Mengintip Daftar 10 Aplikasi Paling Banyak Diunduh di Dunia

Kamis 19 Januari 2023, 01:41 WIB
Ilustrasi menggunakan smartphone. Ini daftar 10 aplikasi paling banyak diunduh di dunia. |Foto: Pixabay/Pexels.

Ilustrasi menggunakan smartphone. Ini daftar 10 aplikasi paling banyak diunduh di dunia. |Foto: Pixabay/Pexels.

SUKABUMIUPDATE.com - Coba perhatikan Smartphone milik Anda? Ada berapa aplikasi yang sudah diunduh. Bisa jadi beberapa diantara aplikasi itu masuk dalam daftar 10 aplikasi paling banyak diunduh di dunia.

Dilansir dari tempo.co, aplikasi yang paling banyak diunduh didominasi bersifat hiburan dan media sosial. Aplikasi merupakan program atau perangkat lunak (software) yang memiliki fitur tertentu dan dapat ditemukan pada layanan distribusi digital seperti Play Store dan App Store.

Dilansir dari laman Forbes, berikut 10 aplikasi untuk smartphone (Android dan iOS) yang paling banyak diunduh secara global.

1. TikTok

Aplikasi besutan perusahaan asal Cina ini menduduki posisi puncak paling terkenal. Tercatat ada 672 juta kali jumlah unduhan yang dilakukan oleh seluruh pengguna di jagat raya. Pengguna TikTok atau biasa disebut sebagai TikTokers biasanya memproduksi konten berbasis video. Bahkan juga bisa menawarkan produk melalui fitur bernama TikTok Shop.

2. Instagram

Aplikasi berbagi foto dan video ini sudah diunduh sebanyak 548 juta kali. Semenjak dirilis perdana pada Oktober 2010 lalu, Instagram mampu menarik banyak penggemar. Ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dicoba di aplikasi ini, seperti mengunggah foto di feed, IG story, sampai IG Reels.

3. Facebook

Masih berada di bawah naungan satu perusahaan milik Mark Zuckerberg, Facebook sukses merajai pasar media sosial secara global. Aplikasi dengan logo berwarna biru ini menjadi salah satu aplikasi paling banyak diunduh di dunia. Forbes melaporkan bahwa 424 juta penduduk bumi sudah pernah menjajal Facebook.

4. WhatsApp

Aplikasi kirim pesan singkat WhatsApp yang dibuat oleh Brian Acton dan Jan Koum sudah dipasang di smartphone sebanyak 357 juta kali. Semenjak diumumkan ke muka publik pada November 2009 silam, WhatsApp masuk jajaran aplikasi chatting yang wajib dipunyai masyarakat, termasuk pula di Indonesia.

5. Telegram

Saingan WhatsApp ini juga tak kalah dalam jumlah unduhan, mencapai 330 juta. Telegram yang dikembangkan di Rusia menyediakan fasilitas keren dan kekinian, seperti menonton film, membuat grup dengan kapasitas anggota 5.000 orang, dan mengirim foto tanpa melalui proses kompresi.

6. Snapchat

Aplikasi paling banyak diunduh selanjutnya ialah Snapchat. Berusia 12 tahun sejak diluncurkan pada 2011 lalu, Snapchat berhasil mengumpulkan jumlah unduhan sebesar 310 juta kali. Pengguna aplikasi ini bisa terhubung dengan pengguna lainnya dari seluruh penjuru bumi. Bertukar pesan teks, foto, dan video menjadi andalan aplikasi ini.

7. Zoom

Selama pandemi Covid-19, banyak kegiatan yang beralih menjadi virtual. Penggunaan aplikasi meeting seperti Google Meet dan Zoom terus meningkat. Zoom sendiri mencatatkan jumlah unduhan mencapai 304 juta kali. Aplikasi yang dikenalkan oleh Eric Yuan ini tidak hanya dimanfaatkan untuk rapat di perusahaan, tetapi juga webinar dan workshop.

8. Facebook Messenger

Aplikasi Facebook Messenger berbeda dibandingkan Facebook. Aplikasi ini secara khusus menyediakan layanan berkirim pesan dengan sesama pengguna Facebook, sehingga hubungan dan interaksi menjadi lebih intens serta eksklusif. Hingga tahun 2022, terhitung ada 298 juta kali unduhan.

