7 Fakta Hari Hijab Sedunia Yang Diperingati Tiap 1 Februari

Senin 01 Februari 2021, 14:12 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Hijab Sedunia atau World Hijab Day (WHD) diperingati setiap tanggal 1 Februari. Hijab kini semakin banyak digunakan oleh para perempuan di dunia tak hanya di Indonesia, bahkan sejumlah perempuan muslim yang menjadi minoritas di negara-negara yang penduduknya mayoritas non muslim, kini mulai memberanikan diri dan percaya diri mengenakan hijab. 

Mungkin World Hijab Day masih terasa kurang familiar di telinga, maka dari itu berikut 7 fakta menarik seputar Hari Hijab Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Februari ini.

1. Diinisiasi oleh Wanita Bangladesh

Nazma Khan adalah sosok penting dibalik tercetusnya gerakan Hari Hijab Sedunia atau World Hijab Day. Wanita asal Bangladesh yang menetap di New York ini menginisiasi WHD pada 1 Februari tahun 2013 silam. 

2. Berawal dari Diskriminasi Sosial

Nazma Khan yang tinggal di daerah Bronx, New York kerap kali mendapatkan diskriminasi sosial karena memakai hijab. Ia mendapatkan perlakuan rasisme seperti di sebut mirip ninja atau batman bahkan ada yang mencurigainya sebagai seorang teroris. 

Lebih parahnya lagi, setelah terjadinya peristiwa teroris yang menyerang gedung World Trade Center (WTC) pada 11 September 2001 atau peristiwa 9/11, Nazma semakin mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari lingkungan sekitarnya.

3. Gerakan Untuk Menghapus Islamophobia

Nazma memulai gerakan ini dengan cara sederhana yaitu mengajak perempuan lain yang ditemuinya untuk mencoba memakai hijab selama satu hari. Hal ini bertujuan untuk menghapus Islamophobia yang selama ini melanda negara-negara yang populasi kaum muslimnya sedikit dan menjadi minoritas. 

Islamophobia adalah sebuah stigma atau prasangka buruk terhadap Islam dengan cara menyebarkan ketakutan dan kebencian terhadap kaum muslim. Selain itu, perempuan yang memakai hijab seringkali dianggap sebagai bagian dari kelompok terorisme dan sikap Islamophobia semakin populer setelah peristiwa 9/11 terjadi.

Dengan gerakan yang dilakukan Nazma, ia mengharapkan dapat memberikan pemahaman kepada perempuan non muslim tentang Islam dan alasan mengapa perempuan muslim memilih untuk mengenakan hijab. 

4. Diperingati oleh 190 Negara di Dunia

Delapan tahun pasca gerakan ini dimulai, diperkirakan sudah ada kurang lebih 190 negara di dunia yang turut merayakan Hari Hijab setiap tahunnya. Tak hanya itu, bahkan ada beberapa negara yang sudah memiliki brand ambassador untuk memasifkan gerakan ini, terdiri dari berbagai lapisan masyarakat seperti selebritis, politisi dan publik figur lainnya. 

Bahkan, media berita besar di dunia seperti New York Times, Huffington Post, CNN, Al-Jazeera, BBC dan lain-lain telah melakukan peliputan World Hijab Day ini.

Indonesia juga memiliki seorang brand ambassador yaitu seorang jurnalis bernama Trifty Qurrota Aini. Dia kini bekerja di University of the West of England Bristol sebagai Country Manager Indonesia.

Sejak tahun 2017, gerakan World Hijab Day mulai mengajak para petinggi negara untuk turut serta menghentikan adanya Islamophobia seperti yang dilakukan pemerintah kota New York, Amerika Serikat yang menetapkan tanggal 1 Februari sebagai World Hijab Day. Lalu ada Dewan Rakyat Britania Raya atau House of Commons of the UK, turut serta mendukung penyelenggaraan World Hijab Day yang dihadiri Perdana Menteri Inggris saat itu, Theresa Mary May.

Pada tahun 2018, di negara Skotlandia, parlemennya menyelenggarakan pameran untuk memperingati World Hijab Day tersebut. Sementara itu, kabar terbaru menyebutkan, pada hari Selasa, 26 Januari 2021, DPR Filipina menyetujui sebuah undang-undang yang menyatakan pada 1 Februari akan diperingati sebagai Hari Hijab Nasional untuk memperkenalkan pemahaman tentang tradisi kaum muslim ini.

5. Menjadi Organisasi Nirlaba

Berawal dari sebuah gerakan melawan diskriminasi sosial, hingga pada tahun 2018 World Hijab Day menjadi organisasi nirlaba. Organisasi ini memiliki misi untuk memerangi diskriminasi terhadap perempuan muslim melalui melalui berbagai program edukasi.

6. Memiliki Serangkaian Program Variatif

Dilansir dari laman resmi World Hijab Day, organisasi ini memiliki berbagai program pemberdayaan bagi para perempuan muslim, yaitu:

- Acara Hari Hijab Sedunia yang bersifat tahunan

Acara ini mengundang secara terbuka berbagai perempuan dari semua agama untuk mengenakan hijab selama satu hari untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai hijab.

