Hutan dan Lahan Rusak, Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi Tanam 20 Ribu Bibit Pohon

Senin 11 November 2019, 12:13 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Peduli lingkungan hijau, Komandan Distrik Militer (Kodim) 0622/ Kabupaten Sukabumi tanam 20 ribu bibit pohon berbagai jenis, di lahan milik perhutani dan masyarakat di kampung Cikadaka, Desa Sukamaju, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi.  

BACA JUGA: Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Diganti

Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, Letkol Arm Suyikno mengatakan, kegiatan ini merupakan pembinaan teritorial terpadu tahun 2019 dengan memberdayakan wilayah pertahanan, guna memantapkan ruang, alat kondisi juang yang tangguh. Salah satunya dengan penanaman pohon yang difungsikan sebagai upaya penampung cadangan air.

"Kita menyadari bahwa hutan berperan sebagai penyangga kehidupan, sekaligus menyediakan hasil hutan bukan kayu, kebutuhan pangan, ketersediaan air, sumber energi dan jasa lingkungan lainnya. Termasuk penghasil oksigen, rekreasi dan konservasi keanekaragaman hayati, makanya kita beserta jajaran dan unsur pemeritah daerah lakukan penanaman pohon ini," ujarnya.

Menurut Suyikno, tidak di pungkiri saat ini keberadaan hutan khususnya di Kabupaten Sukabumi kurang terkendali. Semua dihadapkan pada kenyataan bahwa lingkungan hidup telah rusak, ditambah musim kemarau yang masih terjadi membuat lahan disekitar banyak terlihat gersang dan banyak hutan rusak. Hal itu sambung dia dikhawatirkan pada saat musim hujan nanti akan mengalami bencana banjir.

BACA JUGA: Pesan Dandim Kota dan Kabupaten Sukabumi pada HUT TNI ke-74

"Seperti kita tahu di kota lain bencana banjir bandang dan longsor telah banyak merenggut korban jiwa, oleh karena itu kita harus segera merehabilitasi kawasan hutan serta lahan yang rusak. Kemudian mengkonservasi hutan yang masih baik serta penebangan liar harus dihentikan," imbuhnya.

Sambung Suyikno sumberdaya hutan merupakan bagian tidak terpisahkan dari pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, dan pembangunan budaya bangsa Indonesia. Ia berharap, melalui penanaman pohon itu seluruh komponen masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif dalam mewujudkan hutan dan lingkungan alam yang baik serta lestari.

"Semoga penanaman pohon ini mampu memberikan motivasi dan pemahaman terhadap kelestarian hutan dan lingkungannya, sehingga bermanfaat bagi kita semua dan di masa yang akan datang," tandasnya. 

Adapun bibit pohon yang ditanam, diantaranya pohon Sirsak, Sengon, Ketapang, Mahoni, Pucuk Merah, Suren dan Trambesi. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 10:30 WIB

10 Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur!

Yuk Praktekkan Sederet Cara Hidup Tenang Ini Meskipun Kamu Sedang Menghadapi Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur Ya!
Ilustrasi. Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan. (Sumber : Pexels/thnhphng)
Life03 Mei 2024, 10:20 WIB

Bantu Kelola Kecemasan, Ini 4 Manfaat Mendisiplinkan Anak yang Patut Diketahui

Bagaimana disiplin mengajarkan anak-anak untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab, berikut manfaat mendisiplinkan anak.
Ilustrasi manfaat mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Pixabay
Life03 Mei 2024, 10:03 WIB

Jangan Diterapkan, 3 Alasan Orang Tua Mendisiplinkan Anak dengan Memukul

Memukul adalah salah satu bentuk disiplin paling kontroversial yang dapat diterapkan oleh orang tua karena beberapa alasan.
Ilustrasi mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Romina Ordenez
Life03 Mei 2024, 10:00 WIB

Tanpa Disadari, 9 Sikap Mandiri Ini Bisa Mmebuatmu Hidup Bahagia dan Dihormati Orang Lain

Ada beberapa sikap mandiri yang membuat seseorang lebih hidup bahagia dan dihormati orang lain.
Ilustrasi - Ada beberapa sikap mandiri yang membuat seseorang lebih hidup bahagia dan dihormati orang lain. (Sumber : pexels.com/@Elliot Ogbeiwi)
Life03 Mei 2024, 09:30 WIB

Simpel Tapi Penting, Ini 7 Etika Ditraktir Orang yang Tidak Boleh Diremehkan

Terkadang seseorang lupa menggunakan etika yang baik saat ditraktir teman. Oleh karenanya penting diperhatikan apa saja yang harus diperhatikan saat ditraktir orang lain.
Ilustrasi. Etika saat ditraktir orang lain. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou
Cek Fakta03 Mei 2024, 09:08 WIB

Hoaks! Pfizer Minta Maaf Setelah Banyak yang Tewas karena Vaksin Covid-19

Pfizer memohon maaf atas satu twit dari pegawainya yang mempromosikan vaksin saat produk itu belum mendapat izin di Inggris.
(Foto Ilustrasi) Beredar informasi hoaks berisi narasi yang mengeklaim Pfizer memohon maaf terkait vaksin Covid-19 yang mereka buat dan edarkan. | Foto: Pixabay
Sehat03 Mei 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Mangga yang Efektif untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat menjadi obat untuk menurunkan kadar gula darah tinggi.
Ilustrasi - Daun mangga dapat menjadi obat untuk menurunkan kadar gula darah tinggi. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi03 Mei 2024, 08:51 WIB

Ditinggal Nonton Timnas vs Irak, Gudang dan Rumah Kebakaran di Purabaya Sukabumi

Adi meninggalkan lokasi pembakaran untuk menonton timnas Indonesia U-23.
Kebakaran gudang dan rumah di Kampung Cigembong RT 34/03 Desa Purabaya, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Kamis malam, 2 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Life03 Mei 2024, 08:30 WIB

6 Sikap Orang Tua yang Cepat atau Lambat Akan Merusak Mental Anak

Menjadi orang tua memang berat dan tidak mudah, terlebih dalam mendidik anak. Karena sekali salah sikap kepada anak, pengaruhnya bisa merusak mental.
Ilustrasi. Sikap orang tua yang merusak mental anak. Sumber foto : Pexels/Jonathan Borba
Bola03 Mei 2024, 08:21 WIB

Kalah dari Irak, Begini Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Irak menyamakan kedudukan melalui tandukan Zahid Taahsen pada menit ke-27.
Pemain timnas Indonesia U-23 saat bertemu Irak pada laga perebutan tempat ketiga terbaik Piala Asia U-23 2024 di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Kamis, 2 Mei 2024. | Foto: PSSI