8 Titik Terdampak Banjir Bandang di Cianjur, BMKG: Waspada Potensi Hujan

Selasa 02 Mei 2023, 10:26 WIB
Jembatan Pasca Banjir Bandang menerjang Kabupaten Cianjur, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Hujan (Sumber: BPBD) (Sumber : BPBD Cianjur)

Jembatan Pasca Banjir Bandang menerjang Kabupaten Cianjur, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Hujan (Sumber: BPBD) (Sumber : BPBD Cianjur)

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Cianjur kembali mengalami peristiwa bencana alam banjir bandang pada Minggu, 30 April 2023 pukul 22.00 WIB.

Melalui Instagram resminya, BPBD Cianjur menyebutkan ada beberapa titik yang terdampak akibat bencana alam banjir bandang tersebut. Titik ini diperoleh dari laporan lapangan sementara, diantaranya enam titik terdampak di Kecamatan Bojongpicung dan satu titik terdampak di Kecamatan Ciranjang.

Enam titik terdampak di Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur tersebar di dua kampung dan empat desa. Yakni, Kampung Sukamanah, Kampung Benong Desa Sukaratu, Desa Jatisari, Desa Neglasari, Desa Bojongpicung dan Desa Cibarengkok.

Sementara untuk dua titik terdampak lainnya ada di Kampung Cibogo dan Kampung Sukaratu Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Baca Juga: Dipicu Hujan Tinggi di 2 Kecamatan, Banjir Bandang Terjang Kabupaten Cianjur

Tim BPBD saat ini masih menghimpun data di lapangan, melakukan penanganan serta memberikan bantuan logistik pada warga yang terdampak. Sehingga 8 titik terdampak banjir bandang di Cianjur tersebut masih bersifat sementara.

Sebelumnya diberitakan, BPBD Kabupaten Cianjur melaporkan peristiwa banjir bandang ini dipicu intensitas hujan tinggi yang mengguyur dua kecamatan, yakni Kecamatan Bojongpicung dan Kecamatan Ciranjang.

BPBD mencatat ada sebanyak 40 unit rumah dan 40 KK, TPT saluran irigasi dan 1 unit jembatan gantung yang terdampak dari banjir bandang di Cianjur ini.

Dipicu Hujan Tinggi di 2 Kecamatan, Banjir Bandang Terjang Kabupaten Cianjur (Sumber: BPBD)Dipicu Hujan Tinggi di 2 Kecamatan, Banjir Bandang Terjang Kabupaten Cianjur (Sumber: BPBD)

Bersama relawan setempat, BPBD Kabupaten Cianjur saat ini telah melakukan pembersihan di lokasi kejadian. Para warga pun masih bertahan di tempat tinggal masing-masing dan tidak ada pengungsian.

Berdasarkan pantauan visual terkini, kondisi banjir bandang di Cianjur telah berangsur surut. Sementara kebutuhan mendesak bagi warga terdampak meliputi pakaian, pangan, selimut, perahu untuk evakuasi serta air bersih untuk minum dan beraktivitas.

Baca Juga: 5 Fakta Pembunuhan Siswi di Cianjur: Korban Hamil, Ditembak Pacar hingga Tewas

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kemudian mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang. Peringatan dini tersebut berada pada rentang waktu siang hingga malam hari di wilayah Kabupaten Cianjur, tertanggal 2-3 Mei 2023.

Oleh karena itu, masyarakat dan pemerintah daerah setempat diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan tetap waspada terhadap potensi bencana yang dipengaruhi oleh faktor cuaca, khususnya banjir.

Terkait langkah pencegahan yang dapat dilakukan yakni membersihkan saluran air maupun area aliran sungai, membuat tanggul dan tempat pencadangan air serta menetapkan titik evakuasi. Langkah berguna untuk meminimalisir kerusakan maupun korban jiwa.

Sumber: BPBD

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)