Sinergi Lembaga Wakaf MUI dan Doa Bangsa dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat

Rabu 17 Januari 2024, 10:09 WIB
Pertemuan Lembaga Wakaf Doa Bangsa dengan LW MUI di kantor MUI Pusat Jalan Proklamasi Nomor 51 Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Januari 2024. | Foto: Istimewa

Pertemuan Lembaga Wakaf Doa Bangsa dengan LW MUI di kantor MUI Pusat Jalan Proklamasi Nomor 51 Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Januari 2024. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Lembaga Wakaf Doa Bangsa melakukan pertemuan langsung dengan Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia (LW MUI) di kantor MUI Pusat Jalan Proklamasi Nomor 51 Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Januari 2024. Hadir sebagai Perwakilan dari Lembaga Wakaf Doa Bangsa, Abdul Hamid, Entus Wahidin, Rizqi Zulkarnain Hamid, Taufik Basri, dan Staf PT Doa Bangsa Agrobisnis. Sementara LW MUI diwakili Andi YH Djuwaeli dan Guntur Subagja Mahardika.

Dalam pertemuan tersebut, Lembaga wakaf Doa Bangsa, menyampaikan visi misinya yang juga selaras dengan Lembaga Wakaf MUI, sebagai Lembaga perintis perwakafan di Indonesia. Sinergi antar lembaga perwakafan di Indonesia sangat diharapkan bisa memberdayakan ekonomi umat.

Andi YH Djuwaeli, Wakil Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU-MUI) menjelaskan bahwa MUI melalui KPEU-nya telah menjalankan banyak program kerja yang bermanfaat bagi masyarakat dan terus fokus berupaya bagaimana ekonomi umat ini bisa semakin berdaya menuju kesejahteraan dan kemakmuran yang diharapkan. Untuk mewujudkan itu, tidak bisa dilakukan oleh sendiri. Prinsip ‘berjama’ah’ sangat penting untuk bisa diterapkan dalam kerja besar dan mulia seperti ini. Kerja sama dengan berbagai pihak termasuk dengan Lembaga Wakaf Doa Bangsa merupakan bagian dari jihad memberdayakan ekonomi umat.

Baca Juga: Wakaf MUI dan BI Bangun Halal Tourism Hub Buya Hamka di Maninjau

Senada dengan itu, Guntur Subagja Mahardika, Sekretaris Lembaga Wakaf MUI memaparkan visi misi LW MUI yang juga fokus dalam membangun kemaslahatan umat dengan basis wakaf. Ada banyak program yang telah terlaksana dengan manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh para mauquf alaih, termasuk rencana membangun Kawasan wisata religi yang tentunya juga berbasis wakaf.

LW MUI membuka ruang seluas-luasnya kepada para pihak untuk dapat bekerja sama dalam proyek-proyek yang memberikan dampak kebermanfaatan yang masif bagi umat. Lembaga wakaf sejatinya memiliki mind set bisnis yang mumpuni agar Wakaf benar-benar berfungsi sebagai instrumen perekonomian yang memberikan faedah secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

Abdul Hamid, Ketua Umum Yayasan Pembina Pendidikan Doa Bangsa (YPPDB), yang menaungi Lembaga Wakaf Doa Bangsa, menyatakan bahwa Doa Bangsa, melalui Lembaga Wakafnya, memiliki komitmen yang tinggi dalam menjalankan fungsinya. Jujur, Ikhlas, dan Amanah menjadi basis moral yang terus akan dijunjung tinggi. Demi kemaslahatan umat, Lembaga Wakaf Doa Bangsa sangat bersedia bekerja sama membangun kemitraan dengan pihak mana pun, apalagi dengan MUI, lembaga dengan kredibilitas yang tidak bisa dipertanyakan lagi.

Dengan arahan dari Pembina Yayasan, Ayep Zaki, Doa Bangsa akan selalu siap bekerja sama dalam pemberdayaan ekonomi umat, bentuk kerja sama bisa di bidang penghimpunannya ataupun di bidang pengelolaan dan pengembangannya, ataupun juga termasuk dalam pendistribusiannya dengan tujuan utamanya adalah kemaslahatan publik. (ADV)

Sumber: Siaran Pers

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi15 Mei 2024, 21:09 WIB

Utusan Gyeongsangnam-do Temui Bupati Sukabumi, Program Beasiswa Kuliah di Korsel Berlanjut

Kerjasama Pemkab Sukabumi dan Provinsi Gyeongsangnam-do terkait program beasiswa kuliah di Korsel berlanjut di 2025.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menerima utusan provinsi Gyeongsangnam-do di Pendopo. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Food & Travel15 Mei 2024, 21:00 WIB

Seafood! 8 Rekomendasi Makanan Laut yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Berikut beberapa makanan laut yang relatif aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Seafood Rekomendasi Makanan Laut yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat | Foto: Pixabay/ShenXin
Sehat15 Mei 2024, 20:30 WIB

Teri Termasuk 4 Ikan Laut yang Tinggi Purin dan Tidak Aman untuk Penderita Asam Urat

Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat. (Sumber : Pixabay.com/@Jinhahahaha).
Sukabumi15 Mei 2024, 20:22 WIB

Usai Autopsi, Jenazah Korban Pembunuhan di Kalibunder Sukabumi Dimakamkan

Korban pembunuhan anak kandung dimakamkan di kampung halamannya di Kalibunder Sukabumi.
Puluhan warga, sanak saudara hingga pemerintah kewilayahan setempat mengiri pemakaman jenazah korban pembunuhan anak kandung di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life15 Mei 2024, 20:00 WIB

Kenali 8 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua!

Anak yang stres karena sering dimarahi orang tua mungkin menunjukkan rasa takut atau kecemasan yang berlebihan, terutama terhadap situasi yang terkait dengan orang tua atau lingkungan rumah.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua. (Sumber : Pexels/JuanPhotoAndVideo)
Sukabumi15 Mei 2024, 19:13 WIB

9 PPK Bermasalah di Pileg 2024 Lolos 10 Besar Penyelenggara Pilkada di Kota Sukabumi

Terdapat 9 nama PPK yang bermasalah di Pileg 2024 dinyatakan lolos 10 besar calon PPK Pilkada Serentak 2024, ini kata KPU Kota Sukabumi.
Ilustrasi PPK Pilkada Serentak 2024. | Foto : Sukabumi Update
Bola15 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Madura United vs Borneo FC di Semifinal Leg 1 Championship Series

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : maduraunitedfc.com/Ist).
Nasional15 Mei 2024, 18:01 WIB

Gempa M5,4 Guncang Kepulauan Seribu, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Berikut hasil analisis BMKG soal gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta.
Episenter Gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta (Sumber : BMKG)
Life15 Mei 2024, 18:00 WIB

3 Doa Penenang Hati untuk Diamalkan Sebagai Penangkal Masalah dan Kegelisahan Hidup

Doa penenang hati dapat membantu kita mengalihkan fokus dari masalah dan kekhawatiran dan mengingat hal-hal positif dalam hidup.
Ilustrasi sedih dan gelisah -  Doa penenang hati dapat membantu kita mengalihkan fokus dari masalah dan kekhawatiran dan mengingat hal-hal positif dalam hidup. | (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 17:30 WIB

Jantung Sehat dan Hidup Bahagia, 3 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Pada Lansia

Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)