Sewa Ruko BUMD, Komisi III DPRD Jabar Dorong KPU Sukabumi Tempati Eks Kantor Samsat

Rabu 29 Januari 2020, 09:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat melakukan Kunjungan Kerja dan peninjauan salah satu aset yang dikelola oleh PT Jaswita Kabupaten dan Kota Sukabumi. Peninjauan dilakukan selama dua hari, Senin-Selasa (27-28/1/2020). Hadir dalam rombongan semua unsur pimpinan Komisi III, mulai dari Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris Komisi.

"Agenda Kunker Komisi III ke Kabupaten dan Kota Sukabumi ini merupakan rangkaian dari implementasi Rancangan Kerja (Ranja) komisional yang sudah dirumuskan sejak pekan kedua bulan Januari yang lalu," Sekretaris Komisi III, Hasim Adnan melalui keterangan tertulis yang diterima sukabumiupdate.com, Rabu (29/1/2020).

BACA JUGA: Komisi III DPRD Jabar Evaluasi Kinerja BJB Kota Sukabumi, Hasim Adnan: Harus Progresif

Politisi PKB itu membeberkan, hasil rapat kerja dengan beberapa Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi Jawa Barat, diketahui bahwa ada beberapa aset yang tersebar di Jawa Barat, yang pengelolaannya dimandatkan ke beberapa BUMD.

"Hasil evaluasi kami di Komisi III, dari sekian banyak aset Pemprov Jabar yang dikelola BUMD, ternyata masih belum bisa memberikan deviden atau keuntungan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemprov Jabar. Nah, ternyata untuk aset Pemprov yang ada di Kabupaten Sukabumi, khususnya bangunan ruko yang di Cibadak ini, sangat potensial dapat memberi deviden," ujarnya.

Kunjungan kerja Komisi III dalam agenda peninjauan aset PT Jaswita di Kota dan Kabupaten Sukabumi, Senin-Selasa (27-28/1/2020). | Sumber Foto: Istimewa

Dikatakan potensial, lanjut Hasim, karena deretan ruko tersebut berada di kawasan strategis, mengingat jalur yang melewatinya merupakan jalan nasional. Sayangnya, meski lokasinya strategis, tapi dari 25 ruko yang ada, masih ada 5 ruko yang belum pernah disewa sejak mulai dipasarkan. 

BACA JUGA: Sikapi Dampak Bencana di Sukabumi, Hasim Adnan Ingin Perketat Aturan Alih Fungsi Lahan

Hasim menganalisa, salah satu faktor yang membuat ruko tersebut belum tersewakan tersebut, adalah karena keberadaan kantor KPU Kabupaten Sukabumi yang juga menyewa 4 ruko di dalam area ruko-ruko yang ada. Lokasinya di Jalan Raya Siliwangi, Cibadak.

"Orang mungkin akan berpikir ulang untuk menyewa ruko di area ini, karena khawatir terjadi hal-hal yang berpotensi merugikan bila menyewa ruko di sini," papar Hasim.

BACA JUGA: Soroti Pemekaran Sukabumi, Hasim Adnan Beberkan Solusi Moratorium

Berpijak dari kondisi di atas, Hasim mendorong agar KPU Kabupaten Sukabumi tidak lagi berkantor di area ruko ini. Dan ternyata, Hasim mendapati pihak KPU Kabupaten Sukabumi sejak tahun 2017 lalu sudah mengajukan permohonan kepada Gubernur Jawa Barat untuk berpindah kantor, menempati bekas kantor Samsat di kawasan Sekarwangi.

"Tadi saya sebelum rapat bersama Direktur Operasional PT Jaswita, sempat ngobrol dengan jajaran Komisioner KPU Kabupaten Sukabumi, yang secara kebetulan sedang ada rapat koordinasi dengan Komisioner KPU Jawa Barat. Dari obrolan itu, saya dapat informasi terkait permohonan teman-teman untuk menempati kantor bekas P3D atau Samsat di Sekarwangi," beber Hasim.

BACA JUGA: Kunjungi Redaksi Sukabumiupdate.com, Hasim Adnan Bicara Merawat Infrastruktur Jalan

Hasim menilai Kantor KPU Kabupaten saat ini juga sudah tidak cukup representatif. Oleh karena itu dirinya akan berusaha mengawal agar proses permohonan dari KPU Kabupaten Sukabumi tersebut bisa segera dieksekusi oleh Gubernur Jawa Barat. "Terlebih, Kabupaten Sukabumi termasuk kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak pada tahun 2020 ini," tandas Hasim. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich