Dulu Dilarang, Kini Hari Valentine di Arab Saudi Dirayakan Terang-terangan

Selasa 14 Februari 2023, 21:30 WIB
Ilustrasi. Hari Valentine kini dirayakan di Arab Saudi secara terang-terangan | Foto: Freepik

Ilustrasi. Hari Valentine kini dirayakan di Arab Saudi secara terang-terangan | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Tanggal 14 Februari selalu identik dengan hari kasih sayang atau hari Valentine (Valentine's Day). Namun hukum perayaan Hari Valentine sendiri kerap dipertanyakan oleh umat islam.

Asal usul Hari Valentine sendiri memiliki berbagai versi cerita, salah satunya ada yang mengungkapkan jika Hari Kasih Sayang ini berasal dari seorang pendeta bernama Valentine.

Perdebatan mengenai boleh atau tidaknya umat Islam ikut merayakan Hari Valentine terus menjadi hal yang selalu diperbincangkan termasuk di Arab Saudi.

Baca Juga: Mengapa Hari Valentine Tak Boleh Dirayakan oleh Umat Islam? Simak Penjelasannya

Jika dulu pemerintah Arab Saudi tidak memperbolehkan merayakan Valentine, berbeda dengan tahun 2023 ini dimana menjelang Hari Valentine toko-toko bunga dan restoran-restoran di Arab Saudi memikat pasangan maupun para lajang dengan buket beraneka bunga yang sangat indah serta menu-menu yang dibuat khusus untuk merayakan Valentine’s Day.

Mengutip dari Tempo.co, tujuh tahun lalu, pasangan-pasangan kekasih harus merencanakan hadiah-hadiah mereka berpekan-pekan sebelumnya agar tidak tertangkap oleh Komisi Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan yang telah dihapuskan.

Komisi ini sebelumnya melarang penjualan mawar-mawar merah dan melarang toko-toko memamerkan benda-benda apa pun yang berwarna merah menjelang dan pada 14 Februari.

Baca Juga: Mobilnya Ditabrak Dua Singa di Taman Safari, Pemilik Ogah Damai dan Salaman

Buket-buket dan benda-benda yang dihiasi gambar hati akan dijual diam-diam dengan harga yang sangat tinggi kepada pasangan-pasangan yang rela membayarnya.

Tetapi, ketika Kerajaan Arab Saudi terus memberlakukan reformasi untuk memperbaiki kualitas kehidupan di seluruh negeri, warga negara dan penduduk makin terang-terangan merayakannya dari tahun ke tahun.

“Saya dan istri telah menikah selama sepuluh tahun. Kami biasa merayakan Hari Valentine di rumah dan masing-masing membeli hadiah kecil satu minggu sebelumnya. Saya akan memesan bunga-bunga, yang harganya dua kali lipat, berhari-hari sebelumnya,” kata Yousef Moussa kepada Al Arabiya English.

Baca Juga: 11 Fakta Apun Gencay, Gadis Cantik Sukabumi dalam Kisah Asmara Pejabat Dimasanya

“Tahun ini, kami merencanakan untuk menikmati makan malam yang enak di sebuah restoran bersama-sama. Menyenangkan dapat menunjukkan cinta kami secara terang-terangan,” ia menambahkan.

Di Riyadh, sebuah restoran Yunani mewah bernama Meraki menawarkan pasangan-pasangan sebuah “pengalaman makan malam romantis yang terinspirasi kisah cinta Penelope dan Odysseus.”

Sementara itu, restoran Jepang kelas dunia, Nobu, di Jeddah menyelenggarakan pertunjukan musik DJ untuk para tamu yang ingin makan malam dari sebuah menu yang dikurasi secara khusus.

Permintaan Pernak-pernik Valentine Meningkat

Bagi Floward, perusahaan pengiriman bunga dan hadiah daring di wilayah MENA, Hari Valentine adalah hari terbesar sepanjang tahun.

Baca Juga: Apa Perbedaan Hukuman Mati dan Seumur Hidup? Simak Penjelasannya!

Tahun lalu, perusahaan ini menerima pesanan paling mahal dari seorang klien di Kerajaan yang menginginkan hadiah berupa buket bunga dan aksesori lain seharga US$3.000 (kira-kira Rp 45 juta) untuk merayakan hari khusus itu.

“Tiap tahun, penjualan menjelang dan pada Hari Valentine meningkat berkali-kali lipat dibandingkan hari-hari dan peristiwa-peristiwa lain. Tiap tahun kami memperhatikan permintaan yang bertumbuh di hari ini dan lebih banyak orang merayakan momen spesial ini,” kata CEO Floward Abdulaziz al-Loughani kepada Al Arabiya English.

“Kami rasa sikap dan perilaku seperti itu telah ada tetapi kini mereka mulai memperlihatkannya secara terang-terangan dan tidak lagi bersifat pribadi,” katanya.