- Program Anti-Islamofobia Perusahaan

Banyak kasus perempuan dipecat karena memakai hijab di tempat kerja. Jenis diskriminasi ini bermula dari kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang agama Islam, khususnya hijab. Organisasi Hari Hijab Sedunia melakukan program sosialisasi dengan memberikan pengetahuan atau edukasi kepada perusahaan tentang tradisi muslim. Mereka mengadakan lokakarya tentang topik perempuan muslim.

- Pelatihan Kerja dan Workshop Bisnis

Dalam banyak kasus, perempuan dihadapkan pilihan yang tidak adil, harus memilih memprioritaskan pekerjaan namun menanggalkan hijab atau sebaliknya, memakai hijab dan tapi pekerjaan diabaikan bahkan ditinggalkan. Tujuan dari program ini adalah untuk membekali para perempuan muslim dengan keterampilan yang diperlukan untuk memulai berwirausaha dan berbisnis tanpa mengorbankan keyakinan.

- Program Mentoring Muslimah 

Masih ada stigma yang menyebutkan hijab sebagai penghalang jalan menuju kesuksesan. World Hijab Day melakukan program mentoring bagi para muslimah untuk mengeluarkan potensi dan bakat tertinggi mereka.

- Publikasi Online

Organisasi World Hijab Day menerbitkan konten yang dibagikan oleh para relawannya tentang hijab serta di dalam konten tersebut membahas topik-topik yang berkaitan dengan wanita muslim. Tujuan dari publikasi ini untuk mendidik orang-orang tentang hijab sekaligus menghapus kesalahpahaman tentang hijab dan perempuan muslim pada umumnya.

- Kelas Bela Diri

Banyak perempuan muslim mengalami kekerasan secara fisik akibat memakai hijab. Oleh karena itu, World Hijab Day merasa materi tentang bela diri penting bagi perempuan muslim. Sebagai upaya pemberdayaan perempuan muslim melatih fisiknya, organisasi World Hijab Day bekerjasama dengan sejumlah instruktur bela diri untuk memberikan pelajaran bela diri.

- Ajak Non Muslim Berhijab Selama 30 hari

Setiap tahun selama bulan puasa (ramadan), World Hijab Day mengajak perempuan dari semua agama untuk mengenakan hijab selama 30 hari dengan tujuan agar lebih memahami tentang hijab. Acara ini diperuntukkan bagi mereka para perempuan non muslim yang ingin mengetahui dan belajar memakai hijab selama lebih dari satu hari. 

7. Webinar dan Talkshow Online Hari Hijab Sedunia 2021 

Perayaan Hari Hijab Sedunia pada tahun 2021 berbeda dari tahun sebelumnya. Akibat situasi dunia yang masih dilanda pandemi COVID 19, perayaan tersebut dilakukan dengan cara konferensi virtual atau online. Acara tersebut berupa webinar dan talkshow menarik yang melibatkan para perempuan berhijab dari berbagai negara. Para perempuan yang memiliki pengaruh di negaranya seperti selebritis, pengacara, dokter, jurnalis, aktivis, model, dan lain sebagainya meramaikan kegiatan ini.

Para panelis dalam webinar tersebut diantaranya ada Batouly Camara (mantan pemain basket wanita UConn asal Guinea dan Finalis Forbes 30 under 30 tahun 2021), Afrah Al-Jabouri (model dan aktris asal Denmark), Sahar Jaber (penerbit dan penulis asal Kanada), Zainab Merchant dan Fatima Al-Sayed (jurnalis asal Amerika Serikat). 

Dengan total 16 pembicara, acara ini dimoderatori oleh empat perempuan berhijab dari berbagai negara dan salah satunya ada brand ambassador organisasi Hari Hijab Sedunia asal Indonesia yaitu Trifty Qurrota Aini. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi
Life28 Maret 2024, 19:00 WIB

10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin

Catin Yuk Simak, Ini Sederet Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin!
Ilustrasi. Cincin Pernikahan | 10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin (Sumber : pixabay.com/@JeffBalbalosa)
Sukabumi28 Maret 2024, 18:51 WIB

Kronologi Mobil Pikap Terjun ke Jurang 25 Meter di Cireunghas Sukabumi, Sopir Terluka

Berikut kronologi kecelakaan tunggal mobil pikap terjun ke jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi.
Kondisi mobil pikap yang masuk jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat28 Maret 2024, 18:42 WIB

6 Penyebab Berat Badan Naik Meski Sedang Berpuasa, Ini Pemicunya

Terdapat beberapa sebab yang memicu berat badan jadi naik meski sedang mnejalani puasa Ramadhan. Penting diantisipasi agar tidak makin buncit
Penyebab berat badan naik saat puasa | Foto : Pexels/ SHVETS production
Sehat28 Maret 2024, 18:30 WIB

Gejala Asam Lambung Naik: Sensasi Rasa Terbakar dari Dada Hingga Tenggorokan

Refluks asam lambung sesekali sering terjadi, namun jika Anda sering mengalaminya, Anda mungkin menderita kondisi yang lebih serius yang disebut penyakit refluks gastroesofageal (GERD).
Ilustrasi - Refluks asam umumnya terasa seperti sensasi terbakar di bagian tengah dada.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life28 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan!

Berikut ini doa yang bisa diamalkan di bulan Ramadan hari ke 17 dan 18
Ilustrasi - Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan! (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)