Kontennya Viral! Cerita Cecep dari Kota Sukabumi Rutin Bersihkan Toilet Masjid Sejak 2012

Sabtu 11 Mei 2024, 22:20 WIB
Cecep saat membersihkan toilet masjid. Cecep adalah warga Jalan Tipar RT 05/06 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa

Cecep saat membersihkan toilet masjid. Cecep adalah warga Jalan Tipar RT 05/06 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Kota Sukabumi bernama Cecep viral di media sosial karena kontennya membersihkan toilet masjid. Langkah pria asal Jalan Tipar RT 05/06 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, tersebut mendapatkan banyak pujian.

Cecep sehari-sehari bekerja sebagai pedagang tahu gejrot dan cilok. Sebagian pendapatannya dia gunakan untuk membeli kebutuhan bersih-bersih masjid. Cecep dikenal senang menjaga kebersihan. Hal ini disampaikan istri Cecep, Iltap Ilpanti.

“Sudah (gemar bersih-bersih) sejak sebelum menikah, bahkan pernah jadi marbut masjid di Jakarta,” ujar Iltap, dikutip sukabumiupdate.com, Sabtu (11/5/2024).

Iltap menyebut suaminya juga selalu mengerjakan pekerjaan rumah. Cecep dianggap tidak pernah merasa jijik saat membersihkan toilet masjid yang kotor. Kegiatan sosialnya ini dilakukan Cecep mulai pagi sampai siang. Sementara sore berjualan.

Baca Juga: Kajian Ramadhan, Ribuan Jemaah Penuhi Masjid Agung Palabuhanratu Sukabumi

Cecep mengaku mulai suka bersih-bersih masjid tahun 2012 saat merantau ke Jakarta. Ketika itu Cecep yang belum memiliki pekerjaan terpaksa tinggal di masjid. Cecep kemudian melihat toilet masjid yang kotor dan berinisiatif membersihkannya.

“Waktu itu saya mulai dari masjid ke masjid. Pertama enggak ada kerjaan, tinggal di masjid sendiri terus melihat WC yang kotor akhirnya inisiatif untuk bersihkan masjid itu. WC-nya dibersihkan dengan alat seadanya,” ungkap dia.

Seiring berjalannya waktu, setelah mendapatkan pekerjaan, Cecep selalu menyediakan uang untuk kebutuhannya membersihkan toilet masjid yang kotor.

“Bersih-bersih dimulai dari Jakarta, terus dapat kerjaan. Dari pekerjaan itu menyisihkan uang untuk membeli sikat kawat. Nah sikat kawat tersebut selalu dibawa ke mana-mana. Jadi setiap salat ke masjid, enggak harus selalu temboknya dibersihin, tapi kalau lihat ada gayungnya yang berlumut, dibersihin sendiri,” katanya.

Terkini, Cecep melakukan aksi bersih-bersih masjid di kampung halamannya di Kota Sukabumi. “Awalnya di masjid Jakarta, lalu Cecep pulang ke rumah dan sekarang di masjid di kampung di Kota Sukabumi (bersih-bersih toilet masjid),” ujar dia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel05 Juni 2024, 06:00 WIB

Yuk Intip Resep Bakso Daging Ayam Ini, Cara Membuatnya Simpel!

Rasa yang lezat dan tekstur yang kenyal membuat bakso daging ayam disukai banyak orang.
Ilustrasi. Resep Membuat Bakso Daging Ayam Simpel untuk Menu Makan Keluarga | Sumber: Freepik.com
Science05 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 5 Juni 2024, Sukabumi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Rabu 5 Juni 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Rabu 5 Juni 2024. (Sumber : Pixabay.com/@Franz26).
Sukabumi05 Juni 2024, 00:34 WIB

Eks Kabareskrim Susno Duadji Minta Ayah Eky di Kasus Vina Cirebon Buka Suara

Kasus kematian Vina dan Eky pada 2016 lalu di Cirebon, Jawa Barat kian disorot publik karena sejumlah kejanggalan.
Susno Duadji, Eks Kabareskim Polri | Foto : Ist
Sukabumi04 Juni 2024, 23:23 WIB

Ini Daftar Makanan Diduga Penyebab Keracunan Massal Di Cibadak Sukabumi, Akan Diuji Lab

Polisi sudah mengambil sejumlah sampel makanan dari rumah warga yang mengadakan syukuran tersebut untuk di uji lab.
Daftar makanan diduga penyebab keracunan massal di Cibadak Sukabumi diambil sampelnya untuk diuji Lab | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi04 Juni 2024, 22:56 WIB

KSAD Maruli Simanjuntak Beberkan Program Hanpangan di Ciemas Sukabumi

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak bersama Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman didampingi oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami dan jajarannya melakukan panen raya Jagung dan Singkong
Panen raya Jagung dan Singkong di lahan food estate yang berada di Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Gadget04 Juni 2024, 22:34 WIB

Ada Irigasi Pompanisasi di Ciemas Sukabumi, Bisa Airi Sawah Hingga 1.200 Hektar

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak meninjau irigasi bertekanan dan damprit yang dibangun atau swakelola tentara di Desa Mekarsakti Sukabumi
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaeman bersama KSAD Maruli Simanjuntak saat meninjau irigasi pompanisasi di Ciemas Sukabumi | Foto : Dok. Kementan
Sukabumi04 Juni 2024, 21:39 WIB

Ayep Zaki Hadiri Pelantikan Pengurus Baru HMI Cabang Sukabumi

Tokoh Sukabumi,  H. Ayep Zaki turut menghadiri pelantikan pengurus baru Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukabumi di Gedung Juang Kota Sukabumi, (2/6/2024).
Foto bersama H. Ayep Zaki dan Pengurus baru HMI Cabang Sukabumi (2024-2025) | Foto : Istimewa
Sukabumi04 Juni 2024, 21:35 WIB

49 Warga Cibadak Sukabumi Keracunan Massal usai Santap Makanan di Acara Syukuran

Puluhan warga di Cibadak Sukabumi alami keracunan massal usai santap makanan di acara syukuran pernikahan warga.
Warga dan petugas mengevakuasi korban keracunan massal di Cibadak Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sehat04 Juni 2024, 21:00 WIB

Menikmati Ikan Tanpa Takut Asam Urat: Tips Aman Memasukkannya ke dalam Diet Anda

Mengonsumsi ikan bagi penderita asam urat memang perlu memperhatikan kandungan purin dan cara mengolahnya.
Ilustrasi - Mengonsumsi ikan bagi penderita asam urat memang perlu memperhatikan kandungan purin dan cara mengolahnya. (Sumber : Freepik.com).
Nasional04 Juni 2024, 20:21 WIB

Gerindra-Golkar Turunkan Ridwan Kamil Lawan Anies Baswedan di Pilgub Jakarta

Ridwan Kamil dikabarkan akan maju dalam pemilihan gubernur Jakarta. Kabar tersebut mensinyalir kepastian Ridwan Kamil tidak meneruskan kepemimpinannya di Jawa Barat melalui Pilgub 2024.
Ridwan Kamil dan Anies Baswedan maju di Pilgub Jakarta | Foto : Ist