9. CapCut

CapCut juga masuk dalam jajaran daftar aplikasi paling banyak diunduh di dunia. Aplikasi edit video ini serupa dengan video maker lainnya, seperti inShot, FilmoraGO, dan Kinemaster. Namun, CapCut menorehkan rekor unduhan sebanyak 254 juta kali. Aplikasi yang dikembangkan oleh Bytedance ini lebih disukai karena bisa menghilangkan watermark pada gambar bergerak.

10. Spotify

Bagi penikmat hobi mendengarkan lagu, pasti sudah tidak asing lagi dengan Spotify. Aplikasi yang bisa memutar musik dari musisi kelas dunia ini sudah diketahui publik dari tahun 2006. Tidak mengherankan apabila aplikasi yang diproduksi di Swedia ini mencatatkan perolehan total unduhan sebesar 238 juta kali.

Itulah daftar aplikasi paling banyak diunduh di dunia, mayoritas diraih oleh perangkat lunak buatan Meta. Adakah aplikasi favorit Anda?

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat21 Februari 2024, 09:00 WIB

8 Makanan Terbaik untuk Mengurangi Risiko Terkena Alzheimer dan Demensia

Menurut beberapa penelitian, sejumlah makanan dipercaya mampu mengurangi seseorang terkena risiko penyakit Alzheimer dan Demensia.
Ilustrasi Berry - Menurut beberapa penelitian, sejumlah makanan dipercaya mampu mengurangi seseorang terkena risiko penyakit Alzheimer dan Demensia. (Sumber : pexels.com /@Josh Sorenson).
Life21 Februari 2024, 08:00 WIB

Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan

Berikut ini kepribadian seseorang dilihat dari cara mereka mengetik pesan singkat
Ilustrasi - Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan (Sumber : Freepik/tirachardz)
Produk21 Februari 2024, 07:25 WIB

Jelang Ramadan, Harga Cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi Tembus Rp90 Ribu Per Kg

Pedagang ungkap penyebab semakin pedasnya harga cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024.
Harga cabai mahal di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024. Pedagang ungkap penyebabnya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Februari 2024, 07:00 WIB

Harganya Seringkali Mahal, Simak 10 Cara Menanam Cabai Rawit di Polybag

Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan
Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan (Sumber : Freepik/Racool_studio)
Food & Travel21 Februari 2024, 06:00 WIB

Resep Roti Telur Lipat Korea, Inspirasi Sarapan Enak untuk Anak-anak

Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak.
Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak. (Sumber : YouTube/@Devina Hermawan).
Science21 Februari 2024, 05:30 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 21 Februari 2024, Cek Daerah Mana Saja yang Hujan!

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya | Foto: Pixabay
Life21 Februari 2024, 05:00 WIB

Doa Malam Nisfu Sya’ban dari Nabi Yunus AS, Amalkan Sebanyak 3 Kali

Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan.
Ilustrasi - Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan. | (Sumber : Pixabay.com)
Nasional20 Februari 2024, 22:52 WIB

KPU Sebut Ada Kesalahan Data Pileg di 4.167 TPS dan Pilpres di 1.223 TPS

KPU mengungkapkan adanya kesalahan data pemilihan legislatif atau pileg di 4.167 Tempat Pemungutan Suara atau TPS di Indonesia.
Konferensi pers KPU soal perkembangan Pemilu 2024. (Sumber : KPU RI)
Nasional20 Februari 2024, 22:30 WIB

Perpres Publisher Rights Resmi Disahkan Presiden Jokowi, Ini Harapan AMSI

AMSI mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Perpres Publisher Rights.
Pengesahan Perpres Publisher Rights diumumkan oleh Presiden Jokowi dihadapan para pimpinan perusahaan media dan organisasi jurnalis pada puncak peringatan Hari Pers Nasional di Ancol, Jakarta. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 Februari 2024, 22:21 WIB

Antisipasi Kerusakan, Perumdam TJM Sukabumi Perbaiki Kebocoran Pipa di Cicurug

Kepala Perumdam TJM Sukabumi cabang Cicurug, Tatang Somantri, menjelaskan bahwa pekerjaan rutin ini dilakukan untuk mengatasi indikasi kebocoran.
Petugas Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi cabang Cicurug saat memperbaiki saluran pipa di Ruas Jalan Caringin-Cidahu. (Sumber : Istimewa)