Anggota DPRD Sukabumi Soal Dermaga Mangkrak di Cisolok: Harus Dibangun dari Nol

Jumat 07 Juli 2023, 01:29 WIB
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi  Nasrudin Sumitrapura didampingi Kades Cikahuripan Heri Suryana saat ditanya awak media di acara Hari Nelayan Cisolok, Rabu (6/7/2023). (Sumber : SU/Ilyas Supendi)

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Nasrudin Sumitrapura didampingi Kades Cikahuripan Heri Suryana saat ditanya awak media di acara Hari Nelayan Cisolok, Rabu (6/7/2023). (Sumber : SU/Ilyas Supendi)

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi PDI Perjuangan, Nasrudin Sumitrapura merespon aspirasi nelayan Cisolok yang mempertanyakan kelanjutan pembangunan dermaga di Desa Cikahuripan yang belasan tahun mangkrak.

Menurut Nasrudin, dirinya telah mendapat kabar bahwa pembangunan dermaga di kawasan tersebut akan dilakukan dari nol serta akan dibuat sodetan baru untuk sungai yang ada saat ini.

“Kami mendapat kabar bahwa nanti itu memang akan dibangun dari nol lagi. Termasuk sungai yang mengirimkan pasir sehingga menjadi daratan lagi. Nanti akan dialihkan fungsinya, jadi bikin sodetan baru,” kata dia kepada awak media saat menghadiri acara Hari Nelayan Cisolok ke-26 Rabu 6 Juli 2023.

Kabar tersebut ia dapatkan setelah beberapa bulan kebelakang ada peninjauan langsung oleh sejumlah anggota DPRD Provinsi Jawa Barat ke dermaga mangkrak yang berada di Kampung Pajagan Desa Cikahuripan tersebut.

Baca Juga: Mangkrak, Nelayan Cisolok Sukabumi Pertanyakan Kelanjutan Pembangunan Dermaga

Dengan kehadiran mereka, Nasrudin berharap proyek pembangunan dermaga yang menurutnya sudah jadi Proyek Strategis Nasional (PSN) ini bisa dibantu anggarannya dari APBD Provinsi Jabar.

“Mudah-mudahan dianggarkan tahun 2023 ini di bantuan provinsi. Karena ini merupakan PSN, biaya yang (dikeluarkan) cukup banyak sampai ratusan miliar informasinya,” ujarnya.

Menurut Nasrudin, masyarakat nelayan Cisolok menginginkan adanya perbaikan dermaga tersebut dan bukan pemeliharaan. Hal itu memungkinkan nelayan untuk menyandarkan perahunya dengan nyaman dan aman.

“Jadi ini inginnya sekaligus, jangan nuntut. Kalau hanya ada uang misal berapa miliar itu kan hanya sifatnya pemeliharaan. Tapi ini tidak usah dipelihara lagi, harus dibangun dari awal,” tegasnya.

“Mudah-mudahan rencana itu segera terealisasi pada masa pemerintahan Kepala Desa Cikahuripan saat ini (Heri Suryana). Karena beliau sangat mensuport segala bentuk yang berhubungan dengan peningkatan kesejahteraan nelayan di sini,” tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment21 Februari 2024, 09:15 WIB

Jual 2 Mobil Cuma Dapat 10 Suara, Dede Sunandar Beda Nasib dengan Komeng

Dede Sunandar gagal nyaleg, hanya dapat 10 suara dari hasil jual 2 mobil.
Dede Sunandar gagal nyaleg, hanya dapat 10 suara dari hasil jual 2 mobil. (Sumber : Instagram/@dede_sunandar).
Sehat21 Februari 2024, 09:00 WIB

8 Makanan Terbaik untuk Mengurangi Risiko Terkena Alzheimer dan Demensia

Menurut beberapa penelitian, sejumlah makanan dipercaya mampu mengurangi seseorang terkena risiko penyakit Alzheimer dan Demensia.
Ilustrasi Berry - Menurut beberapa penelitian, sejumlah makanan dipercaya mampu mengurangi seseorang terkena risiko penyakit Alzheimer dan Demensia. (Sumber : pexels.com /@Josh Sorenson).
Life21 Februari 2024, 08:00 WIB

Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan

Berikut ini kepribadian seseorang dilihat dari cara mereka mengetik pesan singkat
Ilustrasi - Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan (Sumber : Freepik/tirachardz)
Produk21 Februari 2024, 07:25 WIB

Jelang Ramadan, Harga Cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi Tembus Rp90 Ribu Per Kg

Pedagang ungkap penyebab semakin pedasnya harga cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024.
Harga cabai mahal di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024. Pedagang ungkap penyebabnya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Februari 2024, 07:00 WIB

Harganya Seringkali Mahal, Simak 10 Cara Menanam Cabai Rawit di Polybag

Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan
Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan (Sumber : Freepik/Racool_studio)
Food & Travel21 Februari 2024, 06:00 WIB

Resep Roti Telur Lipat Korea, Inspirasi Sarapan Enak untuk Anak-anak

Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak.
Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak. (Sumber : YouTube/@Devina Hermawan).
Science21 Februari 2024, 05:30 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 21 Februari 2024, Cek Daerah Mana Saja yang Hujan!

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya | Foto: Pixabay
Life21 Februari 2024, 05:00 WIB

Doa Malam Nisfu Sya’ban dari Nabi Yunus AS, Amalkan Sebanyak 3 Kali

Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan.
Ilustrasi - Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan. | (Sumber : Pixabay.com)
Nasional20 Februari 2024, 22:52 WIB

KPU Sebut Ada Kesalahan Data Pileg di 4.167 TPS dan Pilpres di 1.223 TPS

KPU mengungkapkan adanya kesalahan data pemilihan legislatif atau pileg di 4.167 Tempat Pemungutan Suara atau TPS di Indonesia.
Konferensi pers KPU soal perkembangan Pemilu 2024. (Sumber : KPU RI)
Nasional20 Februari 2024, 22:30 WIB

Perpres Publisher Rights Resmi Disahkan Presiden Jokowi, Ini Harapan AMSI

AMSI mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Perpres Publisher Rights.
Pengesahan Perpres Publisher Rights diumumkan oleh Presiden Jokowi dihadapan para pimpinan perusahaan media dan organisasi jurnalis pada puncak peringatan Hari Pers Nasional di Ancol, Jakarta. (Sumber : Istimewa)