Mengenal Black Hole, Lubang Hitam Mengerikan di Luar Angkasa

Selasa 19 Juli 2022, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Black Hole merupakan salah satu hal yang paling ditakuti di luar angkasa. Hal tersebut dikarenakan lubang hitam itu dapat menyerap segala hal yang ada di sekitarnya.

Melansir dari Live Science, Fisikawan Karl Schwarzschild secara tidak sengaja menemukan lubang hitam pada tahun 1916, ketika dia mencari solusi khusus untuk teori relativitas umum Einstein. 

Nah untuk kamu yang tertarik dengan Black Hole yang menyeramkan ini, kamu dapat melihat berbagai penjelasan dari Lubang Hitam ini yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga :

1. Proses Pembentukan Black Hole

photoIlustrasi Black Hole - (via: NASA/Robin Dienel/Carnegie Institution f)</span

Bintang menghasilkan cahaya dan panas karena mesin pada intinya di mana proses yang disebut fusi nuklir terjadi. 

Di sana, dua atom ringan bergabung bersama untuk membentuk atom yang lebih berat, sebuah proses yang melepaskan energi. 

Atom-atom yang lebih berat itu kemudian melebur membentuk atom-atom yang lebih berat lagi dan seterusnya untuk menjaga bintang tetap mengeluarkan cahaya serta panas.

Dengan demikian, ketika bintang-bintang yang lebih besar dari delapan kali matahari kita mendekati akhir hidupnya, mereka menggabungkan unsur-unsur yang lebih berat seperti silikon dan magnesium.

Akhirnya mereka mulai membentuk besi. Yang kemudian peleburan besi membutuhkan lebih banyak energi daripada yang dihasilkan reaksi tersebut, sampai pada saat itu tidak ada yang dapat mengimbangi tarikan gravitasi ke dalam dari massa bintang itu sendiri. 

Kemudian bintang yang besar dan kuat itu runtuh. Dengan semua berat gravitasi yang menghancurkan itu, inti bintang terjepit di luar radius Schwarzschild, di mana sebuah lubang hitam terbentuk.

Karena tidak ada gaya yang diketahui dapat menghentikan keruntuhan, begitu materi membentuk lubang hitam, ia terus menekan ke bawah hingga menjadi singularitas — titik dengan kerapatan tak terbatas. 

Mengelilingi singularitas itu adalah cakrawala peristiwa, batas bola tak terlihat yang menandai pintu masuk ke lubang hitam. 

Begitu sesuatu melintasi cakrawala peristiwa, ia tidak akan pernah bisa pergi. Untuk melarikan diri, seseorang harus melakukan perjalanan lebih cepat dari kecepatan cahaya dan karena tidak ada yang bisa melakukan perjalanan lebih cepat dari kecepatan cahaya, maka semua hal yang ada di sekitar Black Hole akan hancur.

Lubang hitam supermasif, yang jutaan kali massa matahari, terbentuk selama ratusan juta tahun dengan memakan materi di sekitarnya dan bergabung dengan lubang hitam lainnya.

Baca Juga :

2. Apa Hal yang Terjadi di Dalam Black Hole?

photoIlustrasi Black Hole - (NASA/Jeremy Schnittman)</span

Lubang hitam sama sekali bukan ruang kosong, di dalamnya orang akan menemukan beban dan beban massa ditekan ke titik yang sangat kecil. Tarikan gravitasi singularitas itu pasti akan membawa massa apapun ke arahnya. 

Tidak peduli arah mana yang kita hadapi atau seberapa keras kita melawan, dijamin akan mencapai singularitas dalam waktu yang terbatas, seperti yang dijelaskan oleh JILA, sebuah lembaga gabungan dari University of Colorado Boulder dan Institut Nasional Standar dan Teknologi.

Fisikawan tidak tahu apa yang terjadi pada singularitas. Hal tersebut adalah lingkungan yang ekstrem sehingga semua pengetahuan fisika kita saat ini tidak mampu mencapainya.

3. Bagaimana Para Ilmuwan Tahu Lubang Hitam Itu Nyata?

photoIlustrasi Lubang Hitam Supermasif yang Berputar Cepat yang Dikelilingi oleh Piringan Akresi - (NASA/ESO)</span

Meskipun kurangnya wawasan tentang bagian dalam lubang hitam, fisikawan tahu bahwa lubang hitam itu ada. 

NASA menjelaskan, bukti pertama datang dalam bentuk Cygnus X-1, sumber sinar-X yang terang sekitar 6.000 tahun cahaya.

