PLN Indonesia Power Resmikan Pondok Konservasi Penyu Hijau di Ciracap Sukabumi

Senin 26 Februari 2024, 22:54 WIB
Suasana saat peserta Resmikan Pondok Konservasi Pangumbahan Turtle Park di Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

Suasana saat peserta Resmikan Pondok Konservasi Pangumbahan Turtle Park di Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - PT PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Jawa Barat 2 Palabuhanratu belum lama ini meresmikan Pondok Konservasi Pangumbahan Turtle Park di kawasan Pantai Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Peresmian dalam rangka Program Keanekaragaman Hayati Konservasi Penyu Hijau dan Rehabilitasi Lingkungannya (Kopi Hideung) itu berlangsung pada Jumat pagi 23 Februari 2024 di Aula Gedung Utama Konservasi Penyu Pangumbahan Ujunggenteng.

Hadir dalam acara tersebut adalah Yudi, S.T MPSDA (Kepala Cabang Dinas Kelautan Wilayah Selatan), Iwan Setiawan (Kepala Resor BKSDA Cikepuh), Rasyad Muhara, ST (Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi), Musonip, S.IP (Ketua Kelompok Konservasi Penyu Sukabumi), Bowo Pramono, S.T (Senior Manager PT PLN Indonesia Power PLTU Jawa Barat 2 Pelabuhan Ratu), serta para pegawai.

Kepala Cabang Dinas Kelautan Wilayah Selatan Yudi mengapresiasi upaya yang telah dilakukan PT PLN Indonesia Power karena terus berkontribusi dalam konservasi penyu hijau dan rehabilitasi lingkungan.

"Saya ucapkan terima kasih kepada pihak PT PLN Indonesia Power yang telah berkontribusi, saya rasa ini adalah bukti nyata dari kolaborasi nyata kita," ujarnya dalam rilis yang diterima sukabumiupdate.com.

Sementara itu, Kepala Resor BKSDA, Iwan Setiawan, juga menyampaikan rasa terima kasih atas kolaborasi yang sudah terjalin antara PT PLN Indonesia Power dengan pemerintah dan unsur unsur terkait lainnya sehingga pelestarian konservasi penyu hijau di Kabupaten Sukabumi terus terjaga.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kontribusi, sinergi, dan kepedulian terhadap keamanan serta kelestarian konservasi khususnya penyu," ujarnya, sembari berharap agar PLN Indonesia Power tetap jaya dan karyawannya semakin sejahtera.

Menanggapi kegiatan tersebut, senior Manager PT PLN Indonesia Power UBP Jabar 2 Palabuhanratu Bowo Pramono mengatakan, pihaknya mengapresiasi kelompok konservasi yang ikut mendukung atas upaya pelestarian penyu di Pantai Pangumbahan tersebut, sebelumnya kegiatan serupa sudah beberapa kali dilaksanakan seperti adopsi penyu, rehabilitasi hutan pantai konservasi.

“Kita juga sudah memberikan bantuan alat-alat pendukung, dan alhamdulillah tahun ini kita telah menyelesaikan pembangunan pondok konservasi penyu ini,” jelasnya.

“Tentunya kedepan harapan kami program ini dapat berkelanjutan untuk menjaga habitat penyu agar tidak punah di pantai Pangumbahan kabupaten Sukabumi ini,” tambahnya.

Selain inti dari acara peresmian simbolis peresmian pondok konservasi Penyu, Bowo menyebut juga dilaksanakan penyerahan bantuan fasilitas konservasi, serta penanaman pohon cemara laut dan pandan laut sebanyak 500 pohon.

“Alhamdulillah para peserta tadi turut melihat fasilitas konservasi penyu dan menyaksikan anakan penyu yang siap dilepaskan ke alam,” kata dia.

Dengan peresmian Pondok Konservasi Pangumbahan Turtle Park ini, pihaknya kemudian berharap dapat terus meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan melestarikan satwa.

“Sehingga keberlangsungan alam semesta kita tetap terjaga dan lestari,” tandasnya. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).
Nasional16 April 2024, 20:14 WIB

Pendeta Gilbert Minta Maaf Usai Singgung Zakat dan Salat Saat Ceramah di Gereja

Viral di media sosial, Khotbah Pendeta Gilbert menyinggung tata cara umat Islam beribadah. Iya menyebut zakat 2,5 persen, dan menirukan adegan salat.
Pendeta Gilbert Lumoindang | Foto : Ist