30 Bom Siap Meledak di Iran, 28 Teroris Terkait ISIS Ditangkap

Senin 25 September 2023, 08:59 WIB
(Foto Ilustrasi) Iran mengklaim telah menjinakkan 30 bom yang siap meledak secara bersamaan di Teheran. | Foto: Pixabay

(Foto Ilustrasi) Iran mengklaim telah menjinakkan 30 bom yang siap meledak secara bersamaan di Teheran. | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Pihak berwenang Iran mengklaim telah menjinakkan 30 bom yang dimaksudkan untuk meledak secara bersamaan di Teheran. Iran juga telah menahan 28 teroris yang terkait dengan ISIS, menurut laporan kantor berita Iran Tasnim pada Minggu, 24 September 2023, yang mengutip data intelijen.

“Beberapa anggotanya adalah ISIS dan pelakunya memiliki riwayat berafiliasi dengan kelompok Takfiri di Suriah, Afghanistan, Pakistan, dan wilayah Kurdistan di Irak,” ujar Kementerian Intelijen Iran. Takfiri adalah istilah untuk menggambarkan Muslim yang menuduh Muslim lain murtad atau kafir dengan implikasi hukuman mati.

Mengutip tempo.co, Kementerian menambahkan meskipun mereka tergabung dalam kelompok bersenjata tersebut, sifat teknis dari operasi menunjukkan kecocokan dengan musuh bebuyutan Iran yaitu Israel. Pemerintah telah menyita bahan peledak dalam jumlah besar, perangkat elektronik untuk meledakkannya, 17 pistol buatan AS dan amunisi terkait, perangkat komunikasi, pakaian kelas militer, rompi bunuh diri, dan mata uang asing. Dalam penggerebekan itu, dua agen Kementerian Intelijen terluka.

Rekaman yang dirilis oleh media pemerintah menunjukkan bagaimana orang-orang tersebut diawasi oleh drone sebelum lokasi mereka diserbu dan ditangkap oleh agen intelijen. Tersangka juga diperlihatkan menggali bagian-bagian untuk membuat bahan peledak yang mereka kubur untuk disembunyikan.

Baca Juga: 13 Fakta Film Oppenheimer: Kisah Penemu Bom Atom Senjata Penghancur Massal

Klip tersebut menunjukkan pistol dan rompi peledak yang disita dan sekelompok tersangka diikat dan ditutup matanya.

ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap kuil suci Shah Cheragh pada bulan Oktober yang menewaskan 13 orang dan melukai puluhan lainnya. Kuil di selatan kota Shiraz mengalami serangan senjata kedua dalam waktu kurang dari setahun pada bulan Agustus, yang menewaskan dua orang.

Iran juga menyalahkan serangan kedua terhadap ISIS. Iran mengatakan sejumlah warga asing ditangkap sehubungan dengan operasi tersebut.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat14 Mei 2024, 14:15 WIB

Punya Gula Darah Tak Perlu Dihindari, 3 Alasan Karbohidrat Penting untuk Kesehatan

Karbohidrat adalah molekul gula yang memberi energi pada otak dan tubuh Anda.
Ilustrasi - Karbohidrat adalah molekul gula yang memberi energi pada otak dan tubuh Anda. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi14 Mei 2024, 14:13 WIB

20 Tusukan Garpu Sawah, Kondisi Tragis Ibu Dibunuh Anak di Kalibunder Sukabumi

Polisi telah menangkap dan menahan Rahmat di Mapolsek Kalibunder.
Jenazah Inas (43 tahun) setelah diduga dibunuh anak kandungnya, Rahmat alias Herang (25 tahun), di dalam kamar rumah mereka di Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat14 Mei 2024, 14:00 WIB

5 Kategori Ikan Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Meskipun ikan-ikan ini memiliki jumlah purin yang tinggi, tidak berarti seluruh kategori ikan tersebut harus sepenuhnya dihindari penderita asam urat.
Ilustrasi - Beberapa jenis ikan laut yang tinggi purin termasuk kategori ikan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah besar oleh penderita asam urat. (Sumber : Pexels/AlexanderZvir)
Sehat14 Mei 2024, 13:45 WIB

Inilah 7 Makanan Alami Terbaik Untuk Atasi Kolesterol dan Serangan Jantung

Untuk mengatasi kolesterol dan terhindar dari penyakit jantung bisa dimulai dengan mengkonsumsi makanan alami secara rutin, dari sarapan, makan siang, dan makan malam
Kenali makanan terbaik untuk atasi kolesterol tinggi ini! Kaya manfaat untuk kesehatan jantung (Sumber : freepik.com/@produksipv)
Sukabumi14 Mei 2024, 13:36 WIB

Pelaku Alami Gangguan Jiwa Sejak Kecil? Anak Bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi

Satu per satu informasi tentang tragedi ibu bunuh anak di Kampung Cilandak Desa Sekarsari Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi mulai terungkap
Rahmat alias R alias Herang (26 tahun) terduga pelaku bunuh ibu kandung di Kalibunder Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa/warganet)
Life14 Mei 2024, 13:30 WIB

Sering Makan Tinggi Purin, 7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Asam Urat Kambuh

Makanan tinggi purin dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.
Ilustrasi - Sering Makan Tinggi Purin Termasuk Salah Satu Kebiasaan Sepele yang Membuat Asam Urat Kambuh. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi14 Mei 2024, 13:18 WIB

Tusuk Wajah dan Dada Pakai Garpu, Sadisnya Anak Bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi

Terduga pelaku dan korban tinggal berdua di rumah panggung.
Jenazah Inas (43 tahun) setelah diduga dibunuh anak kandungnya, Rahmat alias Herang (25 tahun), di dalam kamar rumah mereka di Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life14 Mei 2024, 13:15 WIB

6 Golongan Orang yang Gampang Dipercaya di Masyarakat, Anda Termasuk?

Diantara banyaknya tipe orang, terdapat beberapa golongan yang karakternya sangat mudah dipercaya oleh masyarakat dan lingkungan sekitar
Golongan orang yang mudah dipercaya di masyarakat dan lingkungan sekitar (Sumber : Pexels.com /@AlicanHelik)
Sehat14 Mei 2024, 13:00 WIB

Mengenal Kristal Asam Urat: Jenis, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Kristal asam urat terbentuk disebabkan karena kadar asam urat yang tinggi dalam darah.
Ilustrasi - Kristal asam urat terbentuk disebabkan karena kadar asam urat yang tinggi dalam darah. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi Memilih14 Mei 2024, 12:59 WIB

NasDem Jabar Siapkan Satu Nama untuk Pilkada Kota Sukabumi, Ini Sosoknya

Partai NasDem mengumumkan sejumlah nama calon kepala daerah di 21 kota dan kabupaten se-Jawa Barat untuk Pilkada 2024. Daftar nama tersebut terdapat nama tokoh daerah hingga selebriti.
Nasdem Jabar umumkan 21 nama bakal calon untuk Pilkada kota/kab se Jabar | Foto : Capture youtube metrotv