Profil Max Verstappen, Juara Formula 1 2021 Pemutus Dominasi Lewis Hamilton

Senin 13 Desember 2021, 15:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Max Verstappen meraih catatan bersejarah setelah berhasil merebut gelar juara dunia Formula 1 2021. Pembalap Red Bull Racing itu memastikan gelar tersebut dalam balapan seri terakhir di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu 12 Desember 2021.

Balapan seri terakhir menjadi sangat menarik karena dua pembalap yang bersaing menjadi juara, Max Verstappen dan Lewis Hamilton (Pembalap Mercedes), mengemas nilai sama. Verstappen akhirnya memastikan diri merebut gelar juara dunia setelah berhasil finis terdepan.

Memulai balapan dari posisi terdepan (pole), Max Verstappen sempat disalip Lewis Hamilton pada lap pertama. Dalam prosesnya mobil kedua pembalap sempat bersenggolan.

Terus tertinggal sepanjang lomba, Verstappen akhirnya berhasil finis terdepan setelah secara dramatis menyalip Hamilton pada lap terakhir.

Baca Juga :

Verstappen memastikan diri merebut gelar juara dunia pertama dalam kariernya, yang sudah berlangsung sejak 2014. Sebelumnya pembalap 24 tahun hanya pernah dua kali finis di posisi ketiga.

Dengan kesuksesan ini, Verstappen sekaligus membendung ambisi Hamilton untuk menorehkan rekor dengan menjadi juara dunia kedelapan kalinya.

Ia tampak diliputi emosi seusai lomba. "Ini gila. Saya tidak tahu harus berkata apa," kata Verstappen, seperti dikutip akun twitter Formula 1.

"Saya sangat senang untuk tim dan untuk semua orang ini. Saya sangat suka bekerja dengan mereka."

"Akhirnya hari ini saya mendapat sedikit keberuntungan. Tim saya tahu saya mencintai mereka dan saya ingin melakukan ini bersama mereka selama 10 atau 15 tahun ke depan!" pungkas Verstappen.

Hasil Balapan Formula 1 Abu Dhabi

No Pembalap        Tim

1 Max Verstappen Red Bull Racing

2 Lewis Hamilton Mercedes AMG Petronas 

3 Carlos Sainz        Scuderia Ferrari 

4 Yuki Tsunoda        Scuderia AlphaTauri Honda

5 Pierre Gasly        Scuderia AlphaTauri Honda

6 Valtteri Bottas        Mercedes AMG Petronas 

7 Lando Norris        McLaren F1 Team

8 Fernando Alonso Alpine F1 Team

9 Esteban Ocon         Alpine F1 Team

10 Charles Leclerc Scuderia Ferrari 

11 Sebastian Vettel Aston Martin Cognizant 

12 Daniel Ricciardo McLaren F1 Team

13 Lance Stroll         Aston Martin Cognizant 

14 Mick Schumacher Uralkali Haas F1 Team

15 Sergio Perez        Red Bull Racing

16 Nicholas Latifi        Williams Racing

17 Antonio Giovinazzi   Alfa Romeo Racing Orlen

18 George Russell      Williams Racing

19 Kimi Raikkonen Alfa Romeo Racing Orlen

DNS Nikita Mazepin Uralkali Haas F1 Team

Profil Max Verstappen

photoVerstappen saat mengendarai Red Bull RB7 2011 di balapan Formula 1 Grand Prix Abu Dhabi. - (REUTERS/Ahmed Jadallah)</span

Lahir di Hasselt, Belgia, 30 September 1997, Max Verstappen terlahir di keluarga yang berhubungan dekat dengan mobil. Sehingga dunia Verstappen tidak bisa lepas dari balapan.

Ayah Max, Jos Verstappen, adalah seorang mantan pembalap Formula 1. Sementara itu, sang Ibu, Sophie Kumpen adalah pembalap gokart.

Dikutip dari laman resmi F1, Verstappen debut di ajang Formula 1 pada saat berusia 17 tahun. Kala itu, ia mencatat debutnya di usia 17 tahun dan 166 hari pada Grand Prix Australia, 15 Maret 2015. Max pun mencetak sejarah dengan menjadi pembalap termuda di ajang balap jet darat paling bergengsi di dunia ini.

Kemudian Max membuat gebrakan pada musim 2016 dimulai ketika dia beralih dari tim Toro Rosso ke Red Bull Racing pada GP Spanyol yang merupakan seri ke-5. Max langsung menjadi juara pada balapan tersebut. Kemenangan ini membuat Verstappen berhasil memecahkan rekor pembalap F1 termuda yang pernah naik podium di usia 18 tahun 228 hari. Perlahan tapi pasti, karier Max Verstappen terus menanjak.

Pada musim 2021, Max akhirnya bisa meraih gelar juara dunia pertamanya pada musim ketujuh berlaga di ajang F1. Raihan ini sekaligus memutus dominasi Lewis Hamilton di Kejuaraan Dunia Formula 1 dan menggagalkan upaya Hamilton untuk meraih gelar kedelapannya. 

Lewis Hamilton meraih juara dunia Formula 1 selama empat musim beruntun, tepatnya sejak 2017.

SUMBER: TEMPO/F1  

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life17 Mei 2024, 14:15 WIB

Orang Tua Perlu Tahu, 3 Alasan Mengapa Anak Berani Berbohong

Anak yang sering berbohong seringkali mengalami kesulitan dalam membangun hati nurani yang benar serta dapat dengan jelas belum bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah.
Ilustrasi ketika seorang anak berani berbohong kepada orang tuanya (Sumber : Pexels.com/@KetutSubiyanto)
Sukabumi Memilih17 Mei 2024, 14:07 WIB

5 Dari 10 PPK Bermasalah Kembali Dilantik, Ini Alibi KPU Kota Sukabumi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi melantik 35 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2024. Kamis (16/5/2024).
Ketua KPU Kota Sukabumi, Imam Sutrisno saat diwawancarai soal PPK bermasalah kembali dilantik | Foto : Asep Awaludin
Sehat17 Mei 2024, 14:00 WIB

6 Langkah Membuat Teh Rosemary di Rumah untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Teh rosemary menawarkan cara alami dan efektif untuk mendukung kesehatan jantung dan mengatur kadar kolesterol.
Ilustrasi - Teh rosemary menawarkan cara alami dan efektif untuk mendukung kesehatan jantung dan mengatur kadar kolesterol. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Jawa Barat17 Mei 2024, 13:51 WIB

Hotman Paris Sebut BAP Vina Cirebon Berubah Soal 3 DPO, Mabes Polri Turun Tangan

dugaan ini dilatari fakta meski sudah 8 tahun berlalu, tiga pelaku pembunuhan Vina Cirebon dan Eki belum juga tertangkap
Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea, resmi menjadi  kuasa hukum keluarga Vina Dewi Arsita alias Vina Cirebon, kasus pembunuhannya yang 8 tahun ‘terlupakan’. (Sumber: youtube kapanlagi.com)
Life17 Mei 2024, 13:45 WIB

Jangan Khawatir Bunda, Ini 6 Tips Memberikan ASI Untuk Bayi yang Rewel

Memiliki bayi yang rewel saat diberi ASI memang dapat menggoyahkan rasa percaya diri, namun bagi banyak orang tua mencari bantuan yang tepat adalah hal yang sepadan dengan waktu dan upaya yang diperlukan.
Ilustrasi menenangkan anak yang rewel ketika akan diberikan ASI (Sumber : Pexels.com/@RDNEstockproject)
Life17 Mei 2024, 13:30 WIB

7 Gaya Hidup Sehat untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Lengkap Menu Makan Sehari!

Dengan mengikuti langkah-langkah gaya hidup sehat, Anda dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi secara signifikan dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.
Ilustrasi. Menu Makan Sehat. Gaya Hidup yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi. (Sumber : Pexels/FoodieFactor)
Sehat17 Mei 2024, 13:15 WIB

7 Gejala Asam Urat Pada Pria, Terasa di Kaki dan Jari Tangan Saat Malam Hari

Gejala asam urat pada pria ternyata bisa dirasakan pada kaki dan jari, terutama di malam hari. Waspadai gejala yang muncul ketika asam urat kambuh. Bila semakin parah sebaiknya segera periksa ke dokter atau layanan kesehatan lain
Begini 7 gejala asam urat yang terjadi pada pria, terasa setiap malam hari. (Sumber : freepik.com/@javi_indy)
Sehat17 Mei 2024, 13:00 WIB

Solusi Taklukan Serangan Asam Urat: 8 Cara Mengobatinya di Rumah dengan Bahan Alami

Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang menyebabkan nyeri dan bengkak pada persendian.
Ilustrasi - Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang menyebabkan nyeri dan bengkak pada persendian. (Sumber : Freepik.com).
Sehat17 Mei 2024, 12:45 WIB

7 Minuman Herbal Ini Mampu Obati Asam Urat, Minum Tiap Pagi Hari!

Asam urat adalah penyakit yang menyerang bagian sendi dan sering menimbulkan rasa nyeri yang begitu menyakitkan, sampai tidak beraktivitas. Terntaya ada beberapa minuman herbal yang bisa mengobati asam urat
Ilustrasi teh jah yang merupakan salah satu dari tujuh minuman herbal yang dapat mengobati asam urat (Sumber : Freepik.com)
Life17 Mei 2024, 12:30 WIB

10 Cara Meredakan Nyeri Asam Urat dengan Pengobatan Alami dan Perubahan Gaya Hidup

Meredakan Nyeri Asam Urat. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu menjaga kesehatan sendi dan mengurangi risiko serangan gout.
Ilustrasi. Cara Meredakan Nyeri Asam Urat dengan Pengobatan Alami dan Perubahan Gaya Hidup (Sumber : Pexels/EllaColsson)