Pengamatan sistem itu mengungkapkan pendamping kecil, padat, gelap (black hole) menyalurkan atmosfer pendamping yang mengorbit. 

Para astronom tidak dapat melihat lubang hitam itu sendiri, tetapi, ketika gas itu jatuh ke dalam kehancurannya, ia memanas dan memancarkan energi dalam bentuk sinar-X .

4. Seberapa Besar Lubang Hitam?

photoIlustrasi Black Hole - (NASA)</span

Lubang hitam di Cygnus X-1 memiliki massa sekitar 20 kali massa matahari, yang cukup khas untuk lubang hitam di seluruh alam semesta. 

Melansir dari NASA, di galaksi kita sendiri, para ilmuwan telah mengidentifikasi di mana saja antara 10 juta dan satu miliar lubang hitam.

Lubang hitam terdekat yang diketahui adalah Cygnus X-1, yang mengintai lebih dari 6.000 tahun cahaya (meskipun ada lubang hitam yang belum dikonfirmasi sedekat itu). sejauh 1.000 tahun cahaya).

Tapi di pusat Bima Sakti -dan di pusat hampir setiap galaksi lain- duduk monster, Blac Hole supermasif. 

Lubang hitam supermasif jutaan kali lebih besar dari matahari dan beberapa bahkan bisa mencapai ratusan miliar kali lebih besar dari matahari. 

Raksasa ini mencapai ukuran luar biasa dengan memakan materi di sekitarnya dan bergabung dengan lubang hitam lainnya selama ratusan juta tahun.

Baca Juga :

5. Seperti Apa Lubang Hitam Itu?

photoIlustrasi Black Hole - (NASA)</span

Seperti namanya ‘Black Hole’ dia hanya hitam karena tidak memancarkan cahaya apa pun. Tetapi para astronom masih dapat mendeteksinya melalui efek gravitasi yang mereka miliki pada objek lain dan kebiasaan makan mereka yang berantakan. 

Menurut NASA, untuk beberapa lubang hitam, terutama yang supermasif, para astronom dapat melihatnya karena quasar yang mereka hasilkan.

Quasar adalah sumber emisi radio yang sangat terang. Ketika materi jatuh ke lubang hitam, ia akan dikompresi dan memanas dalam versi Cygnus X-1 yang telah di-suplai. 

Cakram materi yang mengelilingi lubang hitam dapat bersinar lebih terang daripada seluruh galaksi induknya, dan mampu meluncurkan pancaran partikel super-panas, hampir kecepatan cahaya keluar selama puluhan ribu tahun cahaya.

Cara lain untuk melihat lubang hitam adalah ketika mereka bergabung. Ketika dua lubang hitam bertabrakan, mereka mengirimkan riak dalam ruang-waktu yang dikenal sebagai gelombang gravitasi. 

Gelombang ini sangat lemah, tetapi instrumen sensitif di Bumi mampu mendeteksinya. Hingga saat ini, para astronom telah mengidentifikasi 50 peristiwa penggabungan lubang hitam.

Melansir dari Live Science, satu- satunya ‘gambar’ sejati dari lubang hitam yang pernah dibuat keluar pada tahun 2019, ketika para astronom menggunakan teleskop Event Horizon untuk mengambil gambar piringan materi yang menyala ini berputar-putar di sekitar hitam. 

Dan lubang hitam itu disebut dengan Massive 87 atau M87. Dengan berat 3 miliar kali lipat dari matahari dan berada di galaksi yang berjarak lebih dari 50 juta tahun cahaya, M87 tampak seperti donat oranye yang terdistorsi dalam gambar itu.

6. Apa yang Terjadi Jika Bumi Terjatuh ke Lubang Hitam

photoIlustrasi Blalck Hole - (NASA)</span

Untunglah lubang hitam terdekat berjarak ribuan tahun cahaya dari Bumi. Dari kejauhan, lubang hitam bertindak seperti objek masif lainnya di alam semesta. 

Faktanya, jika kita mengganti matahari dengan lubang hitam bermassa matahari, orbit Bumi akan tetap sama sekali tidak berubah (semua tanaman akan mati, tetapi itu masalah yang berbeda). 

Tapi di dekat lubang hitam, gaya gravitasi begitu kuat sehingga kita akan ditarik dari ujung kepala hingga ujung kaki menjadi untaian partikel yang panjang dan tipis bahkan sebelum mencapai cakrawala peristiwa, nasib buruk tersebut disebut sebagai ‘spagetifikasi’.

