Lulusan SMA Merapat! Ini Formasi CPNS 2023 Tanpa Syarat Tinggi Badan

Rabu 28 Desember 2022, 15:00 WIB
Merujuk pada rekrutmen tahun-tahun sebelumnya selalu ada formasi CPNS tanpa syarat tinggi badan bagi pelamarnya (Sumber : Ist via idcpns.com)

Merujuk pada rekrutmen tahun-tahun sebelumnya selalu ada formasi CPNS tanpa syarat tinggi badan bagi pelamarnya (Sumber : Ist via idcpns.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar baik untuk yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pasalnya pemerintah telah memastikan akan membuka rekrutmen penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk tahun 2023.

Rekrutmen ini terdiri dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Pemerintah sudah memutuskan untuk melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK pada tahun 2023," tegas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, di Jakarta, seperti dikutip dari menpan.go.id, Rabu (28/12/2022).

Baca Juga: Catat! Penerimaan 849 Formasi PPPK KKP RI, Jadwal Pelaksanaan hingga Call Center

Pada rekrutmen CPNS kali ini, para lulusan SMA diprediksi akan kembali mendapatkan peluang yang sama di rekrutmen CPNS 2023 mendatang.

Ada banyak peluang menjadi ASN bagi lulusan SMA, salah satunya melalui sekolah kedinasan yang dibuka pemerintah.

Namun, melansir dari Suara.com, seringkali formasi CPNS 2023 lulusan SMA mengharuskan pelamarnya memenuhi syarat tinggi badan tertentu. Hal ini seringkali menjadi kendala bagi para lulusan SMA.

Baca Juga: Perjuangan Abdul Azis di Indonesian Idol 2023, Remaja Sukabumi Ini 8 Kali Ikut Ajang Cari Bakat

Bagi Anda lulusan SMA yang memiliki tinggi badan tidak sesuai syarat tinggi badan masuk sekolah kedinasan, Anda tak perlu berkecil hati. Ada beberapa formasi CPNS 2023 lulusan SMA tanpa syarat tinggi badan yang diprediksi akan dibuka pada rekrutmen CPNS 2023.

Formasi CPNS 2023 Lulusan SMA Tanpa Tinggi Badan

1. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

Kementerian Hukum dan HAM yang berada di bawah naungan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menjadi salah satu instansi pemerintah yang langganan membuka formasi CPNS lulusan SMA.

Ada dua formasi CPNS yang biasanya diperuntukkan bagi lulusan SMA atau sederajat, yakni penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian.

Baca Juga: 50 Link Twibbon Tahun Baru Gratis untuk Dipasang di Media Sosial

2. Kejaksaan

Selain Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan juga sering membuka peluang bagi lulusan SMA untuk mengisi formasi CPNS di Kejaksaan.

Merujuk pada formasi CPNS 2022 lalu, lulusan SMA akan diproyeksikan untuk mengisi posisi sebagai pengawal tahanan dan pengadministrasi penanganan perkara.

Syarat khusus yang dibutuhkan untuk kedua formasi tersebut adalah memiliki SIM A dan SIM C, sertifikat komputer dan sertifikat beladiri diutamakan.

Baca Juga: BMKG Rilis Daftar Wilayah Potensi Awan Cumulonimbus hingga (2/1/2023), Apa Itu?

3. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang mengepalai Kementerian Perhubungan juga kerap membuka formasi CPNS lulusan SMA tanpa syarat tinggi badan. Pelamar hanya perlu mempersiapkan sertifikat bahasa Inggris atau komputer untuk nilai tambah.

Beberapa formasi CPNS yang selalu dibuka hampir di tiap tahun antara lain aviation security, Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran, teknisi sarana dan prasarana, serta teknisi peralatan listrik dan elektronika.

Baca Juga: Teerasil Dangda dan Dua Pemain Thailand Ini Wajib Diwaspadai Timnas Indonesia

4. Badan SAR Nasional (Basarnas)

Bagi lulusan SMA yang berminat bergabung dengan Badan SAR Nasional, biasanya instansi ini membuka formasi CPNS 2023 untuk mengisi sebagai Rescuer atau penyelamat.

Persyaratan utama yang dibutuhkan untuk mengisi formasi ini adalah sertifikat selam atau sertifikat renang atau sertifikat pelatihan SAR.

5. Kementerian Pertahanan (Kemenhan)

Kementerian Pertahanan biasanya juga membuka formasi CPNS lulusan SMA. Seperti pada CPNS 2021 lalu, formasi Unit Organisasi terbuka untuk dilamar oleh lulusan SMA.

