Jamaah Haji Indonesia Dapat Makan 126 Kali, Bahan Konsumsi Disiapkan Capai 200 Ton

Minggu 02 Juni 2024, 11:12 WIB
Dapur masak untuk jamaah haji Indonesia | Foto : Dok. Kemenag

Dapur masak untuk jamaah haji Indonesia | Foto : Dok. Kemenag

SUKABUMIUPDATE.com - Jamaah haji Indonesia mendapat makan sebanyak 3 kali sehari selama di tanah suci. Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi jamaah haji tersebut penyelenggara bahkan menyiapkan pengadaan bahan makanan hingga mencapai 200 ton.

Melansir dari laman resmi kementerian agama, bahwa jemaah mendapat makan sebanyak tiga kali sehari, yaitu makan pagi, makan siang dan makan malam.

"Secara keseluruhan, selama di Madinah jemaah mendapat makan 27 kali maksimal, di Makkah sebanyak 84 kali. Dan selama berada di (Arafah, Muzdalifah Mina (Armuzna) jemaah mendapatkan 15 kali makan, ditambah satu snack berat untuk di Mudzalifah” kata anggota Media Center Kemenag Widi Dwinanda dalam keterangan resminya, Rabu (22/05/2024) lalu.

"Untuk menunjang penyediaan makan jemaah haji Indonesia disiapkan sebanyak 57 dapur di Makkah dan 21 dapur di Madinah,” sambung dia.

Untuk menghadirkan cita rasa Nusantara, terang Widi, bumbu yang digunakan berasal dari produk bumbu Indonesia. Tahun ini sudah lebih 70 ton bumbu yang didatangkan dari Indonesia, total kebutuhan lebih dari 200 ton.

“Untuk pemenuhan kebutuhan bumbu tersebut, pemerintah melibatkan UMKM,” terangnya.

Ia menjelaskan, setidaknya ada delapan jenis bumbu yang didatangkan dari indonesia, yaitu rendang, gulai, nasi kuning, nasi uduk, semur, sambel goreng, bumbu merah, dan bumbu dasar kuning.

Baca Juga: Tanpa Visa Haji: 22 Jemaah Indonesia Dideportasi, 10 Tahun Tak Bisa Masuk Arab Saudi

“Selain itu, juru masaknya juga berasal dari Indonesia,” katanya.

Menurutnya, menu makanan yang diberikan kepada jemaah bervariasi setiap harinya dengan menu cita rasa nusantara. PPIH Arab Saudi memastikan bahwa menu untuk jemaah haji telah mempertimbangkan aspek kecukupan nutrisi seperti karbohidrat, protein, beragam vitamin, dan lainnya yang dibutuhkan jemaah haji di Tanah Suci.

“Untuk menjaga kehangatan masakan hingga sampai ke jemaah, makanan tersebut dimasukkan ke food warmer, lalu didistribusikan ke hotel-hotel jemaah menginap sebelum waktu makan tiba,” ucapnya.

Kepada jemaah, kata Widi, PPIH terus mengimbau agar segera mengkonsumsi makanan yang telah dibagikan sebelum batas waktu yang tertera dalam box makanan. Jangan mengkonsumsi makanan melewati batas waktu sebagaimana yang tertera dalam box makanan.

“Perhatikan keterangan batas layak mengkonsumsi, untuk makan pagi pukul 09.00 pagi, makan siang pukul 16.00, dan makan malam pukul 21.00 was yang tertera di kemasan makanan,” tandasnya.

Sebagai informasi, kuota haji Indonesia tahun 2024 merupakan kuota yang terbesar sepanjang sejarah penyelenggaraan ibadah haji dengan jumlah 241 ribu jemaah. Dengan rincian, jumlah kuota reguler sebanyak 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus.

Mulanya, Indonesia mendapatkan kuota haji sebanyak 221.000 jemaah. Kemudian, pemerintah Saudi memberikan Indonesia kuota tambahan sebesar 20 ribu jemaah.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life22 Juli 2024, 17:30 WIB

8 Tanda Kamu Mudah Dirindukan Orang Lain Karena Kepribadian yang Dimiliki

Kepribadian yang mudah dirindukan mencerminkan kualitas interpersonal yang kuat dan keterampilan emosional yang tinggi.
Ilustrasi - Kepribadian yang mudah dirindukan mencerminkan kualitas interpersonal yang kuat dan keterampilan emosional yang tinggi. (Sumber : Pexels.com/@Karolina Kaboompics).
Sukabumi22 Juli 2024, 17:24 WIB

Kaca Mobil Pecah Rp490 Juta Raib, Maling Gondol Uang Setoran SPBU di Sukabumi

Uang setoran senilai Rp 490 juta hasil penjualan bahan bakar minyak (BBM) Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.43103 Cibolang, Kabupaten Sukabumi raib digondol maling perampokan modus pecah kaca mobil.u
Inafis serta petugas Kepolisian Polres Sukabumi Kota saat melakukan olah TKP di Pool Damri, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Senin (22/7/2024) | Foto : Asep Awaludin
Musik22 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Steal My Girl One Direction yang Viral di TikTok

Salah satu penggalan Lirik Lagu Steal My Girl One Direction yang viral di TikTok adalah "Everybody wanna steal my girl. Everybody wanna take her heart away", sehingga banyak dicari warganet.
Official Video Lagu Steal My Girl One Direction. Foto: YouTube/OneDirection
Sukabumi22 Juli 2024, 16:51 WIB

Curug Puncak Manik Terbengkalai, Pemdes Cibenda Sukabumi Bicara Pelepasan Lahan

Curug Puncak Manik, sebuah air terjun eksotis yang dikenal sebagai objek wisata fenomenal, kini menghadapi tantangan serius
Curug Puncak Manik, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Entertainment22 Juli 2024, 16:45 WIB

Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X

V BTS mendapatkan kritikan dari penggemar dan netizen usai mengunggah foto kentang goreng dari restoran cepat saji McDonald’s (McD) pada Minggu, 21 Juli 2024, di Instagram pribadinya.
Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X (Sumber : Instagram/@thv)
Film22 Juli 2024, 16:30 WIB

Sinopsis Kang Mak from Peek Mak, Film Remake Horor Thailand yang Dipenuhi Kelucuan

Kang Mak from Peek Mak adalah salah satu film horor komedi terbaru di Indonesia yang akan tayang di seluruh bioskop Tanah Air, pada Kamis, 15 Agustus 2024 mendata
Sinopsis Kang Mak from Peek Mak, Film Remake Horor Thailand yang Dipenuhi Kelucuan (Sumber : Instagram/@vinogbastian__)
Sukabumi22 Juli 2024, 16:07 WIB

Bobby Maulana dan Tim MKTech Bantu Modal Usaha Pak Engkos Korban Hipnotis

Bagian dari program "Menata Kebaikan," Bobby Maulana dan tim MKTech memberikan bantuan modal usaha kepada Pak Engkos. Selain itu, mereka juga memberikan penghargaan sebagai pelaku UKM yang telah konsisten berjualan selama puluhan
Artis Bobby Maulana saat bertemu Pak Engkos (tukang tahu yang jadi korban hipnotis) warga Kota Sukabumi | Foto : Ist
Life22 Juli 2024, 16:00 WIB

7 Ciri Perempuan yang Memiliki Inner Beauty Kuat Dalam Dirinya

Perempuan dengan inner beauty memancarkan daya tarik yang jauh melampaui penampilan fisik.
Ilustrasi - Perempuan dengan inner beauty memancarkan daya tarik yang jauh melampaui penampilan fisik. (Sumber : pexels.com/@Hải Nguyễn).
Entertainment22 Juli 2024, 15:45 WIB

Rilis Foto Welcome Back, 2NE1 Akan Kembali dengan Menggelar World Tour

Kabar gembira buat penggemar Kpop, girl grup legendaris asal YG Entertainment yaitu 2NE1 akan comeback dan menggelar tur secara global untuk bertemu dengan penggemar.
Rilis Foto Welcome Back, 2NE1 Akan Kembali dengan Menggelar World Tour (Sumber : Instagram/@yg_ent_official)
Sukabumi22 Juli 2024, 15:33 WIB

Rumah di Parungkuda Sukabumi Kebakaran, Baru Ditinggalkan 2 Menit oleh Pemilik

Hanya berselang dua menit setelah meninggalkan rumah, api sudah terlihat berkobar.
Rumah Muhammad Raharjo (20 tahun) kebakaran pada Senin (22/7/2024). Rumah ini berlokasi di Kampung Leuwi Orok RT 10/04 Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari