5 Tips Atasi Takut saat Memulai Usaha, Pemula Perlu Tahu!

Selasa 17 Oktober 2023, 08:40 WIB
Ilustrasi rencana bisnis saat memulai usaha. | Foto: takeitpersonelly.com

Ilustrasi rencana bisnis saat memulai usaha. | Foto: takeitpersonelly.com

SUKABUMIUPDATE.com - Usaha atau Wirausaha menjadi salah satu jalan yang ditempuh seseorang untuk meraih uang. Jalan ini bisa menjadi alternatif bagi seseorang yang enggan terus menerus bekerja untuk orang lain.

Dilansir dari trenasia.com, banyak Gen Z di negara maju seperti Amerika Serikat lebih memilih membuka usaha ketimbang terus bekerja.

Namun, sejumlah orang merasa ragu dan takut ketika akan memulai usaha, seperti ketakutan gagal dan kerugian dari modal yang dikeluarkan.

Pada artikel kali ini akan dibahas lima tips atau cara untuk mengatasi rasa takut saat memulai usaha yang disadur dari berbagai sumber.

1. Mengetahui Penyebab Rasa Takut

Tips yang pertama adalah mengetahui hal-hal yang menyebabkan rasa takut ketika memulai usaha.

Rasa takut seseorang pada saat memulai usaha tidak dapat sepenuhnya dihilangkan, namun dapat dikendalikan.

Seseorang perlu mengetahui apa saja solusi atau rencana terhadap suatu masalah pada bisnis nantinya, dengan begitu rasa takut bisa dikurangi atau dikendalikan.

2. Membuat Rencana Bisnis

Sebuah bisnis tidak dapat dimulai secara serampangan, agar dapat berjalan dengan baik dan meraih keuntungan yang diharapkan.

Rencana bisnis ini diperlukan untuk mengetahui ke mana arah jalan usaha seseorang, seperti produk apa yang akan dijual serta produk turunan atau sampingannya.

Selain itu dalam rencana bisnis juga, perlu ditekankan terkait Segmentasi, Target dan Positioning pasar. Tidak lupa juga dengan saluran marketing yang akan dipakai, apakah secara offline door-to-door atau online memanfaatkan media sosial.

Lalu rencana bisnis juga diperlukan untuk membuat rencana cadangan bilamana jalan usaha tidak berlangsung sesuai harapan.

Baca Juga: Entrepreneurship Mahasiswa: Pengusaha Sukabumi Gelontorkan Stimulan Rp 40 Juta

3. Memulai Usaha Tanpa Meninggalkan Pekerjaan

Tips ketiga agar tidak takut saat memulai usaha adalah dengan cara memulai bisnis tanpa meninggalkan pekerjaan.

Masa-masa awal wirausaha sering kali tidak stabil dan belum tentu mendapatkan keuntungan dengan cepat dan sesuai harapan.

Agar ada bumper keuangan, maka akan lebih baik jika ketika baru memulai usaha, jangan dulu keluar dari pekerjaan. Dengan begitu, keadaan financial masih bisa terjaga.

4. Perluas Koneksi dan Wawasan

Agar ketakutan akan gagal dalam berusaha, bisa diatasi dengan cara memperluas koneksi serat wawasan.

Seseorang bisa memanfaatkan koneksi untuk memperluas aksi marketing atau menawarkan produk. Selain itu, koneksi juga bisa digunakan untuk meminta saran agar bisnis dapat berjalan dengan baik.

Seseorang yang mulai merintis usaha, perlu juga memperluas wawasan agar tahu apa saja kebutuhan pasar terkini.

5. Siap Menghadapi Kegagalan

Tips terakhir agar seseorang tidak terlalu takut akan kegagalan dalam merintis usaha, adalah meyakinkan diri dan siap bilamana suatu saat usaha yang dirintis gagal.

Hal ini diperlukan agar seseorang tidak terguncang ketika usaha yang dirintisnya mengalami kegagalan. Yakinkan dalam hati dan pikiran bahwa suatu usaha dapat berhasil atau sebaliknya.

Sumber: zahiraccounting.com | cermati.com | trenasia.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat18 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Minuman Alami dan Sehat untuk Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi

Memasukkan lima minuman ini ke dalam rutinitas harian Anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung.
Ilustrasi Teh Kembang Sepatu - Memasukkan lima minuman ini ke dalam rutinitas harian Anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung. | (Sumber : Freepik.com/@ azerbaijan_stockers)
Sehat18 Mei 2024, 08:00 WIB

10 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan, Bisa Mengurangi Stres dan Cemas

Salah satu manfaat daun pegagan yaitu sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah terkait daya ingat dan gangguan kognitif.
Ilustrasi. Manfaat daun pegagan ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah terkait daya ingat dan gangguan kognitif. (Sumber : Instagram/@rimaummurayna)
Sukabumi18 Mei 2024, 07:36 WIB

Tak Ingin Kejadian Anak Bunuh Ibu Terulang, Ini Upaya Forkopimcam Kalibunder Sukabumi

Forkopimcam Kalibunder Sukabumi menggelar rapat koordinasi bahas masalah pendidikan dan sosial budaya di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Forkopimcam Kalibunder Sukabumi rakor soal masalah pendidikan dan sosial budaya di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life18 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya, Bersikap Bijaksana

Meskipun anak yang memiliki sifat-sifat dewasa bisa menjadi keuntungan, penting bagi mereka untuk tetap mendapatkan dukungan yang tepat agar tidak merasa terbebani oleh tanggung jawab yang berlebihan terlalu cepat.
Ilustrasi. Kenali Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya. (Sumber : Pixabay/GerdAltmann)
Sehat18 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel, Cara Membuat Infused Water Kayu Manis untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kayu manis dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol "jahat") dan trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Kayu Manis (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stock)
Science18 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Mei 2024, Sukabumi Potensi Hujan Ringan di Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions)
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Minim Lulusan SMA, Disdik Ungkap Kondisi Pendidikan di Tempat Tinggal Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Perwakilan Disdik Kabupaten Sukabumi ungkap kondisi pendidikan di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)