Dulu Dilarang, Kini Hari Valentine di Arab Saudi Dirayakan Terang-terangan

Selasa 14 Februari 2023, 21:30 WIB
Ilustrasi. Hari Valentine kini dirayakan di Arab Saudi secara terang-terangan | Foto: Freepik

Ilustrasi. Hari Valentine kini dirayakan di Arab Saudi secara terang-terangan | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Tanggal 14 Februari selalu identik dengan hari kasih sayang atau hari Valentine (Valentine's Day). Namun hukum perayaan Hari Valentine sendiri kerap dipertanyakan oleh umat islam.

Asal usul Hari Valentine sendiri memiliki berbagai versi cerita, salah satunya ada yang mengungkapkan jika Hari Kasih Sayang ini berasal dari seorang pendeta bernama Valentine.

Perdebatan mengenai boleh atau tidaknya umat Islam ikut merayakan Hari Valentine terus menjadi hal yang selalu diperbincangkan termasuk di Arab Saudi.

Baca Juga: Mengapa Hari Valentine Tak Boleh Dirayakan oleh Umat Islam? Simak Penjelasannya

Jika dulu pemerintah Arab Saudi tidak memperbolehkan merayakan Valentine, berbeda dengan tahun 2023 ini dimana menjelang Hari Valentine toko-toko bunga dan restoran-restoran di Arab Saudi memikat pasangan maupun para lajang dengan buket beraneka bunga yang sangat indah serta menu-menu yang dibuat khusus untuk merayakan Valentine’s Day.

Mengutip dari Tempo.co, tujuh tahun lalu, pasangan-pasangan kekasih harus merencanakan hadiah-hadiah mereka berpekan-pekan sebelumnya agar tidak tertangkap oleh Komisi Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan yang telah dihapuskan.

Komisi ini sebelumnya melarang penjualan mawar-mawar merah dan melarang toko-toko memamerkan benda-benda apa pun yang berwarna merah menjelang dan pada 14 Februari.

Baca Juga: Mobilnya Ditabrak Dua Singa di Taman Safari, Pemilik Ogah Damai dan Salaman

Buket-buket dan benda-benda yang dihiasi gambar hati akan dijual diam-diam dengan harga yang sangat tinggi kepada pasangan-pasangan yang rela membayarnya.

Tetapi, ketika Kerajaan Arab Saudi terus memberlakukan reformasi untuk memperbaiki kualitas kehidupan di seluruh negeri, warga negara dan penduduk makin terang-terangan merayakannya dari tahun ke tahun.

“Saya dan istri telah menikah selama sepuluh tahun. Kami biasa merayakan Hari Valentine di rumah dan masing-masing membeli hadiah kecil satu minggu sebelumnya. Saya akan memesan bunga-bunga, yang harganya dua kali lipat, berhari-hari sebelumnya,” kata Yousef Moussa kepada Al Arabiya English.

Baca Juga: 11 Fakta Apun Gencay, Gadis Cantik Sukabumi dalam Kisah Asmara Pejabat Dimasanya

“Tahun ini, kami merencanakan untuk menikmati makan malam yang enak di sebuah restoran bersama-sama. Menyenangkan dapat menunjukkan cinta kami secara terang-terangan,” ia menambahkan.

Di Riyadh, sebuah restoran Yunani mewah bernama Meraki menawarkan pasangan-pasangan sebuah “pengalaman makan malam romantis yang terinspirasi kisah cinta Penelope dan Odysseus.”

Sementara itu, restoran Jepang kelas dunia, Nobu, di Jeddah menyelenggarakan pertunjukan musik DJ untuk para tamu yang ingin makan malam dari sebuah menu yang dikurasi secara khusus.

Permintaan Pernak-pernik Valentine Meningkat

Bagi Floward, perusahaan pengiriman bunga dan hadiah daring di wilayah MENA, Hari Valentine adalah hari terbesar sepanjang tahun.

Baca Juga: Apa Perbedaan Hukuman Mati dan Seumur Hidup? Simak Penjelasannya!

Tahun lalu, perusahaan ini menerima pesanan paling mahal dari seorang klien di Kerajaan yang menginginkan hadiah berupa buket bunga dan aksesori lain seharga US$3.000 (kira-kira Rp 45 juta) untuk merayakan hari khusus itu.

“Tiap tahun, penjualan menjelang dan pada Hari Valentine meningkat berkali-kali lipat dibandingkan hari-hari dan peristiwa-peristiwa lain. Tiap tahun kami memperhatikan permintaan yang bertumbuh di hari ini dan lebih banyak orang merayakan momen spesial ini,” kata CEO Floward Abdulaziz al-Loughani kepada Al Arabiya English.

“Kami rasa sikap dan perilaku seperti itu telah ada tetapi kini mereka mulai memperlihatkannya secara terang-terangan dan tidak lagi bersifat pribadi,” katanya.

