6 Manfaat Baik Anak Belajar Memasak Secara Aktif

Minggu 02 Desember 2018, 13:35 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sering sekali orang tua marah ketika mereka sedang memasak, sang anak justru ikut 'membantu' mereka di dapur. Maklum saja, anak-anak yang sangat ingin tahu ini biasanya akan membuat kotor dapur dan bahkan bisa saja merusak bahan makanan atau alat masak. Masalah lain lagi yang dikhawatirkan kebanyakan orang tua adalah dalam hal keamanan anak.

Kebiasaan melarang anak ikut memasak di dapur tidak ada dalam kamus ahli masak Putri Habibie. Penemu LadyBake Cooking Class itu justru akan sangat senang bila anak-anak ikut bersamanya mengolah makanan. "Banyak sekali pelajaran yang bisa didapat anak saat ikut aktif belajar masak di dapur," katanya dalam peluncuran buku 'My Little Home Cook' Selasa 27 November 2018 di Jakarta.

Mengajak anak memasak di dapur tentu saja bukan berarti memberikannya pisau yang super tajam atau membiarkannya menyalakan kompor. Putri mengatakan para orang tua bisa saja mengajak masak dengan meminta mereka memotong buah yang lembut seperti pepaya atau strawberry dengan menggunakan pisau plastik. "Bila ingin lebih sulit bisa dengan meminta mereka memecahkan telur," kata Putri.

Berikut 7 manfaat baik mengajak anak memasak versi Putri Habibie.

1. Memelihara Ikatan Emosional dan Komunikasi
Memasak bersama juga bisa menjadi sarana untuk memperkuat hubungan antar personil. Memasak untuk orang lain adalah tindakan altruisme, sebuah sikap yang menunjukkan perhatian atau mengutamakan kepentingan orang lain.

Hal ini sangat positif karena dapat membuat orang lain bahagia. Memasak juga bisa membantu rasa kepercayaan, memiliki arti, rasa saling memiliki, kehangatan, dan keintiman antar anggota keluarga. Kondisi ini diyakini mampu meningkatkan rasa bahagia, kesejahteraan, dan menurunkan depresi. Kegiatan seperti membahas resep, memahami petunjuk, kesulitan dan memuji hasil karya memasak juga melatih kemampuan konsentrasi dan komunikasi anak.

2. Menjadi Lebih Sehat
Setelah anak mampu menghargai makanan, tertarik mencoba sayuran dan buah, anak nantinya akan mulai bijaksana dalam memilih serta mengonsumsi makanan itu dalam jangka panjang. Artinya, ia pun akan semakin sehat. Dengan terbiasa memasak, anak juga akan mengetahui manfaat nutrisi, ia juga akan paham konsekuensi bila tidak mengonsumsi makanan sehat. Kebiasaan yang ia dapatkan saat kecil akan berpengaruh besar dalam tumbuh kembangnya. Jadi, mengajarkan anak untuk mengonsumsi makanan sehat ini, sama dengan memberinya bekal untuk masa depannya.

3. Mandiri
Dalam fase hidup buah hati di masa depan, anak pasti akan dituntut untuk mandiri. Mungkin saat ia kuliah di luar kota, mulai hidup sendiri untuk bekerja, atau sudah berkeluarga, kegiatan memasak pastinya sangat berguna untuknya. keterampilan memasak itu bisa menyelamatkannya dari situasi sulit ketika anak dituntut harus bisa mengurus dirinya sendiri.

4. Menghargai Makanan
Memasak bersama di kecil bisa membuat mereka untuk lebih menghargai makanan. Proses memasak dari persiapan, pembuatan, dan mencuci bahan serta memasak, membuat anak belajar mengetahui proses makanan yang panjang sehingga rasa menghargai makanan akan lebih tinggi. Dengan begitu, anak tidak akan terbiasa membuang-buang makanan dengan cara tidak menghabiskannya.

5. Lebih Bijak Memilih Makanan
Orang tua tentunya perlu mendampingi anak-anak dalam memasak. Orang tua bisa bercerita tentang berbagai manfaat bahan-bahan yang digunakan. Hal ini penting karena dengan mengetahui manfaat nutrisi dalam makanan, maka akan berdampak pada anak agar lebih bijak dalam memilih makanan.

6. Berhemat
Anak yang sudah mulai bisa memasak biasanya akan memilih membawa bekal makanan sendiri. Selain karena alasan kesehatan, mereka juga bisa berhemat dan bijaksana dalam membelanjakan uang saku. Dengan terbiasa membawa bekal yang sehat sendiri, anak jadi tidak terbiasa jajan. Sehingga saat dewasa, ia pun akan bisa berhemat dengan cara membeli bahan masakan dan memasaknya di rumah.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life01 Mei 2024, 21:31 WIB

Fokus Pada Jangka Panjang, Ini 10 Tips Menerapkan Disiplin Pada Anak Tetap Konsisten

Penerapan disiplin pada anak tidaklah mudah, maka dari itu orang tua perlu melakukannya dengan konsisten.
Ilustrasi menerapkan disiplin tetap konsisten / Sumber : pexels.com/@Emma Bauso
Sehat01 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi dalam Tubuh

Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif.
Ilustrasi - Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
DPRD Kab. Sukabumi01 Mei 2024, 20:56 WIB

May Day, Komisi IV DPRD Sukabumi Serap Aspirasi Buruh Terkait Upah Hingga Isu Pungli

Komisi IV DPRD Sukabumi serap aspirasi serikat buruh terkait upah hingga isu praktik pungli di perusahaan.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar terima kunjungan serikat buruh di momen May Day 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat01 Mei 2024, 20:30 WIB

Pantangan! 4 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi.
Ilustrasi - Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi. (Sumber : pexels.com/@Julia Filirovska).
Life01 Mei 2024, 20:00 WIB

8 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental, Melepaskan Emosi yang Terpendam

Salah Satu Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental Yakni Menjadi Sarana Melepaskan Emosi yang Terpendam.
Ilustrasi. Bersedih. Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental. (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi01 Mei 2024, 19:57 WIB

Termasuk Bule, Uluran Tangan Berdatangan Bantu Titin Penghuni Rumah Reyot di Sukabumi

Bantuan mulai berdatangan untuk mak Titin, janda paruh baya asal Surade Sukabumi yang sebatang kara huni rumah reyot.
Seorang Bule asal Australia saat berkunjung ke rumah Mak Titin di Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 19:30 WIB

7 Sikap Sederhana yang Membuat Kamu Bisa Dikagumi Banyak Orang

Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan.
Ilustrasi - Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan. (Sumber : Freepik.com)
Sehat01 Mei 2024, 19:00 WIB

10 Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, jadi carilah pola tidur yang paling cocok untuk penderita asam urat dan konsultasikan dengan dokter jika memiliki masalah tidur yang berkelanjutan.
Ilustrasi. Nyenyak. Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Life01 Mei 2024, 18:49 WIB

6 Rahasia agar Selalu Dipercaya Orang Lain Secara Konsisten, Ini Caranya

Setiap orang harus belajar dan menerapkan prinsip bagaimana caranya agar selalu dipercaya orang lain dalam hidupnya.
Ilustrasi. Berikut cara selalu dipercaya orang lain. | Sumber foto : Pexels/ Tima Miroshnichenko
Motor01 Mei 2024, 18:30 WIB

Intip Spesifikasi Honda Vario 125 Terbaru Edisi Mei 2024, Segini Harganya!

Honda Vario 125 2024 masih merupakan pilihan yang menarik bagi para pengendara motor matic di Indonesia.
Honda Vario 125 2024 masih merupakan pilihan yang menarik bagi para pengendara motor matic di Indonesia. (Sumber : astra-honda.com).