BAPPEDA Bahas Perencanaan Inklusif Soal Kota Sukabumi Raih Penghargaan Tingkat Jabar

Rabu 24 April 2024, 14:56 WIB
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan jajarannya saat menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Senin, 22 April 2024 di Hotel Luxury, Bandung. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan jajarannya saat menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Senin, 22 April 2024 di Hotel Luxury, Bandung. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) mendapatkan dua penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pemberian penghargaan dilaksanakan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Jawa Barat (Jabar) tahun 2024 di Bandung, Senin, 22 April 2024.

Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah (PPEPD) BAPPEDA Asep Supriadi mengatakan penghargaan pertama adalah terbaik kedua Penilaian Pembangunan Daerah (PPD) yaitu melihat proses perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembangunan selama 2023 yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Sukabumi.

"Hal ini menunjukan bahwa pembangunan Kota Sukabumi sudah terarah dengan baik dan tetap mempertahankan tradisi tiga besar PPD di Jawa Barat dalam lima tahun terakhir," kata dia kepada sukabumiupdate.com pada Rabu (24/4/2024).

Asep mengungkapkan penilaian PPD dimulai dari bagaimana proses perencanaan dilakukan, kemudian perencanaan tersebut dilaksanakan dengan baik, termasuk dilihat apa dampak dari pembangunan seperti dari capaian indikator makro tahun 2023. Dilihat juga inovasi dan program unggulan untuk menunjang pencapaian target pembangunan yang ditetapkan.

Baca Juga: Kota Sukabumi Raih Dua Penghargaan dalam Musrenbang Jawa Barat 2024

"Semoga dengan penghargaan ini dapat menambah motivasi bagi Kota Sukabumi, khususnya dalam memperkuat proses perencanaan yang inklusif yaitu melibatkan sebanyak-banyaknya peran serta masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan. Inklusifitas ini sejalan dengan Perwal Nomor 53 Tahun 2023 tentang Perencanaan Pembangunan Inklusif, di mana keterlibatan semua unsur masyarakat, termasuk kelompok berkebutuhan khusus dan marginal, juga diraih untuk memberikan masukan terhadap perencanaan pembangunan," ujarnya.

Sementara penghargaan kedua adalah kota dengan Inovasi Pembangunan Terbaik. Asep menyebut salah satu inovasi yang ditampilkan adalah One Roof (one region one offtaker). Melalui inovasi ini, terjadi kolaborasi mutualisme antara tiga komponen yaitu pemerintah, offtaker/swasta, dan petani. Ketiga komponen tersebut bersinergi sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan petani. Pemerintah menunjuk offtaker sebagai “Tengkulak Baik” yang pro-terhadap petani.

"Inovasi One Roof ini disampaikan dalam rangka mendukung penilaian PPD pada Februari 2024. Jadi sebenarnya dua penghargaan ini saling terkait satu sama lain. Selain dari inovasi tersebut, sebetulnya Kota Sukabumi menyampaikan beberapa inovasi lain yang telah dilakukan dari sekian banyak inovasi yang dilaksanakan oleh seluruh perangkat daerah, lembaga, instansi, dan unsur masyarakat di Kota Sukabumi," kata Asep.

"Dengan penghargaan ini, BAPPEDA akan terus mendorong dan memfasilitasi semua pihak untuk terus melakukan inovasi di berbagai sektor pembangunan yang pada akhirnya akan terus mendukung peningkatan pelayanan kualitas publik kepada masyarakat dan pada akhirnya juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Cara Efektif Mendisiplinkan Balita, Bunda Yuk Ketahui Langkahnya!

Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal.
Ilustrasi - Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba
KATA WARGANET27 Mei 2024, 09:53 WIB

Tips Memilih Jurusan dan Kampus yang Tepat, Jangan Asal Daftar

Memilih jurusan dan kampus yang tepat untuk kuliah adalah keputusan penting yang dapat mempengaruhi masa depan akademis dan karier Anda.
Ilustrasi memilih kampus dan jurusan yang tepat untuk masa depan karir Anda | Foto :  Pixabay
Sehat27 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Kristal Asam Urat

Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat. Sumber: Freepik/freepik
Sehat27 Mei 2024, 08:00 WIB

Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jeruk limau, konsumsi dapat dilakukan dengan memeras airnya dan dicampurkan ke dalam air minum, digunakan sebagai bumbu masakan, atau dalam bentuk jus segar.
Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Life27 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik

Dengan mengikuti prinsip-prinsip look elegant tadi, Anda dapat mencapai penampilan yang sederhana namun tetap menarik dan penuh percaya diri.
Ilustrasi. Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik | Sumber: Freepik.com (senivpetro)
Food & Travel27 Mei 2024, 06:00 WIB

Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi

Beef Bulgogi adalah hidangan yang serbaguna dan bisa disesuaikan dengan selera.
Ilustrasi - Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi (Sumber : via  Takes Two Eggs)
Science27 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Mei 2024, Cek Yuk Langit di Awal Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 Mei 2024, 23:00 WIB

Hutan Mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi Kini Dilengkapi Gedung Edukasi

Hutan mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi kini dilengkapi dengan gedung Sekretariat Pokmasi sebagai pusat informasi dan Edukasi.
Gedung Sekretariat Pokmasi Desa Mandrajaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi di kawasan Hutan Mangrove. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih26 Mei 2024, 22:44 WIB

Lantik 1.158 PPS Pilkada 2024, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Minta Jangan Sekadar Numpang Nama

Sebanyak 1.158 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi.
Prosesi pelantikan ribuan anggota PPS untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi26 Mei 2024, 22:08 WIB

Akhirnya, Rumah Tak Layak Huni Keluarga Korban Kecelakaan di Cibadak Sukabumi Diperbaiki

Rumah tidak layak huni milik Fitria, keluarga korban kecelakaan di Cibadak Sukabumi akhirnya diperbaiki dengan swadaya.
Rumah milik Fitria di Kampung Pangadegan RT 19/08 Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, diperbaiki swadaya masyarakat. (Sumber : Istimewa)