TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Rp 731 Miliar, Pembebasan Lahan Tol Bocimi Seksi 3 Cibadak-Cibolang Sukabumi Rampung

Pembebasan lahan Tol Bocimi Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat (Cibolang) sepanjang 13,7 kilometer sudah rampung dengan biaya mencapai Rp 731 miliar.

Penulis
Rabu 30 Nov 2022, 18:33 WIB

Foto udara pembangunan Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak. | Foto: BPJT Kementerian PUPR

SUKABUMIUPDATE.com - Ruas Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi alias Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer akan segera diuji coba pada Desember 2022. Kabar baru juga datang dari pembebasan lahan Tol Bocimi Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat yang dinyatakan sudah rampung.

Pembebasan lahan Tol Bocimi Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat (Cibolang) sepanjang 13,7 kilometer sudah rampung dengan biaya mencapai Rp 731 miliar. Ini disampaikan Kepala Seksi Penataan Hak Pertanahan dan Pendaftaran Tanah BPN Kabupaten Sukabumi, Jumalianto, di kantornya, Rabu (30/11/2022).

"Proses pengadaan tanah jalan tol sedang dimaksimalkan sampai Seksi 3 di tahun 2022. Kita berdoa semoga proses pengadaan tanah berjalan lancar karena untuk kesejahteraan warga sukabumi. Kalau pembayaran (pembebasan lahan) tol sudah sampai Seksi 3, dari Sundawenang (Parungkuda) ke Cibolang (Cisaat) Seksi 3 sudah sampai Al-Masthuriyah pembagian, sudah pembayaran (pembayaran uang ganti rugi atau UGR)," kata Jumalianto.

Baca Juga: Progres Jalan Tol Bocimi Seksi II Malah Mundur, Cek Data Lengkapnya

Menurut Jumalianto, pintu keluar tol Seksi 3 nantinya berada di ujung Jalan Lingkar Selatan Cibolang percisnya dekat Masjid Raya Raudhatul Irfan.  "Selama ini pengadaan tanah warga Sukabumi baik-baik saja, sangat mendukung pembangunan, tidak ada masalah, tidak demo. Bahkan mereka minta cepat segera dibayar. Itu yang membuat salah satu kebanggaan warga Sukabumi," ujar dia.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Jumalianto, Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak akan diuji coba pada Desember 2022 dengan interchange atau pintu keluar tol di wilayah Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. Namun, Jumalianto belum mengetahui pasti tanggal uji coba ini.

Baca Juga: Rp 731 Miliar, Biaya Pembebasan Lahan Tol Bocimi Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat

"Kalau untuk Seksi 2 Sundawenang (interchange), informasi terakhir (interchange) Cibadak akan diusahakan. Sementara bulan 12 (Desember) ini dicoba dulu dibuka, informasi yang saya terima. Tanggalnya belum pasti," katanya.

Setelah pembebasan lahan Tol Bocimi Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat rampung, Jumalianto mengatakan tahap berikutnya adalah pembebasan lahan Tol Bocimi Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (Sukalarang) sepanjang 13,05 kilometer. Panjang ruas Tol Bocimi Seksi 3 dan Seksi 4 ini hampir sama.

"Setelah selesai Seksi 3 langsung meluncur Seksi 4 sampai Sukalarang. Seksi 4 panjangnya juga hampir sama karena kalau sampai ini (Tol Bocimi) sudah terbuka, Sukabumi akan menjadi kota besar yang sangat bermanfaat untuk umat manusia," kata Jumalianto.


Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x