Longgarnya pembatasan berarti baik pasangan-pasangan atau pun para lajang tidak lagi harus malu-malu untuk merayakan hari kasih sayang itu secara terbuka.

Baca Juga: Profil Muhammad Jamasari Pemeran Kang Gobang di Preman Pensiun Asli dari Sukabumi

“Saya dan sekelompok teman saling menyerahkan bunga dan cokelat di kantor,” kata Rania Hasan kepada Al Arabiya English. “Cara yang menggemaskan untuk saling menunjukkan kasih sayang pada hari ini.”

Sumber: Tempo.co (Al Arabiya)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Film18 Juli 2024, 15:30 WIB

Mengangkat Kisah Nyata Pembajakan Pesawat, Berikut Sinopsis Film Hijack 1971

Film Hijack 1971 menarik untuk ditonton karena terinspirasi dari kisah nyata mengenai pembajakan pesawat Korean Air F27 yang terjadi di tahun 1971. Di film ini akan mengisahkan krisis para penumpang dan awak pesawat saat dibajak
Mengangkat Kisah Nyata Pembajakan Pesawat, Berikut Sinopsis Film Hijack 1971 (Sumber : X @/infodrakor_id)
Inspirasi18 Juli 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Operator Warehouse Material Minimal SMA/Sederajat, Penempatan di Pabrik Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Operator Warehouse Material Minimal SMA/Sederajat, Penempatan di Pabrik Sukabumi (Sumber : Freepik.com).
Entertainment18 Juli 2024, 14:30 WIB

Sukses Foto Selfie Seminggu, Laura Basuki Ingin Rehat Berselfie Satu Tahun

Sukses melaksanakan challenge foto selfie selama satu minggu karena teaser film Heartbreak Motel tembus 100.000 ribu viewers, artis Laura Basuki mengaku ingin rehat satu tahun untuk berselfie.
Sukses Foto Selfie Satu Minggu, Laura Basuki Ingin Rehat Berselfie Satu Tahun (Sumber : X@/LauraBas)
Sukabumi18 Juli 2024, 14:11 WIB

Sambut HCS 2024, Disperkim Sukabumi Percantik Taman-taman di Palabuhanratu

Menjelang pelaksanaan Healthy Cities Summit (HCS) 2024 yang tinggal beberapa hari lagi, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Sukabumi terus melakukan berbagai persiapan
Taman Bappeda di Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Internasional18 Juli 2024, 14:00 WIB

Tuai Kecaman! Perancis Larang Atlet Wanita Muslim Mereka Pakai Hijab di Olimpiade Paris 2024

Prancis larang atlet wanita Muslim mereka untuk memakai hijab di Olimpiade Paris 2024.
Ilustrasi - Prancis larang atlet wanita Muslim mereka untuk memakai hijab di Olimpiade Paris 2024. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic).
Nasional18 Juli 2024, 13:47 WIB

Forum Zakat Ungkapkan Tiga Tantangan Besar Tata Kelola Zakat di Indonesia

Ketua Forum Zakat yakni Bambang Suherman mengatakan, ada tiga tantangan besar sebagai lembaga zakat yang harus dikelola dengan sungguh-sungguh.
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Ketua Zakat Nasional, Bambang Suherman. | Foto: Istimewa
Sukabumi18 Juli 2024, 13:36 WIB

BPBD Kota Sukabumi Salurkan Bantuan untuk Lansia 90 Tahun Korban Kebakaran

Bantuan langsung diserahkan kepada korban setelah peristiwa kebakaran terjadi.
Petugas BPBD Kota Sukabumi saat menangani bencana kebakaran di Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi18 Juli 2024, 13:31 WIB

Hati-hati Goweser, Maling Bermobil Angkut Sepeda Warga Sukabumi Saat di Masjid

i Sukabumi sepeda MTB (mountain bike) milik warga Kalapanunggal raib digondol maling bermobil, Kamis subuh (18/7/2024).
Maling sepeda di Kalapanunggal Sukabumi (Sumber: CCTV)
Entertainment18 Juli 2024, 13:30 WIB

Usai Gugat Cerai, Kimberly Ryder Laporkan Suaminya Atas Dugaan Penggelapan Mobil

Usai menggugat cerai, artis Kimberly Ryder kini melaporkan suaminya Edward Akbar ke Polres Metro Jakarta Selatan terkait adanya dugaan penggelapan mobil.
Usai Gugat Cerai, Kimberly Ryder Laporkan Suaminya Atas Dugaan Penggelapan Mobil (Sumber : Instagram@/kimbrlyryder)
Sukabumi18 Juli 2024, 13:22 WIB

Wabup Kunjungi Kemenkes RI untuk Persiapan Healthy City Summit 2024 di Sukabumi

Kunjungan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dengan tujuan utama mengekspos persiapan penyelenggaraan acara Healthy City Summit (HCS) ke-6
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat mengunjungi Kemenkes RI dalam rangka persiapan HSC 2024 | Foto : Dokpim