Sandiaga Uno Puji Gelaran Hari Nelayan Palabuhanratu, Ngaku Deg-degan Nonton Atraksi Lais

Kamis 23 Mei 2024, 23:38 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu Sukabumi ke-64. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)

Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu Sukabumi ke-64. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno menghadiri acara Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu ke-64 di Dermaga 1 PPNP Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Kamis (23/5/2024) sore.

Kedatangan Sandiaga disambut meriah dengan pengalungan selamat datang oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan jajaran Forkopimda, diikuti dengan penampilan tarian dogdog lojor dan kesenian Lais dari Kasepuhan Sinarresmi.

Sandiaga yang mengenakan pakaian tradisional pangsi dan iket Sunda, kemudian memuji penyelenggaraan acara yang termasuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 tersebut, karena telah berperan signifikan dalam menggerakkan ekonomi daerah dan mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Festival budaya di hari nelayan Palabuhanratu ini sangat luar biasa karena menjadi event terbaik di Karisma Event Nusantara. Event ini akan kita tingkatkan untuk pertumbuhan ekonomi yang baik," kata Sandiaga Uno kepada awak media.

Baca Juga: Di Atas Bambu 12 Meter, Pesona Seni Lais saat Seren Taun Sinar Resmi Sukabumi

Selain itu, ia juga memberikan apresiasi tinggi terhadap seni Lais yang ditampilkan karena memiliki daya tarik yang bisa dikembangkan menjadi event tersendiri lalu digabungkan dengan program pengembangan desa adat.

“Tadi saya lihat Lais yang sangat luar biasa, itu daya tariknya bisa dikembangkan menjadi event tersendiri dan bisa digabungkan dengan pengembangan desa adatnya," jelasnya. 

Sandiaga mengaku baru pertama kalinya melihat kesenian tradisional khas Sunda yang memiliki elemen akrobatik yang menantang dan penuh keberanian tersebut.

Reaksi Sandiaga Uno saat menyaksikan atraksi seni lais di Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu ke 64.Reaksi Sandiaga Uno saat menyaksikan atraksi seni lais di Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu ke 64.

Ia juga mengaku takjub dan sempat deg-degan melihat atraksi pemain lais yang memanjat sebuah tiang bambu mencapai 15 meter tanpa menggunakan alat pengaman apapun.

"Kesan yang ditampilkan bikin deg-degan tadi, mengenai penampilan lais. Saya baru pertama kali lihat ini, debus udah sering, tapi ini seperti sirkus tapi ini latar belakangnya beda,” ujarnya.

“Tadi kata pa bupati (pemainnya) itu puasa dulu beberapa hari, jadi ada doa-doa khususnya dan juga itu diturunkan dari generasi ke generasi, ini sangat menarik," tambahnya.

Lebih lanjut Sandiaga mengatakan, Kabupaten Sukabumi yang memiliki destinasi wisata kelas dunia Geopark Ciletuh membawa perubahan yang cukup signifikan terhadap taraf perekonomian masyarakat. Dimana, semula kaum perempuan Kabupaten Sukabumi berprofesi sebagai tenaga kerja luar negeri kini menjadi pengusaha baik pengusaha homestay maupun pelaku UMKM.

“Iya seperti membuat home stay, tadi beberapa sudah kita lihat dari beberapa desa, ada desa Citarik, sampai desa Citepus, beberapa produknya sudah rojali (rombongan jajan dan beli beli),” jelasnya.

Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu Sukabumi ke-64.Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu Sukabumi ke-64.

Sandiaga kemudian menekankan bahwa event tahunan seperti Hari Nelayan Palabuhanratu bukan hanya perayaan budaya, tetapi juga penggerak ekonomi kreatif yang memberikan berkah bagi pengusaha kecil.

"Ini adalah event yang kita dukung untuk kemajuan Sukabumi. Acara ke-64 ini sangat mengapresiasi bupati dan panitia yang telah menggerakkan ekonomi daerah dan terus mendukung UMKM dengan penyelenggaraan event ini," tandasnya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi H Marwan Hamami menginginkan bahwa event-event yang diselenggarakan Kabupaten Sukabumi bisa terus didorong agar bisa masuk kedalam Kharisma Event Nusantara seperti Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu Ke-64.

"Kita berharap suport dari Mas Menteri agar seluruh event yang di selenggarakan di kabupaten sukabumi bisa masuk kedalam KEN," pintanya.

