Peneliti: 1.000 Lebih Aplikasi Android Kumpulkan Data Pengguna

Selasa 09 Juli 2019, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Para peneliti menemukan lebih dari 1.000 aplikasi Android yang melampaui batas, yang memungkinkan mengumpulkan data geolokasi yang tepat dan pengidentifikasi telepon di belakang pengguna. Bahkan itu terjadi ketika pengguna menolak izin untuk data tersebut, demikian dilaporkan laman CNET, Senin, 8 Juli 2019.

Izin pada aplikasi Android dimaksudkan menjadi penjaga untuk berapa banyak data yang diberikan perangkat pengguna. Jika tidak ingin aplikasi dapat membaca log panggilan, pengguna harus menolak akses itu. Namun, banyak aplikasi menemukan jalan keluar untuk tetap mendapatkan data tersebut.

Penemuan ini menyoroti betapa sulitnya untuk tetap menjaga privasi ketika online, terutama jika terhubung ke ponsel dan aplikasi seluler. Perusahaan teknologi memiliki segunung data pribadi tentang jutaan orang, termasuk di mana mereka berada, dengan siapa berteman dan apa yang mereka minati. 

Pembuat aturan sedang berusaha untuk menarik kembali hal itu dengan regulasi privasi, dan izin aplikasi seharusnya mengontrol data apa yang diberikan. Apple dan Google telah merilis fitur baru untuk meningkatkan privasi orang, tapi aplikasi terus menemukan cara tersembunyi untuk menyiasati perlindungan itu.

Para peneliti dari International Computer Science Institute menemukan hingga 1.325 aplikasi Android yang mengumpulkan data dari perangkat bahkan setelah konsumen secara eksplisit menolaknya. Serge Egelman, direktur penelitian keamanan dan privasi yang digunakan di ICSI, mempresentasikan penelitian pada akhir Juni di PrivacyCon Komisi Perdagangan Federal.

"Pada dasarnya, konsumen memiliki sedikit alat dan isyarat yang dapat mereka gunakan secara wajar mengendalikan privasi mereka dan membuat keputusan tentang hal itu," kata Egelman pada konferensi itu. "Jika pengembang aplikasi dapat menghindari sistem, maka meminta izin kepada konsumen relatif tidak berarti."

Egelman mengatakan para peneliti memberi tahu Google tentang masalah ini September lalu. Google mengatakan akan menangani masalah itu di Android Q, yang diharapkan akan dirilis tahun ini. 

Menurut Google, pembaruan akan mengatasi masalah dengan menyembunyikan informasi lokasi dalam foto dari aplikasi dan membutuhkan aplikasi apa pun yang mengakses Wi-Fi juga memiliki izin untuk data lokasi.

Studi mengamati lebih dari 88.000 aplikasi dari Google Play store, melacak bagaimana data ditransfer dari aplikasi ketika mereka ditolak izinnya. Dan terdapat 1.325 aplikasi yang melanggar izin pada Android menggunakan solusi disembunyikan dalam kodenya yang akan mengambil data pribadi dari sumber seperti koneksi Wi-Fi dan metadata yang disimpan dalam foto. 

Para peneliti menemukan bahwa Shutterfly, sebuah aplikasi pengeditan foto, telah mengumpulkan koordinat GPS dari foto, dan mengirimkan data itu ke servernya sendiri, bahkan ketika pengguna menolak memberikan izin aplikasi untuk mengakses data lokasi. 

Beberapa aplikasi mengandalkan aplikasi lain yang diberi izin untuk melihat data pribadi, membonceng akses mereka untuk mengumpulkan pengidentifikasi telepon seperti nomor IMEI Anda. Aplikasi ini akan membaca file yang tidak dilindungi pada microSD perangkat dan mengambil data yang tidak dapat mereka akses.

Jadi jika membiarkan aplikasi lain mengakses data pribadi, dan mereka menyimpannya di folder pada micro SD, aplikasi mata-mata ini akan dapat mengambil informasi itu. Meskipun hanya ada sekitar 13 aplikasi yang melakukan ini, tapi mereka diinstal lebih dari 17 juta kali, termasuk aplikasi seperti aplikasi taman Hong Kong Disneyland Baidu.

Sumber: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)
Life29 April 2024, 20:53 WIB

Bisa Berasal Dari Kemarahan, Ini 3 Penyebab Agresi Pada Balita

Ingin tahu mengapa balita Anda begitu marah dan agresif? Pelajari lebih lanjut tentang agresi balita, dan kapan harus khawatir.
Ilustrasi agresi pada balita / Sumber Foto: Freepik/@stocking
Life29 April 2024, 20:48 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang Disiplin Seumur Hidupnya

Melatih anak agar menjadi orang disiplin tentu sangat diidamkan semua orang tua. Oleh sebabnya, perlu dilakukan beberapa langkah mewujudkannya.
Ilustrasi. Cara melatih anak menjadi orang disiplin. | Sumber foto : Pexels/Gustavo Fring
Bola29 April 2024, 20:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024.
Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi29 April 2024, 20:29 WIB

Dibiayai Donatur, Siswa MI Gelarsari Sukabumi Setiap Hari Dapat Makan Siang Gratis

Kepala Sekolah (Kepsek) MI Gelarsari, Solahhudin Sanusi mengatakan program makan siang gratis tersebut merupakan bantuan dari lembaga swasta Indonesia Food Security Review (IFSR) yang berlokasi di Jakarta.
Para siswa MI Gelarsari Bantargadung Sukabumi saat menikmati makan siang gratis program lembaga swasta | Foto : Ilyas Sanubari
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 20:22 WIB

Terpukau dengan Gaya Main Timnas U-23, Badri Yakin Indonesia Bisa Taklukan Uzbekistan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi prediksi Timnas Indonesia U-23 menang lawan Uzbekistan dengan skor 2-1.
Badri Suhendri, MH / Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : sukabumiupdate
Sukabumi Memilih29 April 2024, 20:03 WIB

Antusias, 7 Orang Daftar Maju Pilkada Kota Sukabumi Lewat PDIP

Sejumlah tokoh sangat antusias mengikuti penjaringan bakal calon Walikota\Wakil Walikota dalam perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024 melalui DPC PDIP Kota Sukabumi.
Iwan Kustiawan, saat mendaftar menjadi bakal calon wali kota Sukabumi di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Life29 April 2024, 20:02 WIB

Temukan Alasannya Dengan Segera, Terapkan 10 Cara Berikut Agar Balita Berhenti Memukul

Meskipun balita belum memahami dampak dari memukul, namun sebenarnya mereka tidak memiliki niat jahat. Begini cara menangani agar mereka berhenti memukul.
Ilustrasi cara balita berhenti memukul / Sumber Foto : pexels.com/@Tatiana Syrokova
Sehat29 April 2024, 20:00 WIB

Cara Diet Sehat untuk Diabetes Tipe 1: Bantu Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Penderita diabetes tipe 1 harus berhati-hati dalam mengatur pola makannya untuk menjaga kestabilan kadar gula darah karena tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin secara alami.
Ilustrasi. Penderita diabetes tipe 1 harus berhati-hati dalam mengatur pola makannya untuk menjaga kestabilan kadar gula darah karena tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin secara alami. (Sumber : Pexels/NataliyaVaitkevich)