Curhat Zidane: Real Madrid Sudah Tidak Percaya Saya

Senin 31 Mei 2021, 20:16 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Zinedine Zidane menulis surat terbuka kepada fans Real Madrid yang diterbitkan surat kabar terkemuka di Spanyol. Mantan bintang Prancis yang dua kali melatih Real Madrid itu menuliskan semua perasaannya dan alasan di balik keputusan mengundurkan diri dari kursi manajer dan kepala pelatih Real Madrid.

"Pendukung Real Madrid yang terkasih, selama lebih 20 tahun, terhitung sejak hari pertama saya menjadi pemain dan tiba di Madrid sambil mengenakan kostum putih, kalian telah menunjukan cinta yang sangat luar biasa. Saya merasa ada sesuatu yang istimewa di antara kita," ungkap Zidane dalam suratnya yang dikutip dari Russia Today.

Ia merasa bangga telah mendapatkan kesempatan untuk menjadi pemain dan pelatih di klub yang selama ini ia idolakan.

"Tapi di atas segalanya, saya hanya penggemar Real Madrid. Untuk semua alasan ini saya menuliskan surat untuk mengucapkan selamat tinggal kepada kalian semua dan menjelaskan keputusan saya meninggalkan posisi pelatih," kata Zidane.

Zidane telah dua kali melatih Real Madrid, pertama pada 2016-2018 yang dibarengi banyak trofi, rekor tiga gelar Liga Champions berurutan, Piala Dunia Antarklub, Piala Super UEFA dua kali, satu gelar La Liga dan Piala Super Spanyol.

Kedua, pada 2019-2021, musim pertamanya ditandai dengan dua gelar yakni La Liga dan Piala Super. Namun, di musim 2020-2021, Zidane bersama Real Madrid berakhir tanpa gelar dan menelan kegagalan kedua berurutan di Liga Champions.

Baca Juga :

Zinedine Zidane Resmi Tinggalkan Real Madrid, Ini Catatan Prestasinya

Ia beralasan, timnya kini butuh pendekatan baru untuk dapat mempertahankan klub di level tertinggi Spanyol dan Eropa. 

"Saat ini, segalanya telah berbeda. Saya pergi karena merasa klub tidak lagi memiliki kepercayaan kepada saya. Padahal saya membutuhkan kepercayaan atau dukungan untuk membangun sesuatu dalam jangka menengah atau panjang. Saya memahami sepakbola dan saya tahu tuntutan klub sekelas Real Madrid. Saya tahu ketika tidak menang, saya harus hengkang," paparnya.

Zidane merasa, segala sesuatu yang ia bangun bersama timnya beberapa tahun terakhir, kini berakhir sia-sia dan tak dianggap oleh klub, seolah-olah semuanya terlupakan. 

"Saya adalah pemenang yang lahir secara alami. Saya datang untuk memenangkan trofi, ada berbagai rintangan untuk melalui itu semua. Namun, itulah dinamika klub," kata Zidane.

Tahun 2019, Zidane sempat bertahan karena satu hal, presiden Real Madrid, Florentino Perez dan para penggemar memintanya untuk tidak hengkang. 

Zidane merasa berhutang pada Perez karena telah menjadikannya pemain termahal di dunia pada tahun 2001 silam, ketika diboyong dari Juventus ke Santiago Bernabeu.

Namun, Zidane kerap disakiti oleh berbagai rumor yang mengatakan bahwa dirinya akan dipecat setelah kekalahan. Ia beberapa kali menyelidiki rumor itu, yang ternyata pesan yang dibocorkan manajemen Real Madrid ke media. 

Menurut Zidane, semua itu berdampak negatif pada klub, skuad dan menciptakan keraguan dan kesalahpahaman.

"Saya tidak mendapatkan rasa hormat dari klub. Memang hubungan saya dengan klub dan presiden selama beberapa bulan terakhir sedikit berbeda. Saya sebetulnya tidak meminta hak istimewa tentu saja tidak. Untungnya saya memiliki anak-anak yang luar biasa, yang bersama saya sampai mati. Ketika keadaan berubah menjadi buruk, mereka menyelamatkan saya dengan kemenangan luar biasa, karena mereka percaya pada saya dan tahu saya percaya pada mereka," ungkap Zidane.

photoZidane saat masih menjadi pemain Real Madrid - (sportingnews.com)</span

Meski dengan banyaknya prestasi yang ia torehkan untuk Real Madrid, ia merasa semua itu tak akan terwujud tanpa bantuan kerja tim yang baik antara dirinya dengan semua orang termasuk para pemain, pelatih, staf pelatih, karyawan dan fans sehingga memberikan kekuatan dan kepercayaan diri saat mereka bekerja.

"Saya dapat meyakinkan siapapun bahwa kami telah memberikan seratus persen kepada klub," tegas Zidane.