Nah bagaimana penjelasan tentang Black Hole ini? Sangat menarik bukan? 

Baca Juga :

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Bola06 Mei 2024, 12:00 WIB

Persib Belum Pernah Menang Lawan Bali United Sejak 2017, Alberto: Fakta yang Aneh!

Alberto Rodriguez yakin catatan Persib akan berubah positif kala bertemu Bali United di Championship Series.
Alberto Rodriguez yakin catatan Persib akan berubah positif kala bertemu Bali United di Championship Series. (Sumber : Instagram/@albertorguezmartin)
Jawa Barat06 Mei 2024, 11:46 WIB

Membahas Peran Perda 5/2021 Jabar, M Jaenudin Bicara Perlindungan Masyarakat

Ketua Fraksi PDIP DPRD Jabar ini meminta pemerintah harus menjamin warganya untuk merasa tentram, tertib dan terlindungi berdasarkan norma-norma yang berlaku di masyarakat.
Anggota DPRD Jawa Barat, Muhammad Jaenudin, S.Ag., MH. melaksanakan Kegiatan Penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Tahun Anggaran 2023/2024 di Aula Resto King Raos Cibolang Cibatu Cisaat Sukabumi (Sumber: doktim/baim)
Sukabumi06 Mei 2024, 11:45 WIB

Jualan di Jalan Ahmad Yani, Gas LPG PKL Bandel di Kota Sukabumi Disita Petugas

Beberapa PKL dinilai bandel karena menempatkan gerobak di badan jalan.
Petugas Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi saat menyita gas tiga kilogram (LPG) milik PKL yang berjualan di Jalan Ahmad Yani, Jumat, 3 Mei 2024. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Life06 Mei 2024, 11:30 WIB

5 Kesalahan Orang Tua Penyebab Anak Sulit Disiplin Saat Dewasa

5 Kesalahan Orang Tua Penyebab Anak Sulit Disiplin Saat Dewasa
Ilustrasi. Kesalahan orang tua penyebab anak sulit disiplin. Sumber foto : Pexels/Karolina Grabowska
Sukabumi06 Mei 2024, 11:21 WIB

Terus Berbenah! Simak Upaya Optimalisasi Pelayanan Publik Dinas Sosial Kota Sukabumi

25 April 2024, Dinas Sosial Kota Sukabumi menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Dinas Sosial Kota Sukabumi di ruang pertemuannya.
Kegiatan Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Dinas Sosial Kota Sukabumi pada 25 April 2024 (Sumber: dok Dinsos Kota Sukabumi)
Life06 Mei 2024, 11:14 WIB

Jarang Disadari Orang Tua, Hindari 6 Perilaku Buruk Ini Agar Tidak Ditiru Anak

Ada beberapa hal yang jarang orang tua sadari bahwa anak-anak peniru yang ulung, baik itu perilaku baik maupun perilaku buruk.
Ilustrasi menghindari perilaku buruk. | Foto: Pexels.com/@Mikhail Nilov
Food & Travel06 Mei 2024, 11:00 WIB

6 Kategori Makanan Tinggi Protein yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

Penting untuk diingat bahwa konsumsi makanan tinggi protein dalam jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan individu merupakan kunci untuk memastikan kesehatan yang baik.
Ilustrasi. Daging Merah. Makanan Tinggi Protein yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan (Sumber : Pexels/MaliM)
Bola06 Mei 2024, 10:32 WIB

Miel Mundt dan Van Gogh, Kisah Pesepak Bola Eropa-Belanda Kelahiran Sukabumi

Lothar Van Gogh menyelamatkan Belanda dalam pertandingan melawan Belgia.
Lothar Van Gogh (duduk-posisi sebelah kanan). Van Gogh adalah pesepak bola Belanda kelahiran Sukabumi pada 7 Februari 1888. | Foto: Irman Firmansyah
Life06 Mei 2024, 10:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya, 6 Bahaya Perceraian Orang Tua pada Anak yang Diabaikan

Perceraian kedua orang tua pada akhirnya akan memiliki dampak buruk terhadap kondisi psikologi seorang anak di kemudian hari.
Ilustrasi. Dampak buruk perceraian orang tua kepada anak. Sumber Foto : Pexels/ Gustavo Fring
Life06 Mei 2024, 10:00 WIB

Hanya dalam Waktu 10 Menit! Cara Meningkatkan Mood yang Ampuh dan Cepat

10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi. Tersenyum | 10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : pixabay.com/@Pexels)