berupa tari yang diperagakan secara berkelompok dengan gerakan selang-seling.

7. Noken (2012)

Noken adalah tas rajut tradisional asal Papua yang ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO pada 2012 kategori perlindungan mendesak. Hal ini disebabkan produksi noken yang semakin berkurang akibat persaingan dengan tas buatan pabrik dan kesulitan mendapat bahan baku.

8. Tiga genre tari tradisional Bali (2015)

Tiga genre tari Bali yang terdiri atas keramat, semi-keramat, dan hiburan telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda sejak 2015. Bagi masyarakat Bali, tarian ialah  bagian tak bisa dipisahkan. Selain sebagai ikon wisata, tari Bali juga ditampilkan dalam ritual-ritual penting di Bali.

9. Kapal Pinisi (2017)

Kapal Pinisi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO sejak 2017 lalu untuk kategori daftar perwakilan. Kapal Pinisi merupakan perahu layar yang berasal dari tradisi maritim masyarakat Bugis. Kapal ini juga digunakan untuk berkeliling dunia oleh para taruna Angkatan Laut.

10. Pencak Silat (2019)

Dilansir simkatmawa.kemdikbud.go.id, pencak silat yakni suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia dengan berbagai aliran. Pencak silat resmi sebagai daftar Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO pada 2019 lalu.

11. Pantun (2020)

Pantun ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada 17 Desember 2020. Pantun adalah salah satu jenis puisi yang terdiri atas empat baris dengan bersajak a-b-a-b, dengan tiap baris terdiri atas 8-12 suku kata.

12. Gamelan (2021)

Gamelan menjadi alat musik tradisional yang dinobatkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada 2014. Dilansir eprints.uny.ac.id, gamelan adalah seperangkat ansambel tradisional Jawa dengan tangga nada pentatonik. Gamelan terdiri atas alat-alat musik seperti baron, gambang, gendang, dan gong.

#SHOWRELATEBERITA

Sumber: Tempo.co/Naomy A. Nugraheni

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer
Keuangan26 April 2024, 20:00 WIB

Sumber Pendapatan Pasif, 6 Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan

Beberapa jenis investasi, seperti saham dividen, obligasi, atau properti sewa, dapat menghasilkan pendapatan pasif secara teratur. Pendapatan dari investasi ini dapat membantu meningkatkan arus kas dan memberikan stabilitas finansial tambahan.
Ilustrasi. Perhitungan Ekonomi. Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Life26 April 2024, 19:53 WIB

Terapkan Konsekuensi, Ini 7 Cara Memperbaiki Perilaku Tidak Baik Pada Anak

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya kadang membuat mereka tertekan. Maka dari itu, lakukan tips berikut untuk membuat anak memperbaiki perilakunya.
Ilustrasi cara memperbaiki perilaku tidak baik anak / Sumber Foto : Freepik/jcomp