Antisipasi Kepunahan, Ilmuwan Berencana Bangun Gudang Sperma di Bulan

Selasa 23 Maret 2021, 08:28 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah ilmuwan dari Universitas Arizona mulai menyusun rencana pengiriman sperma dan sel telur ke Bulan sebagai upaya antisipasi kepunahan yang saat ini sudah mengancam akibat berbagai masalah yang ada di Bumi.

Dalam laporan berjudul "Lunar Pits and Lava Tubes for a Modern Ark", mereka mempresentasikan rencana pembangunan gudang sel reproduksi di dasar permukaan Bulan. Gudang ini berfungsi menyimpan sperma dan sel telur spesies Bumi untuk keperluan genting, seperti saat terjadi bencana yang secara drastis menurunkan jumlah populasi dunia.

Dikutip dari laporan penelitian yang dipublikasikan di website Researchgate, ada beberapa ratus lubang yang ditemukan di permukaan Bulan. Lubang ini dihipotesiskan sebagai sisa tabung lava. Mengingat Bulan tidak aktif secara geologis, maka tabung lava ini bisa menjadi tempat berlindung yang sangat baik.

Tabung lava ini tidak hanya bisa menjadi tempat berlindung bagi habitat manusia, namun juga bisa menjadi lokasi yang ideal untuk menampung benih, sperma, sel telur, serta DNA spesies hewan dan tumbuhan yang terancam punah di Bumi. Tabung lava Bulan adalah lokasi yang sangat baik, terlindung dari radiasi, perubahan suhu, dan dampak meteorit kecil. 

Laporan ini menyebut, Bumi sedang mengalami perubahan signifikan yang mengakibatkan hilangnya seluruh ekosistem, kepunahan ribuan spesies, dan membahayakan rantai makanan kritis yang dapat mengancam kelangsungan hidup manusia.

Bumi juga menghadapi ancaman perang nuklir yang mengerikan, perubahan iklim yang dipercepat, keracunan lingkungan, dan bencana alam seperti letusan gunung berapi super, gempa bumi, tsunami, dan dampak asteroid.

Lubang ini memiliki kedalaman hampir 80 meter dengan diameter 80-100 meter. Suhunya diperkirakan  -25 derajat celcius dibandingkan dengan suhu permukaan yang mencapai 130 derajat celcius pada siang hari dan hingga -150 derajat celcius pada malam hari.

Untuk menyimpan benih, sperma, sel telur, dan DNA akan membutuhkan suhu kriogenik (ilmu yang mempelajari materi dengan temperatur sangat rendah) di bawah -180 derajat celcius.

photoIlustrasi gudang sperma dan sel telur di Bulan - (YouTube/Jekan Thanga)

Kondisi tersebut memungkinkan untuk menyimpan biji-bijian, sel telur, sperma dengan aman, dan DNA pada suhu kriogenik tanpa risiko pembusukan selama beberapa waktu.

Laporan ini memperluas konsep sebelumnya tentang membangun basis manusia di dalam jaringan tabung lava untuk mengembangkan bahtera robot modern yang berisi benih, sel telur, sperma, dan DNA. 

Para ilmuwan ini mempersembahkan desain modular (bersifat standar) yang dapat diperluas dari bahtera modern yang akan melestarikan bio-material. Gudang penyimpanan tersebut akan diberdayakan menggunakan fotovoltaik (sektor teknologi dan penelitian yang berhubungan dengan aplikasi panel surya untuk energi dengan mengubah sinar Matahari menjadi listrik) yang terletak di permukaan Bulan

Sementara dikutip dari New York Post pada Selasa, 23 Maret 2021, tempat tersebut akan menjadi gudang sel reproduksi, sperma, dan sel telur dari 6,7 juta spesies di Bumi, termasuk manusia.

"Bumi secara alami adalah lingkungan yang mudah menguap," kata penulis laporan penelitian ini, Jekan Thangavelautham. Laporan ini pun telah disampaikan dalam Konferensi Dirgantara Institute of Electrical and Electronics Engineers pada 20 Maret 2021.

Thanga mengatakan, banyak tumbuhan dan hewan yang sangat terancam punah dan menyebut letusan Gunung Toba di Indonesia 75.000 tahun yang lalu sebagai alasan untuk khawatir, dengan mengatakan hal itu menyebabkan periode pendinginan 1.000 tahun dan sejalan dengan perkiraan penurunan dalam keragaman manusia. 

Thanga menambahkan bahwa dia mengaku terkejut dengan betapa hemat biayanya misi tersebut, menurut perkiraan back-of-an-envelope atau hitungan kasar.

Untuk mengangkut 50 sampel dari setiap spesies (target 6,7 juta) dibutuhkan 250 peluncuran roket. Sebagai perbandingan, 40 peluncuran diperlukan untuk membangun Stasiun Luar Angkasa Internasional yang berada di orbit rendah Bumi - jauh lebih dekat daripada bulan.

"Ini tidak terlalu besar," katanya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 10:30 WIB

10 Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur!

Yuk Praktekkan Sederet Cara Hidup Tenang Ini Meskipun Kamu Sedang Menghadapi Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur Ya!
Ilustrasi. Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan. (Sumber : Pexels/thnhphng)
Life03 Mei 2024, 10:20 WIB

Bantu Kelola Kecemasan, Ini 4 Manfaat Mendisiplinkan Anak yang Patut Diketahui

Bagaimana disiplin mengajarkan anak-anak untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab, berikut manfaat mendisiplinkan anak.
Ilustrasi manfaat mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Pixabay
Life03 Mei 2024, 10:03 WIB

Jangan Diterapkan, 3 Alasan Orang Tua Mendisiplinkan Anak dengan Memukul

Memukul adalah salah satu bentuk disiplin paling kontroversial yang dapat diterapkan oleh orang tua karena beberapa alasan.
Ilustrasi mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Romina Ordenez
Life03 Mei 2024, 10:00 WIB

Tanpa Disadari, 9 Sikap Mandiri Ini Bisa Mmebuatmu Hidup Bahagia dan Dihormati Orang Lain

Ada beberapa sikap mandiri yang membuat seseorang lebih hidup bahagia dan dihormati orang lain.
Ilustrasi - Ada beberapa sikap mandiri yang membuat seseorang lebih hidup bahagia dan dihormati orang lain. (Sumber : pexels.com/@Elliot Ogbeiwi)
Life03 Mei 2024, 09:30 WIB

Simpel Tapi Penting, Ini 7 Etika Ditraktir Orang yang Tidak Boleh Diremehkan

Terkadang seseorang lupa menggunakan etika yang baik saat ditraktir teman. Oleh karenanya penting diperhatikan apa saja yang harus diperhatikan saat ditraktir orang lain.
Ilustrasi. Etika saat ditraktir orang lain. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou
Cek Fakta03 Mei 2024, 09:08 WIB

Hoaks! Pfizer Minta Maaf Setelah Banyak yang Tewas karena Vaksin Covid-19

Pfizer memohon maaf atas satu twit dari pegawainya yang mempromosikan vaksin saat produk itu belum mendapat izin di Inggris.
(Foto Ilustrasi) Beredar informasi hoaks berisi narasi yang mengeklaim Pfizer memohon maaf terkait vaksin Covid-19 yang mereka buat dan edarkan. | Foto: Pixabay
Sehat03 Mei 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Mangga yang Efektif untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat menjadi obat untuk menurunkan kadar gula darah tinggi.
Ilustrasi - Daun mangga dapat menjadi obat untuk menurunkan kadar gula darah tinggi. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi03 Mei 2024, 08:51 WIB

Ditinggal Nonton Timnas vs Irak, Gudang dan Rumah Kebakaran di Purabaya Sukabumi

Adi meninggalkan lokasi pembakaran untuk menonton timnas Indonesia U-23.
Kebakaran gudang dan rumah di Kampung Cigembong RT 34/03 Desa Purabaya, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Kamis malam, 2 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Life03 Mei 2024, 08:30 WIB

6 Sikap Orang Tua yang Cepat atau Lambat Akan Merusak Mental Anak

Menjadi orang tua memang berat dan tidak mudah, terlebih dalam mendidik anak. Karena sekali salah sikap kepada anak, pengaruhnya bisa merusak mental.
Ilustrasi. Sikap orang tua yang merusak mental anak. Sumber foto : Pexels/Jonathan Borba
Bola03 Mei 2024, 08:21 WIB

Kalah dari Irak, Begini Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Irak menyamakan kedudukan melalui tandukan Zahid Taahsen pada menit ke-27.
Pemain timnas Indonesia U-23 saat bertemu Irak pada laga perebutan tempat ketiga terbaik Piala Asia U-23 2024 di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Kamis, 2 Mei 2024. | Foto: PSSI