Tunggu Kajian Pusat, Anggota DPRD Jabar Ini Beberkan 7 Parameter DOB Sukabumi Utara

Kamis 10 Desember 2020, 11:29 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan DPRD Jawa Barat sudah menyepakati dan mengajukan usulan calon daerah persiapan otonomi baru (CDPOB) ke pemerintah pusat. Tiga calon DOB itu antara lain, Bogor Barat, Sukabumi Utara, dan Garut Selatan. 

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan usulan CDPOB oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wakil Ketua DPRD Jabar Achmad Ruhiyat dalam Rapat Paripurna DPRD Jabar yang digelar di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, pada Jumat pekan lalu, 4 Desember 2020.

Salah satu anggota DPRD Jabar, Lina Ruslinawati yang ikut dalam paripurna tersebut sempat bertemu dan berbincang dengan presidium pemerikaran Kabupaten Sukabumi Utara. Kepada sukabumiupdate, Lina kemudian menjelaskan posisi DOB ketiga wilayah di Jawa Barat saat ini. 

“Jadi posisinya usulan. Jika usulan tersebut dinilai layak dan disetujui oleh pemerintah pusat, maka akan ada 50 kecamatan yang bergabung dengan tiga CDOB tersebut” jelas Lina. 

BACA JUGA: Emil Teken CDOB di Jabar, Cibadak jadi Pusat Pemerintahan Sukabumi Utara

Di Sukabumi Utara, akan ada 21 kecamatan yang bakal bergabung, yakni Kecamatan Cibadak, Kabandungan, Caringin, Kalapanunggal, Kadudampit, Parakansalak, Sukalarang, Bojonggenteng, Sukabumi, Cidahu, Gunungguruh, Cicurug, Cisaat, Parungkuda, Kebonpedes, Ciambar, Cireunghas, Nagrak, Gegerbitung, Sukaraja, dan Cicantayan dengan ibu kota di Kecamatan Cibadak. 

Sementara di Garut Selatan, memiliki 15 kecamatan yang bakal bergabung, yakni Kecamatan Banjarwangi, Bungbulang, Caringin, Cibalong, Cihurip, Cikelet, Cisewu, Cisompet, Mekarmukti, Pakenjeng, Pamulihan, Pameungpeik, Peundeuy, Singajaya, dan Talegong dengan ibu kota di Mekarmukti. 

Lina Ruslinawati dan Presidium Sukabumi Utara usai paripurna DOB baru di DPRD Jabar 

Adapun di Bogor Barat, akan ada 14 kecamatan yang bakal bergabung, yakni Kecamatan Dramaga, Tenjolaya, Ciampea, Cibungbulang, Pamijahan, Leuwiliang, Leuwisadeng, Nanggung, Sukajaya, Cigudeg, Jasinga, Tenjo, Parungpanjang dan Rumpin dengan ibu kota di Cigudeg. 

Menurut Lina, setelah melalui pemenuhan persyaratan kewilayahan dasar dan administrasi dan diusulan ke pemerintah pusat dalam hal ini, presiden dan DPR RI. “Tahapan selanjutnya, menunggu persetujuan pemerintah pusat yang akan melaukan kajian terhadap tujuh parameter daerah otonomi baru (DOB). 

BACA JUGA: Bertemu Presidium Pemekaran Kabupaten Sukabumi Utara, Lina: Harus Jadi Prioritas

Ketujuh parameter DOB tersebut, kata Kang wakil rakyat asal daerah pemilihan Sukabumi kota dan kabupaten ini adalah; geografis, demografis, keamanan, sosial politik, adat tradisi, sosioekonomi, keuangan daerah, dan kemampuam menyelenggarakan pemerintahan. 

"Kita berharap semua parameter ini bisa dipenuhi oleh ketiga CDPOB ini, khususnya Sukabumi Utara.Sehingga tujuanya untuk peningkatan efektivitas akan terwujud. Percepatan pembangunan masyarakat akan disegerakan, termasuk peningkatan kualitas publik yang cepat dan dekat kepada masyarakat,” pungkasnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi22 April 2024, 13:43 WIB

Percepatan Pembangunan, Sekda Kota Sukabumi dalam Sosialisasi Penyaluran TKD 2024

Sosialisasi penyaluran TKD baru dapat dilaksanakan pada April ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Sosialisasi Penyaluran TKD Tahun 2024 di Kantor KPPN Sukabumi, Senin (22/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life22 April 2024, 13:30 WIB

6 Dampak Negatif Terlalu Dekat dengan Teman Kerja, Banyak Drama dan Gosip!

Dampak negatif dekat dengan teman kerja ini bisa mengganggu produktivitas dan mengaburkan garis antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.
Ilustrasi. Dampak Negatif Terlalu Dekat dengan Teman Kerja, Banyak Drama dan Gosip! (Sumber : pexels/tirachardkumtanom)
Sukabumi22 April 2024, 13:24 WIB

Selama Lebaran 2024 BPBD Kota Sukabumi Tangani Sejumlah Bencana

Sejumlah kejadian bencana di Kota Sukabumi terjadi sejak H-7 lebaran.
Petugas BPBD Kota Sukabumi saat menangani bencana. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Sehat22 April 2024, 13:15 WIB

6 Faktor Penyebab Gigi Kuning, Ini yang Wajib Diketahui!

Senyum adalah salah satu aset terbesar dalam penampilan seseorang. Namun, apa yang terjadi ketika senyum yang indah itu terhalang oleh perubahan warna pada gigi?
llustrasi. Menyikat gigi yang kuning. Sumber : pixabay/lookiesjenn
Sehat22 April 2024, 13:00 WIB

Diet Rendah Kolesterol: 13 Makanan dengan Nutrisi Terbaik, Tinggi Serat dan Lemak Tak Jenuh

Pola makan dapat berperan besar dalam menurunkan kadar kolesterol. Pilihlah makanan yang tinggi serat dan lemak tak jenuh.
Ilustrasi - Pola makan dapat berperan besar dalam menurunkan kadar kolesterol. Pilihlah makanan yang tinggi serat dan lemak tak jenuh. (Sumber : pexels.com/@Marvin Bayer).
Info22 April 2024, 12:15 WIB

Telah Hilang STNK Mobil F 7543 SD

Telah Hilang STNK Mobil Mitsubishi
Ilustrasi. Telah Hilang STNK Mobil Mitsubishi tahun 2010 warna kuning metalik kombinasi dengan Nomor Polisi F 7543 SD (Sumber : istimewa)
Bola22 April 2024, 12:00 WIB

Indonesia Cetak Sejarah! Tim Debutan yang Berhasil Lolos ke-8 Besar Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak 8 besar Piala Asia 2024.
Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak 8 besar Piala Asia 2024. (Sumber : pssi.org)
Gadget22 April 2024, 11:45 WIB

6 Cara Efektif Atasi Radiasi Gadget, Bisa Bikin Mata Plong!

Hindari tidur dengan gadget masih menyala atau berada di dekat tempat tidur Anda, karena cahaya biru yang dipancarkan oleh layar gadget dapat mengganggu kualitas tidur Anda.
Ilustrasi. Anak kecil bermain gadget. Sumber : pixabay/haniffer11
Sehat22 April 2024, 11:30 WIB

6 Dampak Buruk Jarang Minum Air Putih untuk Kesehatan

penting untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari untuk mendukung fungsi tubuh yang optimal dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Air putih. Sumber : pixabay/doneloo12
KATA WARGANET22 April 2024, 11:24 WIB

Seleksi Jabatan di Kota Sukabumi dan Mundurnya Dirut RSUD R Syamsudin SH

Pejabat Walikota Sukabumi harus segera mencari sosok pengganti Donny Sulivan yang secara mendadak mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur Rumah Sakit Syamsudin SH.
Bangunan depan RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi (Sumber: akun medsos)