Piala Afrika: Berikut Hasil Pertandingan Grup B dan C

Selasa 11 Januari 2022, 16:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Piala Afrika grup B dan C memainkan pertandingan pembuka pada Senin, 10 Januari - Selasa, 11 Januari 2022.

Berikut rekap hasil pertandingan grup B dan C melansir dari Tempo.co.

Senegal vs Zimbabwe

Stiker Senegal Sadio Mane sukses menjalankan tugas sebagai eksekutor tendangan penalti pada menit 90+7 untuk membawa favorit juara Piala Afrika 2021 itu menang tipis 1-0 atas Zimbabwe, Senin malam ini, di Bafoussam, Kamerun.

Pertandingan pertama Grup B ini merupakan salah satu dari empat pertandingan fase grup Piala Afrika untuk Senin malam sampai Selasa dini hari.

Bek Zimbabwe Kelvin Madzongwe dinyatakan melakukan pelanggaran karena menghalangi laju bola dengan tangan terjulur dari tubuhnya di area penalti.

Peristiwa ini sangat menyesakkan dada skuad Zimbabwe karena pertandingan tengah memasuki detik terakhir waktu tambahan babak kedua.

Senegal menempati peringkat teratas Afrika tetapi hanya memiliki 18 pemain yang bisa dipasang bermain untuk untuk pertandingan pembuka fase grupnya.

Ini terjadi karena kasus virus corona baru dan cedera. Meskipun demikian secara umum mereka mendominasi laga dan menciptakan peluang gol lebih banyak dari lawannya.

photo(Ilustrasi) Pertandingan Senegal vs Zimbabwe di Piala Afrika 2021 - (Instagram/footballsenegal)</span

Maroko vs Ghana

Pemain Maroko Sofiane Boufal memanfaatkan bola muntah untuk mencetak gol tujuh menit menjelang pertandingan berakhir guna mengamankan kemenangan 1-0 atas Ghana dalam pertandingan pembuka Grup C Piala Afrika.

Boufal mencetak gol dari jarak dekat setelah Zakaria Aboukhlal merangsek ke area penalti untuk menguji pertahanan Ghana yang hanya dihadapi Thomas Partey. Namun, bola kemudian bergerak tepat ke arah Boufal yang tak ayal dia ubah menjadi gol.

Kedua tim sama-sama menunjukkan kekuatan dalam bertahan tetapi tidak terlalu mengesankan dalam menyerang.

Maroko masih mendapatkan dua peluang emas ketika tandukan kapten Romain Saiss melebar dari gawang setelah meneruskan tendangan bebas pada menit ke-87.

Kemudian pada waktu tambahan kiper Ghana Joe Wollacott menghentikan sebuah tembakan keras dari jarak dekat.

Ghana sendiri hanya menciptakan dua peluang emas, yakni ketika Joseph Paintsil melepaskan tembakan yang mengarah ke sudut atas gawang pada menit ke-70 namun dimentahkan kiper Maroko Yassine Bounou.

Kemudian peluang dari bola mati pada menit ke-31 tetapi tendangan bebas Partey melambung di atas mistar.

Maroko pernah sekali menjuarai Piala Afrika pada 1976 sementara Ghana sudah empat kali menjuarainya dan terakhir pada 1982.

Maroko selanjutnya akan menghadapi Kepulauan Comoros pada Jumat yang disusul laga Ghana melawan Gabon.

Guinea vs Malawi

Bek kiri Guinea Issiaga Sylla mencetak gol pada babak pertama untuk membawa timnya menang 1-0 atas Malawi dalam pertandingan Grup B Piala Afrika di Stadion Kouekong di Bafoussam.

Malawi yang tampil ketiga kalinya dalam putaran final Piala Afrika dan pertama sejak 2010 terpangkas skuadnya karena 13 pemainnya tak bisa diturunkan akibat COVID-19 sehingga terpaksa hanya bisa memasang empat pemain cadangan termasuk dua penjaga gawang.

Mereka menyia-nyiakan sejumlah peluang emas yang akhirnya dipaksa menyesali kemandulannya pada menit ke-35 ketika pemain depan Guinea Jose Kante menerobos pertahanan mereka sebelum memberikan umpan sempurna kepada Sylla guna mencetak gol dari jarak dekat.

Malawi lebih banyak menciptakan peluang tetapi tidak tenang dalam menuntaskannya selain juga karena tangguhnya kiper Guinea Aly Keita.

Peluang terbaiknya terjadi pada menit ke-16 ketika umpan buruk Mohamed Ali Camara di daerah pertahanan sendiri dicegat oleh Chester yang berlari menuju gawang yang kurang terjaga.

Tetapi dia panik dan terlalu cepat mengeksekusi bola serta lemah sehingga penjaga gawang bisa dengan mudah menangkalnya.

Pemain Malawi Peter Banda juga gagal menciptakan gol ketika tembakan melengkungnya ke pojok atas tapi Keita menyapunya dengan luar biasa.

Guinea juga menciptakan peluang lain dan peluang gol pertama mereka terjadi pada pertengahan babak pertama ketika sundulan Ibrahima Sory Conte dari sepak pojok membentur tiang gawang.

Namun pertaruhan Sylla untuk masuk kotak penalti ketika Kante berusaha menyapu bola menjadi momen penentu saat dia mendapat kesempatan bersih melepaskan tembakan jarak dekat yang melewati hadangan kiper Ernest Kakhobwe untuk menjaringkan gol ketiganya untuk timnas Guinea.

Guinea pun mendampingi Senegal di puncak klasemen grup setelah yang terakhir ini mengalahkan Zimbabwe 1-0 dalam pertandingan pembuka kedua tim berkat penalti Sadio Mane pada menit ke-97.

Kedua tim yang memuncaki klasemen ini akan bertemu dalam pertandingan kedua fase grup mereka di tempat yang sama Jumat nanti.

Gabon vs Comoros

Gol Aaron Boupendza dari sudut sempit memastikan kemenangan 1-0 Gabon atas debutan Piala Afrika Kepulauan Comoros dalam pertandingan pembuka kedua tim di Grup C.

Gabon yang kehilangan Pierre-Emerick Aubameyang dan gelandang berpengaruh Mario Lemina karena infeksi COVID-19, tidak terlihat bermasalah.

Mereka mencetak satu dari beberapa tembakan tepat sasaran di Stade Ahmadou Ahidjo, Kamerun, dalam laga ini.

Boupendza menembakkan bola ke arah gawang setelah berdiri bebas di dalam kotak penalti lawan yang membuat Gabon mencatat kemenangan pertamanya dalam putaran final Piala Afrika sejak mengalahkan Burkina Faso 2-0 pada fase grup edisi 2015.

Gabon kini sama-sama memuncaki klasemen grup bersama Maroko yang mengalahkan Ghana 1-0 sekitar dua jam sebelumnya.

Gabon akan menghadapi Ghana dalam pertandingan kedua mereka Jumat, ketika dua tim lain dalam grup sama juga akan saling berhadapan.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat07 Mei 2024, 08:00 WIB

Tetap Hati-hati, Ini 7 Tantangan Hidup Sehat Bagi Penderita Asam Lambung

Stres dapat meningkatkan produksi asam lambung dalam tubuh, sehingga dapat memperburuk gejala asam lambung.
Ilustrasi - Sakit Perut. Tantangan Hidup Sehat Bagi Penderita Asam Lambung. (Sumber : Freepik.com/@diana.grytsku)
Life07 Mei 2024, 07:00 WIB

7 Ciri Anak Stres Karena Memiliki Masalah di Sekolah, Tingkahnya Beda!

Anak yang bermasalah di sekolah bisa kehilangan nafsu makan atau makan berlebihan sebagai respons terhadap stres, dan juga mungkin memiliki masalah tidur, seperti kesulitan tidur atau terbangun dalam tidur.
Ilustrasi. Ciri Anak Stres Karena Memiliki Masalah di Sekolah (Sumber : pixabay.com/@ธนาวุธเกตุชีพ)
Sehat07 Mei 2024, 06:00 WIB

5 Air Rebusan untuk Mengobati Asam Lambung Secara Alami

Cara membuat air rebusan untuk mengobati asam lambung bisa dengan mencampurkan salah satu atau beberapa bahan alami berikut ke dalam air panas, biarkan meresap beberapa saat, kemudian saring dan minum air rebusan tersebut.
Ilustrasi. Jahe. Air Rebusan untuk Mengobati Asam Lambung Secara Alami (Sumber : Freepik)
Science07 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 7 Mei 2024, Sukabumi Cerah dari Pagi Hingga Malam

Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi
Ilustrasi. Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi. | Foto: Pixabay/yeskay1211
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang