Siapa Aanya Rina Casmayanti? Calon DPD RI yang Curi Perhatian Warga Sukabumi

Senin 19 Februari 2024, 14:08 WIB
Aanya Rina Casmayanti (Calon DPD RI) peraih suara terbanyak kedua di Kabupaten Sukabumi | Foto :  instagram @aanyarina_c.se_official

Aanya Rina Casmayanti (Calon DPD RI) peraih suara terbanyak kedua di Kabupaten Sukabumi | Foto : instagram @aanyarina_c.se_official

SUKABUMIUPDATE.com - Dari 54 nama, setidaknya ada 2 nama yang berada di posisi teratas dalam pemilihan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah Jawa Barat berdasarkan rekapitulasi sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Selain komedian Alfiansyah Bustami alias Komeng, ada nama Aanya Rina Casmayanti yang memimpin perolehan suara sementara di Kota dan Kabupaten Sukabumi untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Barat. Komeng di nomor urut 40, sedangkan Aanya Rina Casmayanti di nomor urut 2.

Berdasarkan data Kota Sukabumi di situs pemilu2024.kpu.go.id hingga Senin (19/2/2024) pukul 14.00 WIB, Komeng mendapat 12.043 suara (12,56%). Posisi kedua artis Jihan Fahira dengan 6.147 suara (6,41%), berikutnya ada nama Muhammad Yamin dengan suara 3.849 (4,01%), lalu Aanya Rina Casmayanti dengan 2.853 suara (2,98%).

Data di atas merupakan penghitungan 400 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari total 999 TPS di Kota Sukabumi atau baru 40,04 persen. Calon anggota DPD lain berada di peringkat berikutnya dengan perolehan suara yang beragam untuk memperebutkan kursi mewakili Jawa Barat.

Baca Juga: Viral Pernikahan Mojang Sukabumi, Seserahan Mobil Mewah hingga Rumah 1,5 M

Sementara di Kabupaten Sukabumi, hingga Senin (19/2/2024) pukul 14.00 WIB, Komeng memperoleh sebanyak 102.072 suara (13,38%), poisi kedua ada Aanya Rina Casmayanti dengan 68.874 suara (8,5%), dan poisi ke tiga artis Jihan Fahira dengan
35.451 suara (4,65%), lalu Aa Ade Kadarisman dengan 34,909 suara (4,58%) persen). Data tersebut merupakan rekapitulasi dari 66,67 persen data masuk atau setara 5.334 TPS dari total 8.000 TPS di Kabupaten Sukabumi.

Lebih jauh, dua nama dengan perolehan teratas di Kabupaten Sukabumi, yakni Alfiansyah Komeng dan Aanya Rina Casmayanti dalam data sementara terlihat keduanya unggul disetiap kecamatan di Kabupaten Sukabumi. Komeng unggul di 38 kecamatan, sedangkan Aanya Rina Casmayanti unggul di 9 kecamatan (Cidadap, Cikidang, Cimanggu, Jampangtengah, Kabandungan, Kalibunder, Purabaya, Surade, dan Waluran).

Pemungutan suara telah dilakukan pada Rabu, 14 Februari 2024. Kota Sukabumi memiliki 258.028 Daftar Pemilih Tetap (DPT), sedangkan Kabupaten Sukabumi punya 1.997.822 DPT. Data penghitungan akan terus berubah seiring bertambahnya suara yang masuk dari TPS.

Jika Komeng dikenal masyarakat dengan latar profesi sebagai komedian, lantas siapakah Aanya Rina Casmayanti?

Aanya Rina Casmayanti mendadak mencuri perhatian karena menjadi peraih suara terbanyak setelah komedian Alfiansyah Komeng yang akrab disapa Komeng di pemilihan anggota DPD RI daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat.

Dari penelusuran sukabumiupdate.com, sosok Aanya Rina Casmayanti merupakan seorang pengusaha asal Bandung, Jawa Barat. Perempuan bergelar Sarjana Ekonomi ini memiliki riwayat karier yang cukup mentereng.

Baca Juga: Pemkot Serukan Perkuat Ketahanan Keluarga, Rencana Kerja DP2KBP3A di 2024

Dilihat dari laman lezen.id, Aanya merupakan pemilik perusahaan Star Travel yang didirikan pada 2004.

Pada 2014, dia tercatat menjabat sebagai assistant manager operasional di sebuah perusahaan konsultan media bernama SBB Media.

Setelah itu, kariernya berlanjut menjadi seorang trainer di konsultan kecantikan pada 2017. Hingga akhirnya, dia mantap mencalonkan diri sebagai caleg DPD RI Dapil Jawa Barat pada Pemilu 2024.

Terkait pencalonannya itu, Ibu muda ini menyoroti banyaknya tantangan yang dihadapi oleh warga Jawa Barat, seperti kasus stunting, KDRT, lapangan kerja, TPPO, dan masalah lainnya. Aanya menyebut masih banyak permasalahan di Jawa Barat yang belum teratasi, terbukti dari tingginya angka kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), lapangan pekerjaan, dukungan pemerintah terhadap UMKM.

Dalam kampanyenya, Aanya pun menyatakan kesiapannya untuk melayani dan memberikan solusi bagi seluruh rakyat Jawa Barat selama 24 jam.

Dia juga telah mengembangkan inovasi sistem pelayanan digital yang bertujuan untuk melindungi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat secara menyeluruh dan mudah diakses.

Sumber : berbagai sumber

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).
Nasional16 April 2024, 20:14 WIB

Pendeta Gilbert Minta Maaf Usai Singgung Zakat dan Salat Saat Ceramah di Gereja

Viral di media sosial, Khotbah Pendeta Gilbert menyinggung tata cara umat Islam beribadah. Iya menyebut zakat 2,5 persen, dan menirukan adegan salat.
Pendeta Gilbert Lumoindang | Foto : Ist