Pasang Baliho, Warga Palabuhanratu Tolak Pembukaan Lahan di Lereng Gunung Jayanti

Senin 25 Maret 2024, 22:34 WIB
Baliho yang dibuat warga RW 35 Perumahan Tamansari Palabuhanratu Sukabumi yang menolak adanya aktivitas pembukaan lahan di lereng Gunung Jayanti. (Sumber : SU/Ilyas)

Baliho yang dibuat warga RW 35 Perumahan Tamansari Palabuhanratu Sukabumi yang menolak adanya aktivitas pembukaan lahan di lereng Gunung Jayanti. (Sumber : SU/Ilyas)

SUKABUMIUPDATE.com - Warga RW 35 Perumahan Tamansari, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, memprotes adanya pembukaan lahan di lereng Gunung Jayanti yang berada tepat di atas permukiman warga perum tersebut.

Protes dilakukan dengan aksi pemasangan baliho di kawasan tersebut yang bertuliskan "Warga RW 35 Perum Tamansari menolak aktivitas pengrusakan alam dengan modus pemanfaatan hutan, hentikan atau kami paksa berhenti”.

Pantauan sukabumiupdate.com, Senin (25/3/2024) sore, terlihat di lahan yang diprotes warga itu sudah dibuat jalan bebatuan serta didirikan dua bangunan Gazebo atau saung.

Ketua RW 35 Perumahan Tamansari, Heri Subowo, menyatakan bahwa warga meminta agar pembukaan lahan di lereng Gunung Jayanti tersebut dihentikan. Menurutnya, warga sekitar baru mengenai adanya aktivitas tersebut sekitar empat hari yang lalu.

"Ada informasi, ada kelompok tani yang akan menggarap hutan dan telah terbukti telah mengadakan kegiatan, yang mana kegiatan ini tidak melalui proses koordinasi ataupun silaturahmi tembusan ke pihak lingkungan dan warga masyarakat," ujar Heri.

"Jadi warga masyarakat kaget karena dengan adanya kegiatan ini panik dan takut seandainya kegiatan ini akan merusak hutan," tambahnya.

Heri mengungkapkan bahwa warga sekitar di area kaki Gunung Jayanti sangat khawatir dengan adanya kegiatan itu dapat menimbulkan bencana serta turunnya hewan buas ke pemukiman karena rumahnya (hutan) dibabat.

"Yang dikhawatirkan warga sudah banyak contoh, kalau hutan ini ada pengrusakan pasti akan ada bencana mulai dari banjir, longsor dan hewan yang habitatnya terganggu akan pindah tempat, dari hutan ke rumah-rumah warga," ucap Heri.

Ia menegaskan bahwa warga akan tetap melakukan penolakan kegiatan pembukaan lahan ini secara kondusif dan damai, dengan mengikuti prosedur yang baik.

"Warga tetap akan melakukan penolakan secara kondusif, dalam artian secara damai kita tempuh prosedur yang memang baik, yang pasti warga masyarakat ini menginginkan bahwa hutan yang khususnya ada di Gunung Jayanti ini menjadi hutan yang lestari dan lebih lestari lagi," jelasnya.

Menurut Heri, warga tidak mengetahui kegiatan itu apakah berizin dari Pemerintah atau tidak. Warga menurutnya hanya ingin memastikan tidak ada pengrusakan hutan yang dapat menimbulkan bencana.

"Kalau bisa jangan sampai ada gangguan dari siapa pun dan kepentingan apapun, pokoknya hutan itu terus dan terus harus dilindungi, karena mau tidak mau seandainya hutan ini rusak, sedikit pun kerusakan alam tetap efek negatifnya banyak, terutama bagi masyarakat yang memang kami ini tinggal pas di lereng hutan ini di kaki Gunung Jayanti," ucapnya.

Heri mengatakan, pembukaan lahan tersebut dilakukan oleh sekelompok tani yang bukan warga Perumahan Tamansari. "Kurang lebihnya 90 persen saya kira bukan warga sini (yang menggarap)," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Gadget29 April 2024, 10:00 WIB

Begini Langkahnya, 8 Cara Mengatasi Laptop yang Sering Nge Freeze

ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze.
Ilustrasi - ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze. (Sumber : Freepik.com/@KamranAydinov).
Life29 April 2024, 09:42 WIB

Ciptakan Rutinitas, Ini 7 Cara Ampuh Menenangkan Balita yang Rewel

Tertawa satu menit dan menangis di menit berikutnya? Pelajari cara menangani emosi balita Anda yang selalu berubah.
Ilustrasi menenangkan balita yang rewel. | Foto: Freepik
Sukabumi29 April 2024, 09:34 WIB

Pelajar SMPN Cibitung Butuh Perahu, Pergi Sekolah Lintasi Sungai Cikaso Sukabumi

Perahu yang selama ini digunakan pelajar dan guru sering mengalami masalah.
Perahu untuk pelajar dan guru di Sungai Cikaso, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Inspirasi29 April 2024, 09:31 WIB

6 Tanda Kamu Punya Bakat Jadi Pengusaha daripada Kerja Kantoran, Ini Buktinya

Bakat menjadi pengusaha sejatinya bisa dilihat dari kebiasaan, mentalitas dan mindset hariannya dalam menjalani hidup selama ini.
Ilustrasi. Tanda orang yang memiliki bakat jadi pengusaha. Sumber foto : Pexels/ Andrea Piacquadio
Sehat29 April 2024, 09:00 WIB

Menurunkan Berat Badan, 7 Manfaat Mengonsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan

Pisang merupakan sumber karbohidrat, serat, potasium, dan vitamin B6 yang baik. Buah ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.
Ilustrasi - Pisang merupakan sumber karbohidrat, serat, potasium, dan vitamin B6 yang baik. Buah ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.  (Sumber : pexels.com/@Dom J)
Life29 April 2024, 08:00 WIB

8 Kebiasaan Orang Kaya yang Membuatnya Sulit Miskin

Inilah Sederet Kebiasaan Orang Kaya yang Membuatnya Sulit Miskin. Ayo Tiru dan Lakukan!
Ilustrasi. Relasi orang kaya yang membuatnya sulit miskin (Sumber : pexels/maryiaplashchynskaya)
Sehat29 April 2024, 07:00 WIB

7 Kategori Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Mengonsumsi makanan tinggi serat secara teratur dapat membantu mengatur kadar gula darah, mencegah lonjakan gula darah yang tajam setelah makan, dan memberikan rasa kenyang lebih lama.
Ilustrasi. Mencuci Buah. Contoh Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik)
Food & Travel29 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Jus Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Hanya 5 Langkah!

Jus jambu biji segar ini dapat menjadi tambahan yang menyegarkan dan sehat dalam diet untuk menurunkan gula darah.
Ilustrasi. Cara Membuat Jus Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah (Sumber : pexels/quangnguyenvinh)
Science29 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 29 April 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Awal Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 29 September 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 29 September 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Life28 April 2024, 23:24 WIB

7 Trik Jitu Move On dari Mantan Pacar, Ini yang Bisa Kamu Lakukan!

Putus cinta adalah salah satu momen paling sulit dalam kehidupan, terutama ketika harus melepaskan mantan pacar yang pernah kita cintai dengan sepenuh hati.
Ilustrasi putus cinta. | Sumber Foto: pixabay/oppy77