Longgarnya pembatasan berarti baik pasangan-pasangan atau pun para lajang tidak lagi harus malu-malu untuk merayakan hari kasih sayang itu secara terbuka.

Baca Juga: Profil Muhammad Jamasari Pemeran Kang Gobang di Preman Pensiun Asli dari Sukabumi

“Saya dan sekelompok teman saling menyerahkan bunga dan cokelat di kantor,” kata Rania Hasan kepada Al Arabiya English. “Cara yang menggemaskan untuk saling menunjukkan kasih sayang pada hari ini.”

Sumber: Tempo.co (Al Arabiya)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih24 April 2024, 20:25 WIB

4 Bakal Calon Bupati Sukabumi Resmi Mendaftar ke PKB

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Kabupaten Sukabumi, Bayu Permana mengatakan selama proses penjaringan sejak dibuka hingga saat ini sudah ada 4 kandidat yang mendaftar untuk maju Pilkada Sukabumi melalui PKB.
Ketua Desk Pilkada PKB Bayu Permana saat menerima penyerahan berkas pendaftaran dari salah satu kandidat | Foto : Ist
Sehat24 April 2024, 20:22 WIB

2 Penyebab Sakit Punggung Pada Ibu Hamil, Simak Juga Cara Diagnosisnya Berikut Ini

Nyeri punggung bawah dan nyeri panggul adalah masalah paling umum yang terjadi selama kehamilan. jika Anda sedang hamil dan mengalami gejala-gejala ini, Anda tidak sendirian.
Ilustrasi penyebab sakit punggung ibu hamil. (Sumber : pexels.com/@Helena Lopes)
Arena24 April 2024, 20:17 WIB

10 Atlet Madrasah di Surade Terpilih Wakili Sukabumi ke Popwilda Jabar 2024

Sepuluh pelajar MAN 3 Sukabumi terpilih menjadi atlet yang mewakili Kabupaten Sukabumi pada Popwilda Jabar 2024. Berikut daftar namanya
Atlet bola voli putri MAN 3 Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:00 WIB

Usir Rasa Sakitnya Jauh-Jauh! 5 Rahasia Sederhana untuk Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi

Mengantisipasi asam urat yang sering kambuh, Anda bisa mencoba tips sehat untuk mengurangi frekuensi serangannya.
Ilustrasi minum air putih - Mengantisipasi asam urat yang sering kambuh, Anda bisa mencoba tips sehat untuk mengurangi frekuensi serangannya. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 April 2024, 19:32 WIB

Pria Paruh Baya Ditemukan Tewas Tergantung di Kontrakan Bojonggenteng Sukabumi

Berikut kronologi pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di kontrakan yang berada di Bojonggenteng Sukabumi.
Ilustrasi gantung diri. Pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi ditemukan tewas tergantung di kontrakan. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih24 April 2024, 19:21 WIB

Diantar Apdesi Jabar, Kades Deden Lengkapi Berkas Maju Pilkada Sukabumi di Demokrat

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi Deden Deni Wahyudin di antar sejumlah fungsionaris Apdesi menyerahkan kelengkapan berkas pendaftaran bakal calon untuk maju di Pilkada Sukabumi 20
Deden Deni Wahyudin saat menyerahkan berkas pendaftaran bcalon kepada daerah ke DPC Partai Demokrat | Foto : Ilyas Supendi
Motor24 April 2024, 19:00 WIB

Ciri-ciri V Belt Motor Matic Harus Segera Diganti, Pengendara Harus Tahu Nih!

Menunda penggantian V-Belt yang rusak dapat berakibat fatal, seperti V-Belt putus di jalan yang dapat menyebabkan kecelakaan.
Ilustrasi - Menunda penggantian V-Belt yang rusak dapat  berakibat fatal,  seperti V-Belt putus di jalan yang  dapat  menyebabkan kecelakaan. (Sumber : wahanahonda.com)
Sehat24 April 2024, 18:35 WIB

5 Cara Berikut Dapat Meredakan Sakit Punggung saat Hamil, Salah Satunya Olahraga dan Terapi Fisik

Sakit punggung sering dikeluhkan oleh ibu hamil karena beberapa penyebab, namun ada cara yang dapat meredakan sakitnya.
Ilustrasi meredakan sakit punggung saat hamil. (Sumber : Freepik)
Life24 April 2024, 18:31 WIB

Bersikap Konsisten, Ini 7 Cara Memberi Anak Konsekuensi yang Benar-benar Berhasil

Menggunakan konsekuensi secara efektif dapat membuat perbedaan besar dalam pola asuh Anda dan perilaku anak Anda.
Ilustrasi memberi anak konsekuensi. (Sumber : pexels.com/@August de Richelieu)
Bola24 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persik Kediri vs PSS Sleman: Sama-sama Butuh Poin!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persik Kediri vs PSS Sleman berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persik Kediri vs PSS Sleman berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Freepik.com/@asierromero/Ist).