Bupati berharap, kedepan festival yang masuk dalam KEN bisa terus bertambah untuk mendongkrak pergerakan ekonomi Kabupaten Sukabumi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life16 Juni 2024, 18:30 WIB

Kenapa Cinta Pertama Sulit Dilupakan Oleh Banyak Orang? Ini 4 Alasan Logisnya

Cinta pertama memang sangat sulit dilupakan oleh mayoritas orang. Sebab, kenangan yang tersimpan selalu menjadi hantu di pikiran dan hati.
Ilustrasi - Sejumlah alasan mengapa cinta pertama tergolong sulit dilupakan dalam hidup. (Sumber : Pexels.com/@ Gabriel Bastelli).
Sukabumi16 Juni 2024, 18:15 WIB

Polres Sukabumi Siagakan 349 Personel Jaga Perayaan Idul Adha 2024

813 polisi di Kabupaten Sukabumi disiagakan jaga perayaan Idul Adha 2024.
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo. | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 Juni 2024, 18:00 WIB

Niat Sholat Idul Adha untuk Imam dan Makmum, Lengkap Dengan Tata Caranya

Shalat Idul Adha dilaksanakan pada pagi hari setelah matahari terbit dan sebelum waktu zuhur.
Ilustrasi Shalat Ied Adha - Shalat Idul Adha dilaksanakan pada pagi hari setelah matahari terbit dan sebelum waktu zuhur. (Sumber : Instagram/@polres_sukabumikota)
Sukabumi16 Juni 2024, 17:52 WIB

Nongkrong di Lingkar Selatan Sukabumi Sambil Bawa Golok, 4 Pemuda Ditangkap

Keempat pemuda tersebut diamankan petugas gabungan Polisi dan TNI saat nongkrong di jalan Lingkar Selatan Sukabumi.
Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo memimpin langsung KRYD pada .Sabtu (15/6/2024) malam. Empat pemuda diamankan dalam razia tersebut. (Sumber : Istimewa)
Life16 Juni 2024, 17:45 WIB

Mampu Selesaikan Konflik, 5 Tanda-tanda Seseorang Bahagia dalam Suatu Hubungan

Orang yang bahagia dalam suatu hubungan akan bersikap dewasa dengan menunjukkan beberapa tanda penting.
Ilustrasi - Tanda-tanda seseorang bahagia dalam suatu hubungan. (Sumber : Pexels.com/@BaTik).
Sehat16 Juni 2024, 17:30 WIB

5 Alasan Ilmiah Kenapa Stres Bisa Memicu Penyakit Diabetes, Cek Penyebabnya

Orang yang mengalami stres akan rentan diserang penyakit diabetes. Oleh sebab itu, penting mengetahui alasan dan penyebab terjadinya penyakit tersebut.
Ilustrasi - Orang stres rupanya rentan terkena penyakit diabetes oleh sebab sejumlah alasan berikut. (Sumber : Pexels.com/@ Kindel Media).
Sehat16 Juni 2024, 17:00 WIB

Lezat tapi Berbahaya! 3 Jenis Makanan Khas Idul Adha Ini Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Penderita diabetes dianjurkan untuk menghindari mengkonsumsi makanan lezat khas Idul Adha agar kadar gula darah tetap aman dan terkendali.
Ilustrasi - Makanan lezat khas Idul Adha yang perlu dihindari penderita diabetes. (Sumber : Pexels.com/@SamerDaboul).
Sehat16 Juni 2024, 16:45 WIB

3 Khasiat Tersembunyi Jahe untuk Penderita Diabetes yang Sayang Dilewatkan

Jahe memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh, salah satunya terhadap penderita diabetes. Sebab, khasiatnya langsung menurunkan kadar gula darah menjadi normal.
Ilustrasi - Sejumlah manfaat kesehatan bagi penderita diabetes yang penting diperhatikan. (Sumber : Pexels.com/@Karolina Kaboompics).
Sehat16 Juni 2024, 16:30 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Mengkonsumsi Agar-agar? Cek Manfaatnya Terkait Kadar Gula Darah

Agar-agar ternyata boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes karena kudapan manis ini mengandung asam amino yang bantu kontrol kadar gula darah.
Ilustrasi - Agar-agar yang erat kaitannya dengan kadar gula darah pada penderita diabetes. (Sumber : Pexels.com/@April Miyako).
Sukabumi Memilih16 Juni 2024, 16:16 WIB

Terus Galang Dukungan, Ayep Zaki Resmi Ikuti Penjaringan PPP untuk Pilwalkot Sukabumi

Ayep Zaki resmi mengikuti penjaringan bakal calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi di Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
Ayep Zaki resmi mengikuti penjaringan bakal calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi di PPP. (Sumber : Istimewa)