4 Gejala Demam Berdarah Selain Bintik Merah di Kulit

Selasa 29 Januari 2019, 00:40 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kasus demam berdarah dengue mulai merebak di sejumlah wilayah Indonesia. Curah hujan tinggi membuat genangan air yang menjadi tempat nyamuk bertelur dan berkembang biak.

Jenis nyamuk yang memicu demam berdarah adalah nyamuk Aedes Aegypti. Ini merupakan jenis nyamuk pembawa virus dengue yang nantinya ditransfer oleh nyamuk melalui darah.

Gejala penyakit demam berdarah tidak dirasakan seketika setelah seseorang digigit nyamuk Aedes Aegypti. Gejalanya baru muncul sekitar 4 sampai 10 hari setelah seseorang digigitan nyamuk.

Salah satu gejala yang paling umum diperhatikan adalah munculnya bintik-bintik merah di kulit. Ini menjadi indikasi yang paling mudah dideteksi karena kasat mata. Namun kenyataannya penyakit demam berdarah tak selalu menunjukkan gejala tersebut.

Mengutip laman WebMD dan Mayo Clinic, berikut beberapa gejala demam berdarah yang harus diperhatikan selain dari indikasi bintik merah di kulit.

1. Mendadak demam tinggi
Demam adalah kondisi yang biasa dirasakan saat sedang sakit. Namun, demam pada penderita demam berdarah terjadi secara mendadak dan langsung mencapai 40 derajat celcius. Demam ini berdiri sendiri atau tidak disertai indikasi penyakit lainnya, seperti flu.

2. Sakit kepala, terutama pada bagian belakang mata
Beberapa jam setelah demam tinggi, umumnya penderita demam berdarah akan merasakan sakit kepala yang cukup parah. Area sakit di kepala juga spesifik, yakni di sekitar dahi dan belakang mata.

3. Mual dan muntah
Para ahli menemukan hubungan antara masalah pencernaan dengan demam berdarah. Sebabnya, pertarungan sistem kekebalan tubuh seseorang dengan virus dengue. Meski begitu, kondisi mual dan muntah ini tidak selalu terjadi pada seluruh penderita demam berdarah.

4. Lemas
Demam disertai sakit kepala dan mual yang terjadi pada penderita demam berdarah dapat menurunkan nafsu makan. Kondisi berimbas pada tubuh yang kekurangan gizi dan vitamin dari asupan makanan sehingga menyebabkan penderita demam berdarah menjadi lemas.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram