Siapa Aanya Rina Casmayanti? Calon DPD RI yang Curi Perhatian Warga Sukabumi

Senin 19 Februari 2024, 14:08 WIB
Aanya Rina Casmayanti (Calon DPD RI) peraih suara terbanyak kedua di Kabupaten Sukabumi | Foto :  instagram @aanyarina_c.se_official

Aanya Rina Casmayanti (Calon DPD RI) peraih suara terbanyak kedua di Kabupaten Sukabumi | Foto : instagram @aanyarina_c.se_official

SUKABUMIUPDATE.com - Dari 54 nama, setidaknya ada 2 nama yang berada di posisi teratas dalam pemilihan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah Jawa Barat berdasarkan rekapitulasi sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Selain komedian Alfiansyah Bustami alias Komeng, ada nama Aanya Rina Casmayanti yang memimpin perolehan suara sementara di Kota dan Kabupaten Sukabumi untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Barat. Komeng di nomor urut 40, sedangkan Aanya Rina Casmayanti di nomor urut 2.

Berdasarkan data Kota Sukabumi di situs pemilu2024.kpu.go.id hingga Senin (19/2/2024) pukul 14.00 WIB, Komeng mendapat 12.043 suara (12,56%). Posisi kedua artis Jihan Fahira dengan 6.147 suara (6,41%), berikutnya ada nama Muhammad Yamin dengan suara 3.849 (4,01%), lalu Aanya Rina Casmayanti dengan 2.853 suara (2,98%).

Data di atas merupakan penghitungan 400 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari total 999 TPS di Kota Sukabumi atau baru 40,04 persen. Calon anggota DPD lain berada di peringkat berikutnya dengan perolehan suara yang beragam untuk memperebutkan kursi mewakili Jawa Barat.

Baca Juga: Viral Pernikahan Mojang Sukabumi, Seserahan Mobil Mewah hingga Rumah 1,5 M

Sementara di Kabupaten Sukabumi, hingga Senin (19/2/2024) pukul 14.00 WIB, Komeng memperoleh sebanyak 102.072 suara (13,38%), poisi kedua ada Aanya Rina Casmayanti dengan 68.874 suara (8,5%), dan poisi ke tiga artis Jihan Fahira dengan
35.451 suara (4,65%), lalu Aa Ade Kadarisman dengan 34,909 suara (4,58%) persen). Data tersebut merupakan rekapitulasi dari 66,67 persen data masuk atau setara 5.334 TPS dari total 8.000 TPS di Kabupaten Sukabumi.

Lebih jauh, dua nama dengan perolehan teratas di Kabupaten Sukabumi, yakni Alfiansyah Komeng dan Aanya Rina Casmayanti dalam data sementara terlihat keduanya unggul disetiap kecamatan di Kabupaten Sukabumi. Komeng unggul di 38 kecamatan, sedangkan Aanya Rina Casmayanti unggul di 9 kecamatan (Cidadap, Cikidang, Cimanggu, Jampangtengah, Kabandungan, Kalibunder, Purabaya, Surade, dan Waluran).

Pemungutan suara telah dilakukan pada Rabu, 14 Februari 2024. Kota Sukabumi memiliki 258.028 Daftar Pemilih Tetap (DPT), sedangkan Kabupaten Sukabumi punya 1.997.822 DPT. Data penghitungan akan terus berubah seiring bertambahnya suara yang masuk dari TPS.

Jika Komeng dikenal masyarakat dengan latar profesi sebagai komedian, lantas siapakah Aanya Rina Casmayanti?

Aanya Rina Casmayanti mendadak mencuri perhatian karena menjadi peraih suara terbanyak setelah komedian Alfiansyah Komeng yang akrab disapa Komeng di pemilihan anggota DPD RI daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat.

Dari penelusuran sukabumiupdate.com, sosok Aanya Rina Casmayanti merupakan seorang pengusaha asal Bandung, Jawa Barat. Perempuan bergelar Sarjana Ekonomi ini memiliki riwayat karier yang cukup mentereng.

Baca Juga: Pemkot Serukan Perkuat Ketahanan Keluarga, Rencana Kerja DP2KBP3A di 2024

Dilihat dari laman lezen.id, Aanya merupakan pemilik perusahaan Star Travel yang didirikan pada 2004.

Pada 2014, dia tercatat menjabat sebagai assistant manager operasional di sebuah perusahaan konsultan media bernama SBB Media.

Setelah itu, kariernya berlanjut menjadi seorang trainer di konsultan kecantikan pada 2017. Hingga akhirnya, dia mantap mencalonkan diri sebagai caleg DPD RI Dapil Jawa Barat pada Pemilu 2024.

Terkait pencalonannya itu, Ibu muda ini menyoroti banyaknya tantangan yang dihadapi oleh warga Jawa Barat, seperti kasus stunting, KDRT, lapangan kerja, TPPO, dan masalah lainnya. Aanya menyebut masih banyak permasalahan di Jawa Barat yang belum teratasi, terbukti dari tingginya angka kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), lapangan pekerjaan, dukungan pemerintah terhadap UMKM.

Dalam kampanyenya, Aanya pun menyatakan kesiapannya untuk melayani dan memberikan solusi bagi seluruh rakyat Jawa Barat selama 24 jam.

Dia juga telah mengembangkan inovasi sistem pelayanan digital yang bertujuan untuk melindungi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat secara menyeluruh dan mudah diakses.

Sumber : berbagai sumber

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 Juli 2024, 11:18 WIB

Yuk! Pahami Dampak Bullying di Sekolah dan Cara Mengatasinya

Seperti yang terjadi baru-baru ini kasus bullying atau perundungan yang dialami oleh NCL berusia 10 tahun, seorang pelajar SD di Kota Sukabumi menjadi korban dan mengalami pendarahan obat dan ketergantungan obat.
Ilustrasi. Artikel Dampak Bullying di Sekolah dan Cara Mengatasinya (Sumber: Pinterest)
Sukabumi Memilih27 Juli 2024, 11:03 WIB

Panwaslu Kalibunder Sosialisasikan Netralitas ASN dan Penguatan PKD untuk Pilkada Sukabumi

Antisipasi pelanggaran di Pilkada 2024, Panwaslu Kalibunder Sukabumi gelar sosialisasi pengawasan Netralitas ASN.
Panwaslu Kalibunder Sukabumi gelar sosialisasi pengawasan ASN untuk antisipasi pelanggaran Pikada 2024. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel27 Juli 2024, 11:00 WIB

10 Makanan Sumber Karbohidrat Selain Nasi, Ada Kentang hingga Ubi Jalar

Memvariasikan sumber karbohidrat dalam diet dapat membantu memastikan asupan nutrisi yang seimbang dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Kaya akan pati dan serat, kentang adalah salah satu makanan sumber karbohidrat yang bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan. (Sumber : Pexels/Pixabay)
Sukabumi27 Juli 2024, 10:42 WIB

Heboh Roti Okko Pakai Pengawet Kosmetik, Pemilik Warung di Sukabumi: Sales Gak Datang Lagi

Pemilik Warung di Sukabumi ungkap sejak dua bulan kebelakang tak mendapat suplai Roti Okko setelah dikabarkan mengandung bahan pengawet kosmetik.
Roti Okko. (Sumber Foto : rotiokko.com)
Life27 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Wanita Suka Sama Kita Tapi Dia Cuek, Malu-malu Kucing!

Mengetahui apakah seorang wanita menyukaimu meski terlihat cuek bisa menjadi tantangan. Namun, ada beberapa tanda yang dapat membantumu memahami perasaannya.
Ilustrasi - Mengetahui apakah seorang wanita menyukaimu meski terlihat cuek bisa menjadi tantangan. Namun, ada beberapa tanda yang dapat membantumu memahami perasaannya. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan27 Juli 2024, 09:44 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Rilis Laporan Kinerja Tahun 2023, Ini Dia Prestasinya

Salah satunya, BPJS Ketenagakerjaan berhasil mencatatkan pertumbuhan kepesertaan yang baik selama tahun 2023.
Suasana di kantor pelayanan BPJS Ketenagakerjaan. (Sumber : Dok. BPJS Ketenagakerjaan)
Nasional27 Juli 2024, 09:31 WIB

Hadiri JMS 2024, Pj Gubernur Optimistis Jatim Episentrum Baru Industri Media

Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menghadiri Jatim Media Summit 2024 di Ballroom Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya, Kamis (25/7/2024).
CEO Suara.com Suwarjono dan CEO beritajatim.com Dwi Eko Lokononto memberikan cinderamata ke Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono di Jatim Media Summit (JMS) 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)