Zidane bersumpah akan tetap menjadi penggemar Real Madrid. Di satu sisi, ia juga menyesal berbicara kepada penggemar tentang hal ini.

Surat ini memiliki dampak seperti 'gelombang kejut' ke sekujur Spanyol dan dunia sepakbola. Fans Real Madrid kini menunggu respon Florentino Perez. 

Striker Real Madrid, Karim Benzema lebih dulu menanggapi kepergian Zidane. Ia sangat menyesali kepergian pelatihnya itu.

"Zidane pelatih hebat. Sebagai manusia, dia sempurna. Saya kecewa dia pergi, tapi hidup harus terus berjalan," kata Benzema.  

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi07 Mei 2024, 11:04 WIB

Literasi Digital, Pemkot Sukabumi Gelar EdukAsyik dengan Pendekatan Komunikasi Pribadi

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada pengguna internet.
Pemkot Sukabumi melalui Diskominfo menggelar EdukAsyik Literasi Digital di Hotel Balcony, Selasa (7/5/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life07 Mei 2024, 11:00 WIB

10 Tips Hidup Bahagia Meski Menghadapi Banyak Masalah, Ayo Lakukan!

Habiskan waktu dengan orang-orang yang Anda cintai dan hargai agar hidup bahagia meski banyak masalah.
Ilustrasi. Sahabat Baik. Tips Hidup Bahagia Meski Menghadapi Banyak Masalah, Ayo Lakukan! | (Sumber : Pixabay.com/Dimhou)
Sukabumi07 Mei 2024, 10:33 WIB

Diserahkan Kusmana, 1.070 KPM di Limusnunggal Sukabumi Terima Bantuan Beras

Bantuan ini merupakan bagian dari program pemerintah untuk membantu masyarakat.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menyerahkan bantuan pangan beras secara simbolis kepada KPM di Kelurahan Limusnunggal, Selasa (7/5/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi07 Mei 2024, 10:30 WIB

Info Lowongan Kerja Lulusan S1 untuk Pelamar Berpengalaman

Berikut Informasi Lengkap tentang Lowongan Kerja Lulusan S1 untuk Pelamar Berpengalaman. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Info Lowongan Kerja Lulusan S1 untuk Pelamar Berpengalaman (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Nasional07 Mei 2024, 10:04 WIB

Deklarasi Oposisi! Tiga Poin Ganjar Pranowo untuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

Pernyataan ini disampaikan Ganjar dalam sambutan kepada TPN Ganjar-Mahfud.
Ganjar Pranowo menyatakan oposisi terhadap pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Istimewa
Life07 Mei 2024, 10:00 WIB

Kemampuan Mengatasi Kegagalan, 7 Ciri Orang yang Akan Sukses di Masa Depan

Orang yang akan sukses di masa depan menunjukan ciri-ciri yang dapat dikenali.
Orang yang akan sukses di masa depan menunjukan ciri-ciri yang dapat dikenali. | (Sumber : Freepik.com/@kues)
Keuangan07 Mei 2024, 09:30 WIB

7 Tantangan Orang Kaya Agar Tidak Jatuh Miskin, Jangan Lengah!

Dengan manajemen keuangan yang tepat, disiplin, dan perencanaan yang baik, orang kaya dapat memitigasi risiko dan menjaga kekayaan mereka dari kemungkinan jatuh miskin.
Ilustrasi. Orang kaya. Ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi stabilitas keuangan seseorang meskipun memiliki kekayaan yang substansial. (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Sehat07 Mei 2024, 09:00 WIB

6 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Sakit Lambung, Maag dan Gangguan Pencernaan

Anda dapat mengatasi asam lambung dan meningkatkan kualitas hidup Anda dengan mengonsumsi bahan-bahan alami.
Ilustrasi Teh Chamomil - Anda dapat mengatasi asam lambung dan meningkatkan kualitas hidup Anda dengan mengonsumsi bahan-bahan alami.  (Sumber : Freepik.com/@8photo)
Nasional07 Mei 2024, 08:54 WIB

Tak Masuk Akal, Drh Slamet Kritik Rencana Impor Beras Akibat Gelombang Panas

Slamet menyebut kondisi negara-negara pengimpor lebih parah ketimbang Indonesia.
Anggota Komisi IV DPR RI F-PKS drh Slamet mengkritik rencana impor beras yang diusulkan pemerintah pada tahun ini. | Foto: Istimewa
Sukabumi07 Mei 2024, 08:30 WIB

Kota Sukabumi dalam Musrenbangnas 2024, Sinkronisasi dan Koordinasi Pembangunan

Kusmana akan bersinergi dengan pemerintah pusat dalam melaksanakan program.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji (kanan) dan Kepala BAPPEDA Kota Sukabumi Asep Suhendrawan (kiri) hadir dalam Musrenbangnas 2024, Senin, 6 Mei 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi