5 Artis Ini Mantap Jadi Mualaf Karena Sering Mendengar Kumandang Adzan Subuh

Selasa 04 April 2023, 16:30 WIB
5 Arti Ini Mantap Jadi Mualaf Karena Sering Mendengar Kumandang Adzan Subuh. | (Sumber : Instagram/@dj_kattybutterfly36/@djorghisultan/@t10nugroho.)

5 Arti Ini Mantap Jadi Mualaf Karena Sering Mendengar Kumandang Adzan Subuh. | (Sumber : Instagram/@dj_kattybutterfly36/@djorghisultan/@t10nugroho.)

SUKABUMIUPDATE.com - Lantunan kumandang adzan subuh sebagai seruan bagi umat Muslim untuk menjalankan ibadah shalat, ternyata mengetuk hati beberapa artis tanah air yang akhirnya memutuskan mualaf dan masuk Islam.

Sejumlah artis itu memutuskan masuk Islam karena tersentuh hatinya dengan seruan adzan. Bahkan, beberapa diantaranya memeluk agama Islam karena sering mendengar adzan subuh.

Mengutip Akurat.co, berikut ini adalah beberapa artis yang jadi mualaf karena kerap mendengar kumandang adzan subuh

1. DJ Katty Butterfly

Artis mualaf DJ Katty Butterfly. | Instagram/@dj_kattybutterfly36Artis mualaf DJ Katty Butterfly. | Instagram/@dj_kattybutterfly36.

DJ Katty Butterfly mengejutkan publik, setelah ia memutuskan memeluk agama Islam pada 29 Oktober 2020 lalu. Dibimbing oleh Pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji, Yogyakarta, Gus Miftah, DJ Butterfly mengucapkan dua kalimat syahadat untuk berpindah keyakinan menjadi seorang muslim.

Baca Juga: Viral Penampakan Pocong Loncat-Loncat Terekam CCTV di Rumah Jessica Iskandar

Dalam pengakuannya, DJ Butterfly mengatakan ia sudah ingin menjadi seorang muslim sejak 6 tahun lamanya. Keinginannya memeluk agama Islam pun muncul, bermula saat ia pulang dari kelab malam, dan mendengarkan suara azan.

"Aku setiap hari dengar suara azan, aku dengarnya sampai merinding. Kayak ingin jadi seorang muslim. Ada rasa dalam hati," ujar DJ Butterfly saat menjadi bintang tamu di kanal YouTube Atta Aurel.

2. Esal Revano

Artis mualaf Esal Revano. | Instagram/@revanersindonesiaArtis mualaf Esal Revano. | Instagram/@revanersindonesia.

Pengalaman spiritual yang hampir sama dengan DJ Butterfly juga dialami oleh penyanyi sekaligus aktor muda, Esal Revano. Ia memutuskan menjadi mualaf dengan mengucapkan dua kalimat syahadat, pada tahun 2017 lalu.

Baca Juga: Federasi Sepakbola Prancis Tolak Memberi Izin Pemain Muslim Buka Puasa

Esal Revano menceritakan, keinginannya memeluk agama Islam bermula saat ia kerap mendengarkan azan subuh. Saat itu, ia seperti mendapatkan ketenangan dalam hatinya. Esal pun kemudian semakin tertarik dengan agama Islam hingga akhirnya memutuskan mualaf.

3. Sultan Djorghi

Artis mualaf Sultan Djorghi. | Instagram/@djorghisultanArtis mualaf Sultan Djorghi. | Instagram/@djorghisultan.

Sultan Djorghi merupakan salah satu artis yang lahir dari orang tua yang berbeda agama. Meski demikian, kedua orang tua Sultan membebaskannya untuk memeluk agama apa saja.

Sultan sendiri sejak kecil memeluk agama Kristen, mengikuti sang ayah. Hingga akhirnya, menginjak remaja ia memeluk agama Islam.

Baca Juga: Persib Bandung vs Persis Solo: Susunan Pemain, Head to Head dan Prediksi Skor

Menurut Sultan, ia memutuskan memeluk Islam setelah melalui pengalaman spiritual yang berkesan. Saat itu, Sultan selalu gelisah menjelang tidur, hingga ia kerap begadang hingga subuh.

Anehnya, menurut Sultan, setiap ia mendengar azan subuh, kegelisahan dalam dirinya hilang. Ia merasa tenang hingga akhirnya bisa terlelap tidur. Karena mendapat ketenangan saat mendengar azan, Sultan pun kemudian mempelajari agama Islam hingga akhirnya memutuskan mualaf.

"Dulu itu, saya dibilang susah tidur. Pokoknya tidak nyaman. Saya bisa tidur setelah mendengar azan subuh," ujar Sultan, dikutip dari kanal YouTube SCTV.

4. Wahyu Soeparno Putro

Artis mualaf Wahyu Soeparno Putro. | IstimewaArtis mualaf Wahyu Soeparno Putro. | Istimewa.

Wahyu Soeparno Putro merupakan salah satu artis yang memutuskan mualaf setelah kerap mendengar adzan subuh. Menurut pemain sinetron 'Berbagi Cinta' dan 'Toyib Minta Kawin' ini, awalnya ia risih mendengar suara adzan.

Baca Juga: Telat Sahur, Apa Masih Boleh Minum Saat Adzan Subuh? Ini Kata Ulama

Pasalnya, pria berdarah campuran Skotlandia ini hidup di Australia yang notabene tidak pernah mendengar suara azan. Setelah pindah ke Yogyakarta, Wahyu Soeparno justru kerap tidurnya terganggu karena mendengar suara adzan subuh.

Akibatnya, pria pemilik nama asli Dale Andrew Collins-Smith ini pun selalu terbangun saat adzan berkumandang. Menariknya, meski awalnya merasa risih dan terganggu, Wahyu justru penasaran dengan azan subuh, yang kemudian membuatnya mempelajari agama Islam.

Setelah mengetahui ajaran agama Islam, Wahyu pun kemudian memutuskan memeluk Islam.

5. Tio Nugroho

Artis mualaf Tio Nugroho. | Instagram/t10nugrohoArtis mualaf Tio Nugroho. | Instagram/t10nugroho.


Pembawa acara olahraga Tio Nugroho juga memeluk agama Islam, setelah kerap mendengar adzan subuh. Sebelumnya, Tio merupakan pemeluk agama Katolik.

Keputusan Tio memeluk Islam bermula, saat di bulan Mei 2019 lalu, ia mengisi program olahraga di TVRI. Sepulang dari tempat kerja, ia tiba-tiba merasa merinding saat mendengar suara adzan subuh.

"Selama 42 tahun saya hidup, saya sering dengar suara azan lima kali sehari tapi biasa saja. Tapi, hari itu saya merinding. Rasanya seperti disetrum," ujar Tio.

Baca Juga: 5 Artis Non Muslim yang Ikutan Puasa di Bulan Ramadan, Toleransi yang Indah

Setelah merasa ada yang aneh pada dirinya, Tio pun kemudian singgah di sebuah masjid. Ia duduk di teras masjid dan menyaksikan orang-orang tengah berwudhu untuk salat berjamaah. Tio pun merasakan adanya kedamaian.

Karena kejadian tersebut, Tio pun merasa tertarik dengan Islam, hingga akhirnya ia memutuskan mualaf pada Sabtu, 1 Juni 2019. Tio mengucapkan dua kalimat syahadat di kediaman Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin, dan dituntun langsung oleh Ma'ruf Amin.

Itu dia deretan selebriti Tanah Air, yang putuskan memeluk agama Islam setelah mendengar adzan subuh.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa