Rekomendasi 5 Taman Indah di Cianjur yang Cocok Untuk Liburan keluarga

Sabtu 09 September 2023, 12:00 WIB
Kebun Raya Cibodas Cianjur salah satu dari Rekomendasi 5 Taman Indah di Cianjur yang Cocok Untuk Liburan keluarga| Foto : kebunraya.id

Kebun Raya Cibodas Cianjur salah satu dari Rekomendasi 5 Taman Indah di Cianjur yang Cocok Untuk Liburan keluarga| Foto : kebunraya.id

SUKABUMIUPDATE.com - Cianjur menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki beragam destinasi wisata salah satunya taman wisata dengan pemandangan alam indah yang cocok untuk liburan keluarga.

Beberapa taman di Cianjur bahkan ada yang berlokasi di kaki Gunung Gede Pangrango sehingga menjadikan lokasi taman memiliki udara sejuk yang menyegarkan.

Destinasi wisata ini banyak dikunjungi tak hanya oleh warga Cianjur tapi juga oleh wisatawan dari kota lain seperti Sukabumi, Bogor, Bandung, Depok Jakarta dan lainnya.

Baca Juga: Wisata Situ Sangkuriang, Hidden Gem di Timur Bandung yang Masih Asri

Nah, jika memiliki rencana berlibur bersama keluarga ke Kota Tauco (julukan Cianjur), berikut lima taman indah di Cianjur yang bisa dikunjungi.

1. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas Cianjur | Foto : IstKebun Raya Cibodas Cianjur | Foto : Ist

Kebun Raya Cibodas menjadi destinasi wisata yang sudah terkenal sejak dulu. Taman luas yang memiliki keindahan alam luar biasa ini terletak tepat di kaki Gunung Gede Pangrango.

Kebun Raya Cibodas beralamat di Desa Cibodas, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Taman ini merupakan salah satu taman botani terbesar di Indonesia.

Kebun Raya Cibodas memiliki berbagai macam koleksi tumbuhan, termasuk tumbuhan langka dan tropis.
Taman indah di Cianjur ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 16.00 WIB, namun untuk hari libur, taman ini buka mulai pukul 07.00 WIB.

Pengunjung yang datang akan dikenakan biaya tiket sebesar 15.500 belum termasuk parkir kendaraan.

Baca Juga: Wisata Petik Strawberry di Puncak Cianjur, Berlibur Sambil Panen Buah Segar

2. Taman Bunga Nusantara

Taman bunga nusantara Cianjur | Foto : IstTaman bunga nusantara Cianjur | Foto : Ist

Nah, untuk yang ingin berlibur sambil menikmati hamparan berbagai jenis bunga, Taman Bunga Nusantara Cianjur bisa menjadi pilihan tepat.

Taman indah di Cianjur ini berlokasi di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Taman Bunga Nusantara memiliki luas sekitar 35 hektare dan memiliki berbagai macam koleksi bunga, termasuk bunga mawar, tulip, anggrek, dan lain-lain.

Di taman ini juga memiliki berbagai konsep taman seperti taman Jepang yang bernuansa Jepang, taman meksiko, taman Amerika, Taman Bali dan banyak lagi.

Selain itu terdapat juga berbagai atraksi menarik lain seperti kolam ikan, air mancur, labirin hingga menara pandang untuk melihat ke sekeliling Taman Bunga Nusantara dari ketinggian.

Harga tiket masuk Taman Bunga Nusantara sebesar Rp 50 ribu belum termasuk parkir kendaraan.

Baca Juga: Pantai Karang Gantungan, Hidden Gem Wisata Alam Sukabumi

3. Taman Alun-alun Cianjur

Taman alun-alun Cianjur | Foto: Facebook @mas_poerwantoTaman alun-alun Cianjur | Foto: Facebook @mas_poerwanto

Taman Alun-alun Cianjur menjadi salah satu taman yang menjadi favorit keluarga. Taman indah di Cianjur satu ini berada di pusat Kota Cianjur.

Taman Alun-alun Cianjur memiliki luas sekitar lima hektare dan memiliki berbagai macam fasilitas, termasuk jalur jogging, air mancur, dan taman bermain untuk anak.

Taman ini juga kerap dikunjungi pada malam hari karena hiasan lampu-lampu di sekitar taman terlihat cantik saat malam.

Baca Juga: Wisata Baru di Sukabumi Ini Suguhkan Panorama Sunset, Cocok Untuk Introvert!

4. Taman Prawatasari

Taman Prawatasari Cianjur | Foto: Facebook/Taman Prawatasari Cianjur OfficialTaman Prawatasari Cianjur | Foto: Facebook/Taman Prawatasari Cianjur Official

Taman Prawatasari merupakan taman yang terletak Jl. Surya Kencana No.1, Sawah Gede, Cianjur, Jawa Barat. Taman indah di Cianjur ini memiliki luas sekitar tiga hektare dan memiliki berbagai macam fasilitas, termasuk jalur jogging, air mancur, dan taman bermain.

Taman Prawatasari buka hampir setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB (hari Jumat libur) dengan biaya tiket sebesar Rp 8000.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi, Pantai hingga Goa

5. Hutan Kota Cianjur (Hukoci)

Hutan Kota Cianjur (Hukoci) | Foto: IstimewaHutan Kota Cianjur (Hukoci) | Foto: Istimewa

Hutan Kota Kabupaten Cianjur atau yang biasa dikenal dengan nama Hukoci (HUtan KOta CIanjur) adalah hutan kota yang terletak di Jalan Raya Bandung, Cianjur. Tepatnya berada di Desa Babakan Karet, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Hutan ini memiliki luas sekitar 20 hektare. Meski disebut hutan, namun, Hukoci memiliki berbagai fasilitas seperti jogging trek, air mancur, dan taman bermain.

Hutan kota ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-18.00. Pengunjung yang datang tidak dikenakan biaya alias gratis.

Itulah lima taman indah di Cianjur yang cocok dijadikan lokasi wisata keluarga.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life17 Mei 2024, 14:15 WIB

Orang Tua Perlu Tahu, 3 Alasan Mengapa Anak Berani Berbohong

Anak yang sering berbohong seringkali mengalami kesulitan dalam membangun hati nurani yang benar serta dapat dengan jelas belum bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah.
Ilustrasi ketika seorang anak berani berbohong kepada orang tuanya (Sumber : Pexels.com/@KetutSubiyanto)
Sukabumi Memilih17 Mei 2024, 14:07 WIB

5 Dari 10 PPK Bermasalah Kembali Dilantik, Ini Alibi KPU Kota Sukabumi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi melantik 35 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2024. Kamis (16/5/2024).
Ketua KPU Kota Sukabumi, Imam Sutrisno saat diwawancarai soal PPK bermasalah kembali dilantik | Foto : Asep Awaludin
Sehat17 Mei 2024, 14:00 WIB

6 Langkah Membuat Teh Rosemary di Rumah untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Teh rosemary menawarkan cara alami dan efektif untuk mendukung kesehatan jantung dan mengatur kadar kolesterol.
Ilustrasi - Teh rosemary menawarkan cara alami dan efektif untuk mendukung kesehatan jantung dan mengatur kadar kolesterol. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Jawa Barat17 Mei 2024, 13:51 WIB

Hotman Paris Sebut BAP Vina Cirebon Berubah Soal 3 DPO, Mabes Polri Turun Tangan

dugaan ini dilatari fakta meski sudah 8 tahun berlalu, tiga pelaku pembunuhan Vina Cirebon dan Eki belum juga tertangkap
Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea, resmi menjadi  kuasa hukum keluarga Vina Dewi Arsita alias Vina Cirebon, kasus pembunuhannya yang 8 tahun ‘terlupakan’. (Sumber: youtube kapanlagi.com)
Life17 Mei 2024, 13:45 WIB

Jangan Khawatir Bunda, Ini 6 Tips Memberikan ASI Untuk Bayi yang Rewel

Memiliki bayi yang rewel saat diberi ASI memang dapat menggoyahkan rasa percaya diri, namun bagi banyak orang tua mencari bantuan yang tepat adalah hal yang sepadan dengan waktu dan upaya yang diperlukan.
Ilustrasi menenangkan anak yang rewel ketika akan diberikan ASI (Sumber : Pexels.com/@RDNEstockproject)
Life17 Mei 2024, 13:30 WIB

7 Gaya Hidup Sehat untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Lengkap Menu Makan Sehari!

Dengan mengikuti langkah-langkah gaya hidup sehat, Anda dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi secara signifikan dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.
Ilustrasi. Menu Makan Sehat. Gaya Hidup yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi. (Sumber : Pexels/FoodieFactor)
Sehat17 Mei 2024, 13:15 WIB

7 Gejala Asam Urat Pada Pria, Terasa di Kaki dan Jari Tangan Saat Malam Hari

Gejala asam urat pada pria ternyata bisa dirasakan pada kaki dan jari, terutama di malam hari. Waspadai gejala yang muncul ketika asam urat kambuh. Bila semakin parah sebaiknya segera periksa ke dokter atau layanan kesehatan lain
Begini 7 gejala asam urat yang terjadi pada pria, terasa setiap malam hari. (Sumber : freepik.com/@javi_indy)
Sehat17 Mei 2024, 13:00 WIB

Solusi Taklukan Serangan Asam Urat: 8 Cara Mengobatinya di Rumah dengan Bahan Alami

Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang menyebabkan nyeri dan bengkak pada persendian.
Ilustrasi - Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang menyebabkan nyeri dan bengkak pada persendian. (Sumber : Freepik.com).
Sehat17 Mei 2024, 12:45 WIB

7 Minuman Herbal Ini Mampu Obati Asam Urat, Minum Tiap Pagi Hari!

Asam urat adalah penyakit yang menyerang bagian sendi dan sering menimbulkan rasa nyeri yang begitu menyakitkan, sampai tidak beraktivitas. Terntaya ada beberapa minuman herbal yang bisa mengobati asam urat
Ilustrasi teh jah yang merupakan salah satu dari tujuh minuman herbal yang dapat mengobati asam urat (Sumber : Freepik.com)
Life17 Mei 2024, 12:30 WIB

10 Cara Meredakan Nyeri Asam Urat dengan Pengobatan Alami dan Perubahan Gaya Hidup

Meredakan Nyeri Asam Urat. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu menjaga kesehatan sendi dan mengurangi risiko serangan gout.
Ilustrasi. Cara Meredakan Nyeri Asam Urat dengan Pengobatan Alami dan Perubahan Gaya Hidup (Sumber : Pexels/EllaColsson)