Baca Juga: Berujung Maaf, Viral Penumpang Pajero Ngamuk Pukul Alat EDC SPBU di Purbalingga

Ada 1.456 formasi yang dibuka untuk mengisi Unit Organisasi Kementerian Pertahanan, Mabes TNI, TNI AD, TNI AU hingga TNI AL.

itulah beberapa formasi CPNS lulusan SMA tanpa syarat tinggi badan yang biasanya dibuka. Tunggu informasi terkini terkait daftar formasi CPNS 2023 selengkapnya.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science31 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 30 Mei 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Bulan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 31 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 31 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi Memilih31 Mei 2024, 00:01 WIB

KPU Pastikan Gunakan Kembali Sirekap untuk Pilkada 2024

KPU sedang menyusun daftar perbaikan untuk fitur di Sirekap agar bisa digunakan kembali pada Pilkada 2024.
Aplikasi sirekap Pemilu dipakai kembali KPU di Pilkada 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Mei 2024, 23:25 WIB

3 Kampus di Sukabumi Raih Peringkat Perguruan Tinggi Terpopuler Versi UniRank

UniRank merilis sebanyak 596 Perguruan Tinggi yang memenuhi kriteria seleksi. Dari sejumlah tersebut, tiga diantaranya Perguruan Tinggi yang ada di Sukabumi.
Kampus Universitas Nusa Putra Sukabumi | Foto : Istimewa
Sukabumi30 Mei 2024, 23:20 WIB

Nabung Rp30 Ribu Selama 10 Tahun, Tukang Batu Asal Sukabumi Wujudkan Mimpi Naik Haji

Cerita Abad, tukang batu asal Surade Sukabumi sisihkan penghasilan selama 10 tahun agar bisa mewujudkan mimpinya naik haji.
Kisah tukang batu asal Surade Sukabumi bernama Abad (66 tahun). Menanti hingga 10 tahun untuk bisa mewujudkan mimpinya naik haji. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Mei 2024, 22:46 WIB

Replika Gigi Megalodon Surade Sukabumi Hilang dan Patah

Replika ini dibuat sesuai dengan apa yang ditemukan oleh masyarakat Desa Gunung Sungging, bahkan giginya disesuaikan dengan jumlah yang ditemukan, yakni sebanyak 242 buah berjejer pada rahang atas dan bawah.
Replika fosil rahang Megalodon, giginya hilang dan patah | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi30 Mei 2024, 22:30 WIB

Rawan Kecelakaan, PU Pasang Rambu Peringatan di Jalan Amblas Simpenan Sukabumi

Dinas PU Kabupaten Sukabumi melalui UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu memasang sejumlah rambu peringatan di jalan amblas yang berada di Simpenan Sukabumi.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi pasang rambu peringatan di ruas jalan amblas di Simpenan. (Sumber : Istimewa)
Jawa Barat30 Mei 2024, 22:02 WIB

Kisah Adu Kesaktian Mbah Karang Bolong Melawan Jawara Jongos VOC di Pesisir Sukabumi

Pantai Karang Bolong yang berada diperbatasan Desa Cidahu Kecamatan Cibitung dan Desa Sukatani Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi menjadi saksi pertempuran sengit antara pasukan Belanda dengan keturunan kerajaan Cirebon.
Ilustrasi pertempuran antara Rd.Mas Martanagara alias Mbah Partadilaga atau Mbah Karang Bolong dengan Mbah Brojonoto terjadi dipesisir Pantai Karang Bolong | Foto : Dok Okezone dari Antara
Sukabumi30 Mei 2024, 21:23 WIB

Bahagianya Mak Paraji Warga Surade Sukabumi, Motor Kembali Usai Digondol Maling

Mak Paraji Dede Sumiati kehilangan motor saat tengah diparkirkan di dalam rumah, pada 29 April 2024 lalu. Saat terbangun pada waktu Subuh, motornya sudah hilang digondol maling.
Dede Sumiati (55 tahun) yang berprofesi sebagai Paraji saat mengambil motornya di Mapolres Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi30 Mei 2024, 21:06 WIB

Sembunyikan Sabu di Bungkus Jajanan dan Sedotan, Pria asal Wardoy Sukabumi Ditangkap

Polisi menangkap pengedar narkotika di Wardoy Sukabumi. Sembunyikan sabu di bungkus jajanan dan sedotan.
Barang bukti sabu seberat 10.28 gram yang diamankan polisi dari pria asal Wardoy Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Mei 2024, 20:45 WIB

Merasa Kehilangan Motor? Silakan Cek di Mapolres Sukabumi, Berikut Ini Jenisnya

Polres Sukabumi berhasil mengamankan sebanyak 21 unit sepeda motor berbagai merek yang merupakan hasil dari tindak pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).
Motor hasil curian diamankan di Mapolres Sukabumi di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi