Mangkrak, Nelayan Cisolok Sukabumi Pertanyakan Kelanjutan Pembangunan Dermaga

Kamis 06 Juli 2023, 08:42 WIB
Kondisi pesisir Cisolok Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)

Kondisi pesisir Cisolok Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)

SUKABUMIUPDATE.com - Di balik kemeriahan Hari Nelayan Cisolok ke-26 di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pajagan, Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, terselip harapan ihwal kelanjutan proyek pembangunan Dermaga yang belasan tahun mangkrak.

Kepala Desa Cikahuripan Heri Suryana mengatakan, dari seluruh unsur yang hadir dalam kegiatan tahunan itu diharapkan dapat menjembatani harapan sekaligus aspirasi tersebut terhadap pemerintah pusat. Sebab, kata dia, keberadaan dermaga yang layak menjadi salah satu penunjang yang dapat meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat nelayan.

“Tujuan lain kami memperingati hari nelayan ini untuk menarik pemerintah, supaya dengan adanya hari nelayan bisa melihat keadaan pendaratan perahu nelayan, yang pembangunannya mangkrak dari tahun 2007 sampai saat ini. Itu sudah kurang lebih 16 tahun,” ungkap Heri yang juga Penanggungjawab Hari Nelayan Cisolok ke 26 kepada awak media.

Baca Juga: Karnaval Hingga Tabur Bunga, Melihat Puncak Syukuran Nelayan Cisolok Sukabumi

Heri menuturkan, keberadaan dermaga digunakan untuk tempat pendaratan perahu nelayan agar aman dan nyaman dari gangguan gelombang. Namun kondisi bangunan dermaga hasil termin pertama yang sudah ada ditambah break water (pemecah ombak) di kawasan itu nyatanya belum bisa memberi manfaat tersebut kepada nelayan.

"Memang bisa dilihat keberadaannya belum bisa dimanfaatkan oleh masyarakat nelayan. Sehingga pada saat ini masyarakat keluh kesah ternyata pas sudah dibangun, dengan anggaran yang miliaran ternyata ini menjadi masalah bagi masyarakat nelayan. Bahkan beberapa waktu lalu hampir ada korban karena perahu nelayan tidak bisa mendarat karena ombak besar. Bangunan yang ada sekarang itu mungkin kurang kajian sehingga pada saat ini malah tidak terpakai," ujarnya.

“Kalau pembangunan Dermaga ini terkaji dengan baik, saya yakin fasilitas ini bisa dimanfaatkan. Tetapi kenyataannya memang mangkrak, berarti dari perencanaan dan pelaksanaan semuanya tidak sesuai,” sambungnya.

Kades Cikahuripan Heri Suryana (berpeci hitam) di tengah kemeriahan hari Nelayan Cisolok ke-26 sampaikan aspirasi terkait pembangunan dermaga.Kades Cikahuripan Heri Suryana (berpeci hitam) di tengah kemeriahan hari Nelayan Cisolok ke-26 sampaikan aspirasi terkait pembangunan dermaga.

Sementara itu, Nandang perwakilan dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) DPC Kabupaten Sukabumi membenarkan soal harapan masyarakat nelayan Cisolok soal keberadaan dermaga yang layak untuk tempat perahu berlabuh.

"Sebetulnya kita sudah berjuang sangat lama bahkan kita sudah pernah terjun langsung untuk membantu masyarakat nelayan yang khusus ada di Cisolok tentang pembangunan dermaga. Beberapa tahun ke belakang bahkan sempat datang utusan Pak Presiden ke sini dan kami dari HNSI juga sempat hadir mendampingi," kata Nandang.

Berdasarkan catatan sukabumiupdate.com, utusan presiden yang dimaksud Nandang adalah Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman. Luhut diketahui pernah melakukan kunjungan kerja ke Desa Cikahuripan, pada 19 Maret 2019 silam.

Baca Juga: Menteri Luhut Sebut Dermaga Cikahuripan Cisolok Mangkrak Karena Salah Desain

"Beliau pernah menjanjikan untuk sesegera mungkin membangun dermaga yang ada Cisolok ini. Tapi kenyataanya, perjuangan kami sampai saat ini harus berlanjut artinya kami menjadi kepanjangan tangan dan penyambung lidah aspirasi nelayan Cisolok dan ini harus kami perjuangkan kembali sampai akhirnya pembangunan tersebut bisa di realisasi," pungkasnya.

Ditempat yang sama, Asda II Bidang Pembangunan Ekonomi Kabupaten Sukabumi, Achmad Riadi mengklaim, pemkab sudah mengajukan pembangunan lanjutan Dermaga Pajagan kepada pemerintah pusat dan provinsi Jawa Barat.

“Kita sudah mengusulkan ke pemerintah pusat dan pemerintah provinsi, insya allah pembangunan dermaga di Cisolok ini segera akan terealisasi,” kata Achmad singkat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan28 April 2024, 17:11 WIB

6 Kesalahan Sepele yang Menyulitkan Anda Hidup Kaya, Yuk Evaluasi Diri!

Orang yang sulit sukses dan kaya hidupnya tentu disebabkan oleh beberapa alasan krusial sehingga membuat masa depannya mandeg atau stagnan.
Ilustrasi. Alasan hidup sulit sukses dan kaya. | Sumber foto : Pexels/Nicola Barts
Musik28 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut

Inilah Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki yang Dinyanyikan oleh Lyodra sebagai Original Soundtrack atau OST Film Ipar Adalah Maut.
Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut. Foto : YouTube/LyodraOfficial
Sukabumi28 April 2024, 16:57 WIB

Warga Keluhkan Sampah Bau Busuk Dibiarkan Menumpuk di Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi

Warga keluhkan tumpukan salah di pinggir Jalan Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi. Baunya tak sedap hingga bahayakan pengguna jalan.
Tumpukan sampah berserakan ke pinggir jalan di Kampung Pangsor Lio, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Life28 April 2024, 16:30 WIB

Bersikap Fleksibel, 10 Cara Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik Untuk Anak

Dari mengajukan pertanyaan hingga berlatih mendengarkan secara aktif, trik berikut akan membantu Anda menjadi orang tua yang lebih baik.
Ilustrasi. Cara menjadi orang tua yang lebih baik. Sumber : Freepik/@freepik
Sukabumi28 April 2024, 16:12 WIB

Lewat Harmoni Budaya, IPB Sukabumi Ajak Generasi Muda Lestarikan Nilai Luhur Bangsa

Harmoni Budaya 2024 diharapkan menjadi titik awal bagi semangat pelestarian budaya dan penyaluran bakat seni generasi muda Sukabumi.
Acara Harmoni Budaya 2024 diresmikan secara simbolik oleh Dr. Ir. Aceng Hidayat MT. selaku Dekan Sekolah Vokasi IPB University, dan Rita Handayani S.Ip. M.Si. perwakilan dari Disdikbud Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 16:00 WIB

7 Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya

Kekakuan mental atau ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar atau teknologi bisa menjadi penghalang bagi kemajuan finansial sehingga membuat orang miskin sulit kaya.
Ilustrasi. Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya (Sumber : Pexels/JoaoJesus)
Life28 April 2024, 15:30 WIB

9 Cara Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama Anak Demi Keluarga Bahagia

Ingin meningkatkan hubungan Anda dengan anak sekaligus mendorong perkembangan sosial dan emosionalnya? Menghabiskan waktu bersama mereka dapat melakukan hal-hal ini dan banyak lagi.
Ilustrasi. Keluarga bahagia. Tips menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Sumber : Freepik/@pressfoto
Inspirasi28 April 2024, 15:00 WIB

Info Lowongan Lulusan S1, Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun

Berikut Informasi Lengkap Lowongan Lulusan S1 untuk Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun.
Ilustrasi. Info Lowongan Lulusan S1, Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun (Sumber : Freepik)
Life28 April 2024, 14:50 WIB

6 Tanda Kamu Golongan Orang Serakah Terhadap Harta, Ini Buktinya

Orang yang serakah terhadap harta bisa diperhatikan dari sikapnya yang cenderung berlebihan dalam mencari dan memelihara harta.
Ilustrasi. Tanda hidup serakah. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 14:32 WIB

Data Sementara BPBD: 17 Rumah di Kabupaten Sukabumi Rusak Akibat Gempa Laut Garut

Berikut rincian wilayah yang terdampak gempa laut Garut M6,2 di Kabupaten Sukabumi.
Rumah rusak akibat gempa laut Garut di Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)