Sederet Temuan Disperkim Jabar Soal Fasilitas Rusak Alun-alun Gadobangkong Sukabumi

Rabu 10 Juli 2024, 18:01 WIB
Disperkim Provinsi Jabar meninjau pembangunan Alun-alun Gadobangkong di Jalan Kidang Kencana, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (10/7/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi

Disperkim Provinsi Jabar meninjau pembangunan Alun-alun Gadobangkong di Jalan Kidang Kencana, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (10/7/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Provinsi Jawa Barat (Jabar) meninjau Alun-alun Gadobangkong di Jalan Kidang Kencana, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (10/7/2024).

Peninjauan ini melibatkan Disperkim Kabupaten Sukabumi, Satpol PP, Sekda Kabupaten Sukabumi, Forkopimcam, dan DPKAD. Pantauan di lokasi, pekerja masih memperbaiki fasilitas yang rusak seperti lampu taman, landmark, dan area taman.

Kepala Bidang Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi Gandi Lesmana mengatakan pembangunan Alun-alun Gadobangkong harus segera selesai sehingga saat diserahkan ke Pemkab Kabupaten Sukabumi dalam kondisi baik.

"Dari provinsi disebutkan, sebelum dilimpahkan tentunya bangunan ini harus dalam kondisi baik. Jadi provinsi tidak meninggalkan sesuatu yang kurang baik dan kita menerimanya pun dalam kondisi baik," kata dia kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Alun-alun Gadobangkong Sukabumi Rusak, Perbaikan Dikebut Jelang Healthy Cities Summit

Gandi menjelaskan Alun-alun Gadobangkong sebenarnya sudah selesai dibangun, tetapi masih terdapat fasilitas yang rusak sehingga harus diperbaiki. "Hari ini kita sepakati, akan secepatnya diperbaiki (fasilitas yang rusak), terlebih kita sebentar lagi akan menyambut HCS (Healthy Cities Summit)," ucapnya.

"(Bangunan) Ini tentunya sesuai dengan DED (Detail Engineering Design) yang ada. Provinsi hadir ke sini dalam rangka melakukan pemeliharaan, diperbaiki. Saya harap secepatnya segera dilimpahkan," kata Gandi.

Sementara itu, Syaifier Saman Dawai selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Penyediaan Ruang Terbuka Hijau/Ruang Terbuka Publik/Revitalisasi Kawasan, menyebut berdasarkan hasil pengecekan bersama, memang terdapat beberapa temuan kerusakan yang saat ini sedang diperbaiki.

"Kalau yang ini (kerusakan) kan sedang dilakukan perbaikan, bisa dilihat di lapangan, bertahap selama masa pemeliharaan sampai awal Agustus," ungkap dia.

Syaifier mengatakan ada juga fasilitas yang rusak akibat dampak banjir rob yang beberapa waktu lalu menerjang wilayah perairan Palabuhanratu. "Kalau yang ini perbaikan pasca-rob. Dulu memang diajukan ke force majeure, ternyata tidak bisa, akhirnya kita kembalikan ke kesediaan penyedia jasa," jelasnya.

"Makanya mungkin (perbaikan) butuh waktu karena kalau force majeure harus ada pernyataan dari kepala daerah. Untuk kerusakan dampak bencana agak susah juga kita menghitungnya, tapi kayaknya kecil," kata Syaifier.

Syaifier menegaskan menurut hasil pengecekan, tidak terdapat temuan kesalahan pada konstruksi bangunan, melainkan hanya terdapat beberapa fasilitas yang rusak.

"Tujuan pemeriksaan bersama ini untuk menjelaskan ke Pemkab Sukabumi sebelum serah terima, bahwa mana yang menjadi tanggung jawab penyedia selama masa pemeliharaan, mana kerusakan yang oleh masyarakat mungkin menjadi tanggung jawab pihak Pemkab," katanya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa
Musik20 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Teman Biasa dari Band Sukabumi Single Season, “Terjebak Friendzone”

Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone.
Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 Juli 2024, 16:54 WIB

Pernah 1 Ton Per Bulan, Wanita Sukabumi Jual Daun Pandan dari Tegalbuleud

Pengolahannya dilakukan setelah duri daun pandan dibuang.
Nining Maryani (60 tahun), wanita asal Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memanfaatkan daun pandan untuk bahan kerajinan. | Foto: SU/Ragil Gilang