TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

15 Narapidana Tewas dalam Kerusuhan di Penjara Ekuador

Rabu 5 Okt 2022, 11:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kerusuhan di sebuah penjara, Kota Latacunga, Cotopaxi, Ekuador, yang terjadi pada Senin, 3 Oktober 2022, dilaporkan menewaskan 15 narapidana dan puluhan lainnya terluka. 

"15 orang tewas dan 20 luka-luka," kata juru bicara badan pengelola penjara di Ekuador, SNAI, seperti dilaporkan Al Jazeera.

photoKerusuhan di penjara, Kota Latacunga, Cotopaxi, Ekuador - (via: reuters)</span

Melansir dari Suara.com, pejabat setempat mengatakan pihak berwenang masih berupaya mengidentifikasi jenazah korban, sementara Oswaldo Coronel, gubernur provinsi Cotopaxi, menyebut keadaan telah kembali aman.

Coronel juga mengatakan bahwa 14 korban terluka telah dibawa ke rumah sakit.

Lebih dari 400 narapidana tewas dalam peristiwa kekerasan di penjara-penjara Ekuador sejak Februari 2021. 

Pemerintahan Presiden Guillermo Lasso sebelumnya mengaitkan kondisi ini dengan konflik antar geng dalam hal kendali wilayah dan rute perdagangan narkoba.

Pada bulan Juli, 12 narapidana tewas di penjara di Santo Domingo, dua bulan setelah kekerasan di tempat yang sama menewaskan 43 orang.

Organisasi kemanusiaan Inter-American Commission on Human Rights menyatakan Ekuador tidak memiliki kebijakan komprehensif terkait sistem penjara, sehingga para narapidana mengalami kondisi berbahaya akibat penuhnya rumah tahanan.


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x